Kunci Jawaban Aktivitas DSI-K7-01-U, Eksplorasi Teknologi terkini dengan Teknologi Kolaborasi

Kunci Jawaban Aktivitas DSI-K7-01-U, Eksplorasi Teknologi terkini dengan Teknologi Kolaborasi – Hai sobat gurune, kali ini kita akan membahas mengenai Eksplorasi terkini dengan teknologi kolaborasi. Aktivitas ini bisa kalian lihat pada Aktivitas DSI-K7-01-U Eksplorasi Teknologi terkini dengan Teknologi Kolaborasi.

Kalian bisa menemukannya pada Buku Siswa Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka. Kalian sudah mempelajari materi sebelumnya bukan? Sekarang kita bahas Bersama aktivitas ini

Baca Juga: Download Kisi-Kisi US IPA Kelas 6 SD TP 2022/2023

Aktivitas DSI-K7-01-U: Eksplorasi Teknologi terkini dengan Teknologi Kolaborasi

Kalian diharapkan melakukan eksplorasi dampak sosial atas penemuan teknologi pada beberapa tahun belakangan ini. Teknologi yang berkembang pada 3 tahun belakangan ini di dominasi oleh beberapa hal, di antaranya seperti berikut.

Gambar 8.6 Mobil Otonom, Robot Pengganti Pekerjaan Manusia

Gambar 8.6 Mobil Otonom, Robot Pengganti Pekerjaan Manusia

  1. Kecerdasan Buatan: Mobil tanpa sopir dan robot pengganti pekerjaan
  2. Internet of Things (IoT): Saat ini, dengan berkembangnya teknologi 5G, 6G, menyebabkan pengendalian objek elekronis untuk keperluan banyak hal telah dapat dilakukan dengan teknologi IoT ini. CBKV di rumah dapat dihidup-matikan dengan mudah dengan ponsel. Printer dapat diaktifkan melalui Wi-Fi. AC rumah dapat dihidupkan dan matikan dari kantor.
  3. Virtual/Augmented Reality: Virtual Reality (VR) Teknologi yang mensimulasi keadaan menjadi sangat mirip dengan realitanya. Teknologi ini banyak digunakan pada video games dan perangkat belajar, seperti menerbangkan pesawat terbang, operasi tubuh pada sekolah dokter, dan lainnya. VR berkembang dengan memadukan objek asli dan objek yang diciptakan oleh Komputer yang disebut teknologi Augmented Reality (AR).
  4. Edge Computing: Teknologi yang memindahkan Komputasi di ujung (edge), di mana data dan kecerdasan disimpan pada peralatan di ujung pengguna teknologi, seperti telepon pintar , rumah pintar, mobil pintar, dan lainnya.
Baca Juga :  Tanggap Wacana ( Pasrah Penganten Kakung )

Teknologi-teknologi di atas awalnya dikembangkan untuk tujuan positif, seperti meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan lainnya. Namun, tidak tertutup kemungkinan teknologi tersebut membawa dampak negatif.

Baca Juga: Download Kisi-Kisi US IPS Kelas 6 SD TP 2022/2023

Deskripsi Tugas Eksplorasi

Kalian diharapkan melakukan studi eksplorasi tentang penemuan (inovasi) teknologi terkini yang informasinya dapat diperoleh dari situs web dan literatur lain.

  1. Pilihlah salah satu temuan yang kalian minati atau menjadi inspirasi untuk bekerja di masa

Jawaban: Ada banyak penemuan atau inovasi teknologi terkini di dunia yang bisa kalian temukan di internet. Kalian bisa menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau peramban lain dan menggunakan halaman pencarian google.com untuk mencari informasi yang kalian butuhkan.

  1. Jika sudah memilih, kalian dapat berkumpul dengan teman yang memiliki minat yang sama (maksimal 3 siswa), untuk berkolaborasi membuat poster
  2. Poster berisi hasil eksplorasi evaluasi kalian mengenai dampak positif dan negatif teknologi yang kalian pilih tersebut bagi kehidupan masyarakat dari aspek ekonomi dan

Jawaban: Kalian bisa membuat poster dengan aplikasi computer sederhana seperti powerpoit atau Microsoft word. Kalian juga  bisa menggunakan aplikasi online seperti canva untuk membuat poster.

Contoh Poster:

  1. Kalian diharapkan membuat poster dan menampilkan hasil evaluasi pada poster tersebut dengan perangkat kolaborasi online, misalnya: Google Jamboard, Google Slides.

Baca Juga: Download Kisi-Kisi US SBdP Kelas 6 SD TP 2022/2023

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Aktivitas DSI-K7-01-U, Eksplorasi Teknologi terkini dengan Teknologi Kolaborasi. Setelah ini kalian bisa mencoba aktivitas ini kembali secara mandiri dirumah bersama-sama dengan teman kalian. Semoha bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.