Khasiat Luar Biasa dari Temulawak Untuk Kesehatan

Khasiat Luar Biasa dari Temulawak Untuk Kesehatan

Khasiat Luar Biasa dari Temulawak Untuk Kesehatan – Halo sob, mungkin kalian tidak menyadari bahwa ada banyak tanaman di Indonesia yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah temulawak.

Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman temulawak? Apa itu temulawak?

Temulawak merupakan tanaman asli asli Indonesia. Bentuk temulawak biasanya mirip dengan kunyit. Jahe ini memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza yang mempuyai bentuk tabung dengan diameter sekitar 6 cm.

Umumnya pada temulawak memiliki kulit yang berwarna kuning muda. Sebagai jenis tumbuhan monokotil yang tidak memiliki akar tunggang. Temulawak ini hanya memiliki akar rimpang.

Rimpang adalah bagian batang yang berada di bawah tanah. Rimpang bisa juga disebut sebagai umbi akar atau umbi batang. Dari semua rimpang dalam genus Curcuma, rimpang temulawak ini adalah yang terbesar di antara tanaman lainnya.

Rimpang temulawak terdiri dari rimpang induk dan anakan. Rimpang tua berbentuk bulat telur dan berwarna kuning tua. Sedangkan bagian dalamnya memiliki warna orange kecoklatan.

Rimpang temulawak mengandung berbagai kandungan seperti protein, minyak atsiri, kurkumin, lemak, selulosa, mineral dan pati. Komponen terbesar dalam rimpang temulawak adalah pati. Umumnya pati berwarna putih kekuningan karena mengandung kurkuminoid.

Tak hanya itu, di dalam rimpang temulawak juga terdapat tiga bahan aktif yang baik untuk kesehatan. Pertama, germacron berguna untuk menghambat pembengkakan dan anti-inflamasi. Kedua, beta-trimethylcarbinol dan d-camphor sesquiterpene yang dapat meningkatkan produksi empedu dan empedu. Sedangkan kunyit ketiga yang berguna sebagai agen antimikroba.

Baca Juga :  Praktik Pembelajaran dan Penilaian Dalam K-13

Khasiat tanaman temulawak ini sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional China sejak ribuan tahun yang lalu. Temulawak biasanya tumbuh di alam bebas dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Nah, sobat gurune sudah tahu apa itu temulawak dan beberapa kandungan yang ada di dalamnnya, kan? Selanjutnya, kita akan membahas Khasiat Luar Biasa dari Temulawak Untuk Kesehatan

Khasiat Luar Biasa dari Temulawak Untuk Kesehatan

1. Mampu Mengendalikan Sistem Pencernaan

Manfaat pertama dari temulawak untuk kesehatan adalah dapat mengendalikan sistem pencernaan tubuh. Pastinya akan merangsang produksi cairan di dalam kandung empedu yang dapat membantu sistem pencernaan sehingga metabolisme makanan di dalam tubuh dapat tercerna dengan baik.

Selain itu, banyak pendapat ahli lain yang menyatakan bahwa temulawak juga bermanfaat dalam mengatasi perut kembung, meningkatkan nafsu makan dan membantu sistem pencernaan yang tidak lancar.

2. Mencegah Kanker

Kanker adalah jenis penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Beberapa ahli berpendapat bahwa kandungan temulawak dipercaya dapat mencegah tumbuhnya sel-sel jahat pada kanker, seperti kanker payudara, usus besar dan prostat.

Sebuah studi tahun 2001 menemukan bahwa kandungan temulawak, bila digunakan dengan benar, dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Sementara itu, penelitian dari University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa kandungan antioksidan dalam temulawak dapat menghentikan pertumbuhan kanker.

3. Pengobatan Radang Sendi

Manfaat jahe selanjutnya adalah dapat menyembuhkan radang sendi. Arthritis atau yang biasa dikenal dengan radang sendi dapat menyerang berbagai sendi di tubuh kita. Sementara itu, dua jenis radang sendi yang paling umum diketahui adalah osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

Kandungan kurkumin dalam temulawak merupakan senyawa anti inflamasi yang sangat kuat. Ini pasti dapat membantu dengan pengobatan arthritis. Kandungan kurkumin memiliki efek yang baik pada radang sendi.

Baca Juga :  Khasiat Kolang Kaling

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat temulawak selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Kandungan senyawa kurkumin pada jahe dapat menyebabkan peningkatan kadar BDNF.

BDNF adalah hormon yang dapat membantu memperbaiki dan memperbanyak neuron di otak manusia. Neuron mampu membentuk koneksi baru di area tertentu, sehingga manfaat jahe dapat membantu mencegah alzheimer atau gangguan otak.

5. Mengobati Stres

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi temulawak secara efektif dapat menghindari stres atau depresi. Kandungan kurkumin dalam temulawak memberikan khasiat yang baik dalam mengatasi antidepresan.

Selanjutnya, depresi juga dikaitkan dengan penurunan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan penyusutan hipokampus. Area otak berperan dalam memberikan pembelajaran dan memori yang baik. Sementara itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat temulawak untuk kesehatan dapat meningkatkan neurotransmitter serotonin dan dopamin otak.

6. Mencegah Serangan Jantung

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Penyakit ini merupakan penyebab kematian utama di dunia.

Kandungan kurkumin dalam temulawak dapat menyebabkan peningkatan fungsi endotel atau lapisan pembuluh darah sehingga terjadi kerusakan pada endotel membuat sirkulasi darah menjadi tidak teratur dan menyebabkan pembekuan darah.

7. Mengatasi Jerawat

Temulawak tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan, dalam dunia kecantikan jahe dapat digunakan untuk mengobati jerawat di wajah. Ini karena sifat astringen yang ditemukan dalam temulawak. Zat ini berguna dalam mengurangi produksi minyak di kelenjar.

Sifat astringen ini dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit untuk mencegah munculnya jerawat di permukaan kulit. Kandungan antibakteri dan antioksidan pada jahe juga dapat menyembuhkan jerawat.

Tak hanya itu, dalam temulawak juga terdapat kandungan antiseptik yang dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab munculnya jerawat. Kemudian jerawat yang meradang secara bertahap akan membaik dan sembuh perlahan.

Baca Juga :  10 Manfaat Wortel yang Jarang di Ketahui Orang

8. Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Kandungan minyak atsiri dalam temulawak memiliki manfaat tambahan untuk mengusir nyamuk Aedes aegypti sehingga tidak menghisap darah ke dalam tubuh Anda. Pasalnya, salah satu jenis nyamuk pembawa virus dengue ini bisa mencegah bahaya demam berdarah.

9. Obat Diuretik Alami

Manfaat kesehatan lain yang harus dilihat dari temulawak adalah dapat digunakan sebagai diuretik alami. Diuretik adalah zat yang dapat membantu membersihkan tubuh dari garam atau natrium dan air. Oleh karena itu, tidak akan terjadi penimbunan cairan di dalam tubuh.

Salah satu zat ini mampu merangsang ginjal agar melepaskan lebih banyak natrium ke dalam urin. Manfaat diuretik yang ada pada temulawak juga akan menghilangkan kelebihan cairan dari pembuluh darah. Proses ini membantu mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

Secara umum, diuretik diperlukan untuk membantu, mencegah, mengobati, dan meningkatkan masalah kesehatan, seperti gagal ginjal, gagal jantung, pembengkakan jaringan, dan gagal hati.

10.Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu meningkatkan nafsu makan. Tak jarang, sebagian orang tua yang sudah memiliki anak akan kesulitan ketika memberikan makanan. Oleh karena itu, temulawak bisa menjadi solusi ampuh untuk menambah nafsu makan.

Umumnya olahan dari temulawak bisa bermacam-macam bentuknya, seperti suplemen, jamu, minuman instan, dll. yang dapat dicerna oleh anak-anak. Temulawak  ini bisa menjadi solusi untuk mempercepat proses pengosongan lambung agar nafsu makan Anda segera naik kembali.

Demikianlah ulasan pada artikel kali ini tentang Khasiat Luar Biasa dari Temulawak Untuk Kesehatan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang temulawak yang belum Anda ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.