Ragam Tarian di Indonesia
Ragam Tarian di Indonesia

Ragam Tarian di Indonesia, Kunci Jawaban dan Penjelasanya

gurune.net – Ragam Tarian di Indonesia. Berikut akan gurune share materi tentang Ragam Tarian di Indonesia beserta contoh jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 tentang materi yang telah gurune sebutkan tadi. Simak urutan materi berikut ini.

Dayu anak yang kreatif dan pandai menari. Dayu sering tampil menari di acara pentas seni baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Kali ini, Dayu akan mengikuti lomba tari dalam rangka memperingati HUT RI. Dayu akan menarikan tari tunggal bertema kepahlawanan. Apakah yang dimaksud tari tunggal?

Ragam Tarian di Indonesia

Ragam Tarian di Indonesia

Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.

Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari.

Baca Juga :  Cara Paling Mudah Mengitung Penarikan Akar Pangkat Tiga ( update )

Bacalah dengan cermat teks nonfiksi di atas bersama teman sekelas. Selanjutnya, diskusikanlah informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya.

Baca Juga : Jawaban Tugas Nama Tari, Asal daerah, Properti Tari dan Gambar

ParagrafGagasan Utama Setiap Paragraf
1Pengertian tari  kreasi
2Jenis – jenis tari kreasi
3Bentuk Karya Tari Kreasi

Jenis tari yang akan diikuti Dayu dalam perlombaan adalah tari kreasi daerah/ tradisional berbentuk tari tunggal. Tari yang akan disajikan Dayu dalam perlombaan adalah Tari Merak. Tari Merak merupakan salah satu contoh jenis tari kreasi. Tari Merak berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak. Tata cara dan gerak tari terinspirasi dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri.

Masih banyak contoh tari tunggal lainnya. Perhatikan gambar tari Merak
berikut.

Baca Juga : Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia

gambar tari Merak

Selain tari Merak, banyak karya tari lain yang berbentuk tari tunggal. Apakah
di daerah tempat tinggalmu ada bentuk tari tunggal? Apa nama karya tarinya?
Berikut beberapa karya tari berbentuk tari tunggal dari berbagai daerah di
Indonesia.

Tarian daerah, tari tunggal

Tarian daerah merupakan akar budaya nasional. Oleh karena itu, kamu berhak
dan wajib melestarikan tarian daerah dengan cara mempelajarinya tanpa
membedakan asal daerah setiap tarian. Melestarikan tarian daerah berarti
melestarikan budaya nasional.

Demikian penjelasan materi tentang Ragam Tarian di Indonesia beserta contoh jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Perputaran Bumi dan Akibatnya
Pencarian Populer : macam macam tari daerah gambar kartun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.