Pakaian Profesi, Kelas 3 SD

gurune.net – Kali ini kita akan membahas materi yang terdapat pada buku siswa kelas 3 SD Tema 7 Sub Tema 2 Pembelajaran 6 yaitu membahas tentang pakaian prfesi.

Edo sangat senang karena tahu asal pakaiannya. Edo ingin belajar tentang pakaian profesi. Ikutilah kegiatan Edo dan teman-temannya!

Ayo Membaca

Pakaian Profesi

Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.

Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.

Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Baca Juga :  Mendampingi Anak Menonton Film Bersubtitle Indonesia Untuk Melatih Ketrampilan Membaca

Amatilah teks “Pakaian Profesi”! Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa saja yang diceritakan teks?

Teks tersebut menceritakan tentang pakaian profesi. Pakaian profesi itu banyak jenisnya. Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi dan dapat menjadi kebanggaan pemakainya.

2. Apakah orang zaman dahulu mengenakan pakaian profesi saat bekerja? Mengapa?

Orang zaman dahulu tidak mengenakan pakaian profesi saat bekerja karena pada zaman dahulu belum ditemukan teknologi produksi sandang, seperti saat ini.

3. Pakaian profesi apa yang sangat ingin kamu kenakan? Mengapa?

Saya ingin mengenakan pakaian profesi polisi, karena cita-cita saya ingin menjadi polisi yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

4. Apa kelebihan dan kekurangan memakai pakaian profesi?

Kelebihan memakai pakaian profesi adalah menjadi tanda pengenal suatu profesi bagi pemakainya, dan kekurangannya adalah membeda-bedakan orang berdasarkan pekerjaannya.

5. Apa yang ingin kamu tanyakan tentang pakaian profesi? Tuliskan pertanyaanmu!

Apakah ada tempat khusus untuk membuat pakaian profesi?

Ayo Bercerita

Amati kembali teks “Pakaian Profesi”!

Berceritalah kepada temanmu tentang pakaian profesi! Berceritalah secara bergantian!

Isi Teks “Pakaian Profesi”

Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu.  Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi kdikenakan sesuai keperluan. Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Ayo Berlatih

Edo dan teman-temannya sangat senang belajar tentang pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin memakai pakaian profesi sesuai cita-cita.

Setiap anak memiliki cita-cita. Mereka memiliki cita-cita yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter. Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.

Baca Juga :  Pemetaan Kompetensi Dasar ( KD ) Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester I dan II

Amatilah gambar Edo dan teman-temannya!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapa sajakah yang mengenakan pakaian profesi?

Udin, Dayu, Lani, Beni, Siti, dan Edo mengenakan pakaian profesi.

2. Apakah semua pekerjaan memiliki pakaian profesi khusus? Jelaskan!

Tidak semua pekerjaan mengenakan pakaian profesi. Misalnyan petani, nelayan, penjahit tidak mengenakan pakaian profesi saat mereka bekerja.

3. Bagaimana sikapmu jika memiliki teman-teman yang berbeda cita-cita denganmu? Jelaskan!

Jika ada teman yang berbeda cita-cita , kita harus menghargainya.

Ayo Mencoba

Edo dan teman-temannya mempunyai cita-citayang berbeda. Perbedaan itu tidak membuat mereka berpecah belah. Mereka berbeda, tetapi tetap rukun.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu memiliki perbedaan dengan teman-temanmu?

Tanyalah teman-temanmu apa cita-citanya!

Tanyakan kepada teman laki-laki dan perempuan.

Tuliskan hasil temuanmu pada bagan berikut!

Tetap Bersatu dalam Perbedaan

Tetap Bersatu dalam Perbedaan
Cita-cita teman laki-lakiCita-cita teman perempuan
Dokter, polisi, tentara, pilot, masinis, guru.Guru, polwan, pramugari, designer, cheff, perawat.
Persamaan Siswa laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki cita-cita.
Perbedaan Cita-cita siswa laki-laki dan perempuan ada yang berbeda.
Perbuatan yang harus dihindari Sombong dan menganggap cita-cita sendiri paling baik.Mengejek/ menghina cita-cita teman.Perbuatan yang harus dilakukan Menghargai cita-cita teman.Memberi semangat dan mendoakan agar cita-cita dapat tercapai.

Ayo Menulis

Kamu sudah menuliskan perbuatan yang harus dihindari dalam keberagaman. Ceritakan maksud salah satu perbuatan yang kamu tulis! Apa akibat jika perbuatan itu tidak kamu lakukan? Apa akibat jika perbuatan itu kamu lakukan? Tuliskan ceritamu pada tempat yang tersedia!

Membuat Cerita tentang Cita-Cita

Setiap anak mempunyai cita-cita yang berrbeda.  Dengan adanya perbedaan itu, perbuatan yang harus dihindari adalah bersikap sombong,  menganggap cita-cita kita yang paling baik, dan mengejek cita-cita teman.  Ini merupakan perbuatan yang tidak baik, selama kita mempunyai cita-cita yang baik kita harus saling menghargai. Dengan saling menghargai kehidupan akan menjadi rukun dan damai. Sebaliknya jika kita saling mengejek dan menghina akan tercipta perpecahan dan permusuhan. Kitapun akan dijauhi teman. Alangkah lebih baik agar kita saling menghargai, memberi semangat, mendoakan , dan berusaha agar dapat meraih cita-cita kita yaitu dengan cara belajar dengan rajin.

Baca Juga :  Mencari Volume Balok Bila Diketahui Ukuran Tertentu

Ayo Mencoba

Kamu sudah mempelajari bermacam-macam motif pada kain. Motif-motif itu berbentuk bangun datar. Masih ingatkah kamu dengan karton bentuk bangun datarmu?

Ayo kita berkreasi kembali dengan karton berbentuk bangun datar!

Buatlah bentuk yang berbeda dari yang pernah kamu buat! Lakukan sesuai langkah-langkah pada kegiatan sebelumnya!

Apakah bentuk bangun datar yang kamu buat memiliki simetri putar?

Lakukanlah percobaan dengan gembira!

Ayo Berlatih

Catatlah hasil percobaanmu pada tabel berikut! Beri tanda ( v ) jika memiliki simetri putar dan tanda ( x ) jika tidak!

Tuliskan banyak simeetri putar jika ada!

Simetri Putar Bangun Datar

Demikian pembahasan kita tentang materi kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.