Jawaban Bacaan Keadaan Alam Indonesia

gurune.net – Jawaban Bacaan Keadaan Alam Indonesia. Halo sobat gurune dimanapun berada, kali ini gurune akan share materi bacaan Keadaan Alam Indonesia Kelas 6 SD/MI. Semoga materi yang gurune bagikan akan bermanfaat.

Jawaban Bacaan Keadaan Alam Indonesia

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan teknik membaca memindai.

Keadaan Alam Indonesia

Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau. Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa. Lebih dari setengah (65%) penduduk Indonesia hidup di Pulau Jawa. Indonesia memiliki 5 pulau besar, yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung api. Sekitar 130 di antaranya termasuk gunung api aktif. Sebagian dari gunung api terletak di dasar laut dan tidak terlihat di permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan dua rangkaian gunung api aktif. Selain itu, terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.

Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan muson timur. Dari bulan November hingga Mei, angin bertiup dari arah barat laut. Angin ini membawa banyak uap air sehingga pada bulan- bulan tersebut Indonesia mengalami musim hujan. Bulan Juni hingga Oktober, angin bertiup dari tenggara. Angin ini bersifat kering sehingga pada bulan- bulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau.

Suhu udara di dataran rendah Indonesia berkisar antara 23° Celsius sampai 28° Celsius sepanjang tahun. Namun, suhu juga sangat bervariasi. Rata-rata mendekati 40° Celsius pada musim kemarau di lembah Palu, Sulawesi dan di Pulau Timor. Suhu di bawah 0° Celsius di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Terdapat salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Papua,seperti puncak Trikora (G.Wilhelmina, 4.730 m) dan Puncak Jaya (G. Carstenz, 5.030 m).

Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun. Daerah dengan curah hujan rata-rata tinggi sepanjang tahun adalah Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, sebagian Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Delta Memberamo di Papua.

Bacaan di atas merupakan contoh sebuah teks nonfiksi. Apakah kamu tahu pengertian teks nonfiksi?

Jawaban: Ya, Karangan non fiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi.

Karangan Nonfiksi

Karangan nonfiksi ialah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.

Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi terletak pada masalah faktual atau tidak, imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada hubungannya dengan gaya bahasa atau apa pun selain masalah fakta atau khayalan.

Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi, berusaha menarik, dan menggugah nalar (pikiran) pembaca. Bahasa karangan nonfiksi bersifat denotatif dan menunjukkan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.

Nonfiksi dibagi menjadi 2 seperti berikut.

  1. Nonfiksi murni berisi pengembangan berdasarkan data-data yang autentik.
  2. Nonfiksi kreatif berawal dari data autentik kemudian dikembangkan sesuai imajinasi penulisnya yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, prosa.

Dari Teks nonfiksi berjudul “Keadaan Alam Indonesia”, sajikan informasi penting yang kamu temukan dalam format berikut!

Jawaban :

Kondisi Umum Alam Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki lebih dari ribuan pulau. Indonesia juga memiliki lebih dari 400 gunung api dan sekitar 130 di antaranya termasuk gunung api aktif sebagian gunung tersebut ada di dasar laut. Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan muson timur yang menyebabkan Indonesia mengalami 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

Ciri-ciri Khusus Kondisi Alam Indonesia

  1. Bulan November hingga Mei, angin bertiup dari arah barat laut dan membawa banyak uap air sehingga pada bulan- bulan tersebut Indonesia mengalami musim hujan.
  2. Bulan Juni hingga Oktober, angin bertiup dari tenggara yang bersifat kering sehingga pada bulan- bulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau.
  3. Suhu udara di dataran rendah Indonesia berkisar antara 23° Celsius sampai dengan 28° Celsius sepanjang tahun.
  4. Pada musim kemarau rata-rata mendekati 40° di lembah Palu, Sulawesi dan di Pulau Timor.
  5. Terdapat salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Papua,seperti puncak Trikora (G.Wilhelmina, 4.730 m) dan Puncak Jaya (G. Carstenz, 5.030 m) sehingga menyebabkan suhu di Pegunungan Jaya Wijaya Papua di bawah 0° Celsius .
  6. Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun.

Ayo Mengamati

Indonesia termasuk negara dengan curah hujan cukup tinggi. Pada musim hujan, beberapa daerah mengalami bencana banjir. Bacalah artikel tentang banjir di bawah ini!

Sumbatan, Air, dan Banjir

Di Jakarta, banjir sudah menjadi peristiwa biasa. Pertama kali banjir di Jakarta terdokumentasikan pada tahun 1699. Banjir sudah terjadi di Jakarta sejak zaman kolonial.

Ada hal penting terkait banjir yang harus kita ketahui, yakni sumbatan saluran air. Sumbatan terjadi ketika Jakarta mengalami banjir. Di kota ini, banjir tidak hanya berisi air, namun terdapat banyak sampah juga! Banyak orang yang menganggap air merupakan suatu elemen penyebab polusi. Sebenarnya, sampahnya yang menyebabkan air terkena polusi.

Ketika terdapat banyak sampah di sepanjang sungai, tidak ada ruang lagi bagi air untuk mengalir karena terhambat oleh sampah tersebut. Tak pelak lagi, air pun meluap dan terjadilah banjir. Air dan sampah bercampur dan mengalir di sepanjang jalan-jalan yang biasa kita lewati.

“Saya percaya bahwa kita bisa mengurangi risiko banjir jika Pemda Jakarta melakukan berbagai proyek air yang dapat mengedukasi dan menginformasikan bagaimana cara untuk membuang sampah yang benar beserta sanksi tertentu apabila tidak mematuhi aturan,” tutur Candrian Attahiyat, seorang ahli arkeologi dan pelestari Kota Tua Jakarta.

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/11/sumbatan-air-dan-banjir

Analisislah informasi yang disajikan di artikel di atas.

Identifikasilah kewajiban yang tidak ditunaikan oleh masyarakat.

Jawaban: Kewajiban yang tidak ditunaikan oleh masyarakat adalah menganggap air merupakan suatu elemen penyebab polusi padahal sebenarnya, sampahnya yang menyebabkan air terkena polusi sehingga mereka tidak membuang sampah dengan benar pada tempatnya atau membuangnya di sungai.

Jelaskan apa akibat dari kelalaian tersebut.

Jawaban: Ketika terdapat banyak sampah di sepanjang sungai, tidak ada ruang lagi bagi air untuk mengalir karena terhambat oleh sampah tersebut sehingga air akan meluap dan terjadilah banjir.

Sebagai anggota masyarakat, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bekerjalah dalam kelompok.

Diskusikan kewajiban yang kamu miliki sebagai anggota masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di tempat tinggal kamu.

Jawaban : Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai anggota masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di tempat tinggal diantaranya adalah

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Membersihkan lingkungan dan menjaganya
  3. Membersihkan saluran yang tersumbat dan menjaganya tetap lancar
  4. Menjaga kebersihan fasilitas umum pada saat digunakan
  5. Menanam pohon dan melakukan reboisasi

 Tuliskan hasil diskusi kalian dalam format yang disediakan!

Ayo Berlatih

Ketika musim hujan tiba, lapangan sekolah menjadi becek dan berlumpur. Hal ini mengakibatkan sepatu siswa-siswi menjadi kotor. Untuk mejaga kebersihan dan kenyamanan, SD Pelita Hati membuat jadwal piket tambahan.

Mematuhi dan menjalankan jadwal piket dengan baik merupakan kewajiban setiap siswa SD Pelita Hati.

Bantulah SD Pelita Hati dengan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas piket dan siswa-siswa lainnya sebagai perwujudan kewajibannya dalam menjaga lingkungan sekolah.

Kewajiban Petugas Piket
  1. Mematuhi dan melaksanakan jadwal piket dengan baik
  2. Datang lebih awal dari teman lainnya
  3. Bergotong royong dan bekerja sama dengan teman yang memiliki jadwal sama
  4. Menyapu lantai kelas
  5. Membersihkan Papan Tulis
  6. Merapikan meja guru dan siswa
  7. Membersihkan kaca dan membuka jendela
  8. Membuang sampah yang ada dikelas ke tempat sampah lalu membawanya ke tempat penampungan sampah

Kamu sudah mengidentifikasi kewajibanmu dalam menjaga kebersihan rumah, sekolah dan lingkungan.

Tuliskan kembali kewajibanmu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Masukkan ke tabel berikut. Tempelkan tabel tersebut di tempat yang mudah kamu baca dan jadikan sebagai pengingatmu.

Kewajibanku dalam Menjaga Kebersihan dan Kesehatan
Lingkungan RumahLingkungan SekolahLingkungan Masyarakat
Menjaga kebersihan rumahMenjaga kebersihan rumahMenjaga kebersihan lingkungan
Menjaga kebersihan kamarMenjaga kebersihan kamarMelakukan reboisasi
Menyapu dan membersihkan rumahMenyapu dan membersihkan lingkungan sekolahIkut bergotong royong membersihkan lingkungan
Membuang sampah pada tempatnyaMembuang sampah pada tempatnyaMembuang sampah pada tempatnya
Menjaga kerapian rumahMenjaga kerapian rumahTidak merusak fasilitas umum
 Menyiram toilet setelah digunakanMenyiram toilet setelah digunakanMenjaga kebersihan fasilitas umum

Ayo Bernyanyi

Menjaga kebersihan dan kesehatan adalah kewajiban semua penghuni sekolah. Nyanyikan lagu “Bersih dan Sehat” bersama temanmu. Nyanyikan lagu ini dan perhatikan interval nada dalam lagu, kemudian tampilkan lagu tersebut di depan kelas.

Kesimpulan

Demikian pembahasan materi dan Jawaban Bacaan Keadaan Alam Indonesia. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Kunjungi materi lainya :

Materi Terkait


Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.