Jenis Jenis RAM

[Gurune.net] Jenis Jenis RAM – Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Pertama kali dikenal pada tahun 60’an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.

Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM, lebih tepatnya jenis DRAM.

Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Jenis-jenis RAM

Berikut Kami berikan jenis -jenis RAM (Random Acces Memory)

Dynamic RAM (DRAM)

Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM) | sadamhusein888

Dynamic RAM adalah salah satu macam RAM yang di refresh atau segarkan oleh Central Processing Unit (CPU) secara berkala. Tujuan cara tersebut adalah agar data yang ada di dalamnya tak hilang. DRAM ini akan dapat memberikan keuntungan berupa kesederhanaan struktural jika digunakan pada perangkat.

Baca Juga :  Topologi Jaringan Komputer

SD RAM

Pengertian SDRAM dan Fungsinya

Sychronous Dynamic Random Access Memory atau SDRAM merupakan macam RAM lanjutan dari DRAM. Namun, bedanya jenis ini telah alami sinkronisasi oleh clock sistem yang dimana hal ini akan mempengaruhi kecepatan dari SD RAM. Kecepatan SD RAM bisa mencapai 100 hingga 133 MHz.

RD RAM

Jenis Jenis RAM

Rambus Dynamic Random Access Memory atau RD RAM proses kerjanya lebih cepat dan biasanya lebih mahal dari SD RAM. Kebanyakan RAM jenis ini akan banyak digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi Pentium 4 dengan slot memori yang mencapai 184 pin.

RD RAM menggunakan slot RIMM yang sama dengan SD RAM. Di mana itu adalah sebuah teknologi chip dinamis besutan Rambus. Inc ini juga memiliki lisensi khusus untuk teknologi semi konduktor yang memproduksi chip.

S RAM

Jenis-Jenis Ram

Static Random Access Memory atau S RAM ini yang mampu menyimpan data tanpa harus ada penyegaran atau refresh dari CPU. S RAM ini miliki proses kerja yang lebih cepat dibandingkan dengan DRAM ataupun SDRAM. S RAM biasanya miliki desain cluster lengkap dengan desain cluster enam transistor yang berguna untuk menyimpan setiap bit informasi.

Desain inilah yang membuat S RAM menjadi lebih mahal dan lebih cepat. Sayang, S RAM membutuhkan biaya produksi yang mahal. Sehingga persedian nya juga dalam kapasitas kecil dan hanya dipergunakan untuk bagian yang benar-benar penting saja.

EDO RAM

Jenis Jenis RAM EDO RAM

Extended Data Out Random Access Memory atau EDO RAM  merupakan salah satu RAM yang telah digunakan untuk perangkat yang menggunakan OS Pentium.

Selain itu, fungsi RAM jenis ini juga cocok dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 MHz. RAM ini banyak digunakan sebab mampu menggantikan primary memori yang ada pada komputer terdahulu yakni FPM RAM. Karena bisa menyimpan dan membaca secara bersamaan, maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM bisa lebih cepat.

Baca Juga :  Rekomendasi Game Doodle Google Populer yang Wajib Untuk Anda Mainkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.