Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia

gurune.net – Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas jurusan kulliah desain interior. Jurusan ini cocok untuk Sobat guru yang mempunyai jiwa kreatif tinggi.

Saat ini, sebuah ruangan tidak hanya dilihat dari nilai fungsinya saja melainkan juga nilai estetikanya. Belakangan ini, kita sering temukan video atau gambar yang menampilkan dekorasi sebuah ruangan di media sosial. Dan tak sedikit warganet yang menyukai video-video dekorasi rumah.

Jurusan Desain Interior

Jurusan ini mempelajari ilmu tentang perencanaan tata letak dan perancangan ruangan pada sebuah bangunan. Selain itu, ilmu desain interior ini juga mempelajari cara mengkreasikan ruangan agar indah dipandang dan nyaman.

Dalam menata ruangan, kita juga harus memperhatikan efisiensi dan kegunaan  fungsi ruang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan perancangan dan perencanaan sebuah ruangan antara lain fungsi, estetika, dan juga psikologis dan kenyamanan pengguna ruangan.

Selain itu, sempit dan luasnya sebuah ruangan juga dipengaruhi oleh tata letak perlengkapan di dalamnya. Sehingga, ilmu untuk mendesain dan menata ruang menjadi sangat dibutuhkan.

Perlu sobat guru ketahui, jurusan ini berbeda dengan jurusan arsitektur . Karena objek yang dipelajari relative berbeda. Jurusan arsitektur mengkaji rancangan keseluruhan bangunan, sedangkan desain interior hanya mengkaji optimalisasi pemanfaatan ruangan.

Desain Interior Belajar Apa?

Bidang kajian jurusan desain interior sangat beragam mulai dari fasilitas pendidikan, fasilitas komersial, rekreasi, furniture dan teknologi.

Pada jurusan Desain Interior, Sobat guru akan memdapatkan kuliah seperti merancang meubel dan furnitur baik yang tradisional ataupun yang modern, aspek perilaku manusia, etika berprofesi, budaya, sejarah, konstruksi bangunan, tata cahaya dan suara dan masih banyak lagi aspek ruang lainya yang dipelajari.

Baca Juga :  Gambar Adalah

Selain itu kedisiplinan, etika, dan dedikasi sobat guru terhadap pekerjaan juga akan dilatih pada jurusan ini.

Peluang Kerja Lulusan Desain Interior

Peluang kerja lulusan jurusan desain interior sangat Luas. Tidak  terbatas untuk mendesain interior rumah atau gedung, dan membuat katalog saja. Sebagai lulusan Jurusan Desain Interior, sobat guru bisa bekerja sebagai konsultan desain interior yang membantu klien untuk menentukan konsep desain, berdiskusi, dan menghubungi vendor.

Jika sobat guru ingin bergabung dengan perusahaan, lulusan jurusan ini bisa mengisi posisi teknisi interior atau pengawas konstruksi. Kalau mau join di BUMN juga bisa banget, karena ada banyak BUMN yang berfokus pada jasa konstruksi, sebut saja PT. Wijaya Karya (Persero), PT. Adhi Karya (Persero), dan lain-lain

Karena selama perkuliahan juga untuk mendesain furnitur, lulusan desain interior juga bisa membuka bisnis furnitur atau membuka galeri dan menjadi kurator museum, Selain itu, kesempatan menjadi desainer set, panggung, teater, film, dan lainnya pun terbuka lebar.

Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia

Di Indonesia beberapa kampus sudah membuka jurusan desain interior. Kali ini gurune akan bagikan daftar perguruan tinggi yang memiliki jurusan desain interior terakreditasi A atau unggul oleh BAN-PT

Perguruan tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Institut Teknologi Bandung Desain Interior S1 Unggul
Universitas Indonesia Arsitektur Interior S1 Unggul
Institut Seni Indonesia Yogyakarta Desain Interior S1 A
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Desain Interior S1 A
Universitas Kristen Maranatha Desain Interior S1 A
Universitas Komputer Indonesia Desain Interior S1 A
Universitas Kristen Petra Desain Interior S1 A
Universitas Telkom Desain Interior S1 A
Institut Teknologi Nasional Bandung Desain Interior S1 A
Institut Seni Indonesia Denpasar Desain Interior S1 A
Universitas Bina Nusantara Desain Interior S1 A
Universitas Sebelas Maret Desain Interior S1 A
Baca Juga :  Koloid Liofil dan Liofob

Penutup

Demikian informasi yang bisa gurune bagikan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.