Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh di Indonesia

gurune.net – Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan bagikan informasi mengenai perkuliahan kartografi dan penginderaan jauh di Indonesia serta peluang kerja bagi alumni nya.

Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Kartografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pemetaan, sedangkan Penginderaan Jauh adalah ilmu tentang cara memeroleh informasi mengenai objek di sekitar permukaan bumi tanpa melalui kontak langsung, tetapi menggunakan alat perekam yang memanfaatkan energi dari gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan citra.

Jadi Jurusan Ilmu Kartografi dan Penginderaan Jauh merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana menganalisis informasi spasial geografi yang kemudian menyajikannya dalam bentuk peta tematik yang komunikatif.

Pada jurusan ini sobat guru juga akan belajar menganalisis medan untuk kajian kewilayahan dan pembangunan regional, menerapkan teknik analisis citra dan peta, serta pengolahan informasi spasial secara terpadu dengan dukungan teknologi sistem informasi geografi (SIG).

Mata Kuliah Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Berkuliah di Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh akan mengajak sobat guru mengeksplor banyak tempat-tempat baru untuk membuat perhitungan pemetaan secara manual maupun digital secara langsung.

Beberapa mata kuliah yang akan sobat guru dapatkan pada jurusan ini adalah :
a. Kartografi
b. Hidrologi
c. Meteorologi dan Klimatologi
d. Geomorfologi Dasar
e. Ilmu Tanah
f. Ilmu Wilayah
g. Sistim Informasi Geografis
h. Biogeografi
i. Kartografi Tematik
j. Fotogrametri Dasar
k. Fisika Optik dan Gelombang
l. Proyeksi Peta
m. Pemrosesan Citra Digital
n. Oceanografi
o. Manajemen Survey dan Pemetaan
p. Pemetaan Kebencanaan , dan lainnya

Baca Juga :  Kisi - Kisi USBN Sekolah Dasar Tahun 2019

Peluang Kerja Lulusan Kartografi dan Penginderaan Jauh

Lulusan Kanrtografi dan Pengindraan jauh berkesempatan untuk bekerja di berbagai instansi dan perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi, survei, dan industri.

Beberapa instansi atau badan milik pemerintah yang membuka peluang kerja unuk lulusan jurusan ini adalah Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Perencanaan baik di tingkat Pusat maupun Daerah (BAPPENNAS, BAPPEDA), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Jawatan Topografi TNI AD.

Selain di instansi pemerintahan, peluang kerja bagi lulusan kartografi dan pengindraan jauh juga terbuka lebar. Misalnya peluang kerja menjadi Ahli Sistem Informasi Geografis, Peneliti dan Ahli Teknologi Informasi Geospasial, Peneliti Geografi , Ahli Peta Geografi Account Manager , dan lainnya.

Daftar Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh di Indonesia

Perguruan Tinggi Jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Gadjah Mada Kartografi Dan Penginderaan Jauh S1 Unggul
Universitas Gadjah Mada Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografi D-III A
Universitas Negeri Padang Teknologi Penginderaan Jauh D-III Baik

Sumber data : BAN-PT

Penutup

Demikian informasi tentang Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh di Indonesia yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.