Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Penyakit Stroke

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Penyakit Stroke – Halo sobat gurune, penyakit stroke, juga dikenal sebagai serangan cerebrovaskular, merupakan kondisi medis yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu, entah karena penyumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Dalam kedua kasus tersebut, otak tidak menerima oksigen dan nutrisi yang cukup, yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada jaringan otak. Stroke dapat berdampak serius terhadap fungsi otak, seperti kemampuan berbicara, bergerak, dan bahkan dapat mengancam nyawa.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang penyakit stroke. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Penyakit Stroke Halaman 199

Aktivitas 6.13

Untuk memperdalam dan menambah khasanah penyakit stroke yang menggangu kondisi sistem saraf dan pergerakan pada manusia, silahkan dipahami contoh hasil penelitian tentang stroke dengan buka tautan berikut:

s.id/1rOX3 (tautan lengkap: https://akper-sandikarsa.e-journal.id/JIKSH/article/view/273/223)

1. Jelaskan hubungan sistem saraf dengan sistem gerak pada kasus stroke berdasarkan hasil penelitian di atas!

2. Setelah Kalian mencermati seluruh isi artikel jurnal hasil penelitian di atas, coba lengkapilah kolom benar atau salah berikut dengan memberikan tanda centang (√)!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Penyakit Stroke

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 6.12

3. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian di atas, silahkan Kalian tentukan setuju atau tidak setuju, serta berikan alasan yang logis pada kolom berikut! Salinlah di buku tugasmu!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Penyakit Stroke

Jawaban :

1. Stroke merupakan ganguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak, dari hasil penelitian menunjukkan gangguan fungsional otak tersebut menyebabkan gangguan motorik.

Baca Juga :  Kunci Jawaban  Menilai Pamflet Wisata Taklukkan Puncak Papandayan

2. Pernyataan

Pernyataan Benar Salah
Stroke merupakan gejala gangguan fungsional otak dan sumsum tulang belakang yang terjadi secara mendadak. Tanda dan gejala klinik baik lokal maupun global dapat berlangsung selama 24 jam atau labih.   V
Hasil analisis perbandingan stroke non hemoragik dengan hipertensi dan diabetes melitus, terbanyak pada pasien yang memiliki riwayat hipertensi dan diabetes melitus. V  
Berdasarkan hasil analisis perbandingan gangguan motorik penyakit stroke non hemoragik dengan penyumbatan terbanyak pada gangguan motorik sedang (2-3) adalah 27 pasien (90%). V  

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur dan Fungsi pada Sistem Saraf

3. Pernyataan

Pernyataan Setuju Tidak setuju Alasan
Stroke merupakan kerusakan organ target pada otak yang diakibatkan oleh Hipertensi karena sering mengkonsumsi daging domba.   V Mengkonsumsi daging domba bukan penyebab utama hipertensi.
Modifikasi pola hidup dengan mematuhi diet merupakan Langkah pencegahan stroke yang baik. V   Salah satu cara mencegah stroke

adalah dengan pengurangan berat

badan, pembatasan natrium, diet banyak makan buah, sayuran dan hasil olahan rendah lemak, olahraga teratur, dan tidak

berlebihan  onsumsi alkohol.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Pengayaan Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.