Kunci Jawaban Asesmen Halaman 175 Eksplotasi Lanjutan Scratch, Informatika Kelas VIII

Kunci Jawaban Asesmen Halaman 175 Eksplotasi Lanjutan Scratch, Informatika Kelas VIII – Setelah kalian berhasil membuat program yang berjalan dengan baik sesuai skenario pada Aktivitas AP-K8-01 Bermain dengan Control, Input dan Variable. Selanjutnya, kalian akan diajak untuk menjawab pertanyaan berikut ini untuk memastikan pemahaman kalian terhadap pemilihan blok kode.

Baca Juga: Jawaban Matematika Uji Kompetensi 5 Kelas 9 Kurikulum 2013

Asesmen Halaman 175

Setelah program kalian berjalan dengan baik sesuai skenario, mari, jawab pertanyaan berikut ini agar kalian dapat lebih memahami dengan baik.

  1. Amati kode program si Meong dan si Tika di langkah 1. Apakah kalian mencoba menggunakan blok [wait .. seconds]? Apa perbedaannya ketika menggunakan blok [wait .. seconds] dan tidak?
  2. Masih dengan kode program yang sama, ubahlah nilai pada blok [wait .. seconds]. Perubahan parameter ini memiliki efek apa pada hasil program kalian?
  3. Amatilah kode program si Tika di langkah 5. Apa yang terjadi setiap kali program dijalankan kembali (ikon bendera hijau ditekan) apabila blok [set score to 0] dihilangkan?
  4. Amati kembali kode program si Tika di langkah 5. Apabila blok a diubah menjadi blok b   , apa yang terjadi?

Amati kembali kode program si Tika di langkah 5

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AP-K8-01 Bermain dengan Control, Input dan Variable

Kunci Jawaban Asesmen Halaman 175 Eksplotasi Lanjutan Scratch, Informatika Kelas VIII

  1. Blok kode [wait .. seconds] akan membuat kode dijalankan dengan ada jeda waktu tertentu. Pada kasus ini, jika menggunakan blok [wait .. seconds], akan menyebabkan proses pergantian dari custome 1 ke custome berikutnya seperti lebih pelan. Jika tidak menggunakan blok [wait .. seconds], akan membuat proses pergantian custome menjadi cepat sekali.
  2. Makin besar nilai pada blok [wait .. seconds] akan membuat jeda waktu akan makin besar. Dengan demikian, pada kasus ini, proses pergantian custome menjadi makin lambat.
  3. Isi nilai score akan terus bertambah. Guru dapat menjelaskan pentingnya inisialisasi nilai sebuah variable, dimana hal ini dapat berpengaruh pada hasil akhir program.
  4. Perubahan nilai score akan cepat sekali, karena penambahannya per 10 bukan lagi per 1
Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris SMA Kelas XII Kurikulum Merdeka Halaman 12

Baca Juga: Pengantar Materi Algoritma Pemrograman, Informatika Kelas VIII SMP

Refleksi

  1. Apakah kalian senang belajar materi ini?
  2. Apakah kalian dapat mengerjakan dengan baik semua langkah dan memahami semua yang harus dikerjakan pada aktivitas ini?
  3. Apakah kalian dapat menjelaskan penggunaan kode control?
  4. Apakah kalian dapat menulis ulang kode program sesuai contoh?
  5. Apakah materi ini dirasa sulit? Bagian yang mana?
  6. Apakah kalian dapat menyelesaikan tugas praktik dari guru secara tepat waktu?

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenaiKunci Jawaban Asesmen Halaman 175 Eksplotasi Lanjutan Scratch, yang terdapat pada buku siswa Informatika Kelas VIII Kurikulum merdeka. Semoga bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.