Jawaban Lengkap IPAS Halaman 88 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 88 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi Bab 3 tentang “Gaya di Sekitar Kita” Topik D “Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara?”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 88 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 88 Kelas 4 SD/MI

Mari Refleksikan

1. Apa akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi?

Jawaban
Akibat gaya gravitasi pada benda yang ada di bumi selanjutnya adalah mengakibatkan benda jatuh ke bawah. Gravitasi bumi terbentuk dari massa bumi dan menarik segala sesuatu ke pusat bumi. Hal ini mengakibatkan semua benda yang ada di bumi akan jatuh ke bawah atau ke arah pusat bumi sebagai pusat gravitasi

2. Menurut kalian apa yang akan terjadi jika tidak ada gaya gravitasi di planet kita?

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 158-159 Kelas 4 SD/MI

Jawaban
Jika tidak ada gaya gravitasi atau jika gravitasi hilang begitu saja dari Bumi dan planet lainnya dipastikan akan kehilangan udara beserta atmosfernya. Tekanan udara di Bumi juga akan terganggu atau bahkan hilang sama sekali. Jika ini terjadi, semua makhluk hidup yang ada bisa mengalami kehancuran di bagian dalam telinga mereka

3. Apa yang menyebabkan udara menghambat benda saat jatuh?

Jawaban
Penyebab udara menghambat benda saat jatuh adalah permukaan benda. Permukaan benda yang luas akan menyebabkan hambatan udara semakin besar. Sehingga, semakin luas permukaan benda menyebabkan benda tersebut jatuh semakin lama.

4. Bumi kita berbentuk bulat. Namun, mengapa kita tetap bisa berdiri tegak, ya?

Jawaban
Gaya tarik bumi juga membuat benda-benda berat tidak jatuh ke arah bawah, tetapi tetap berada pada permukaan bumi. Jadi, meskipun bumi berbentuk bulat, gaya tarik yang konsisten dan merata membuat kita dapat berdiri tegak dan bergerak dengan mudah, seolah-olah kita berada pada permukaan yang datar.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 88 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 79 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 81-82 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 82 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 85 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 86-87 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.