Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Bagaimana Virus Bereproduksi?

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Bagaimana Virus Bereproduksi? – Halo sobat gurune, virus merupakan organisme mikroskopis yang sering menjadi penyebab berbagai penyakit pada manusia, hewan, dan tanaman. Walaupun tidak dianggap sebagai bentuk kehidupan yang sepenuhnya, virus memiliki kemampuan yang unik dan kompleks dalam bereproduksi.

Reproduksi virus melibatkan serangkaian langkah yang rumit dan terkoordinasi dengan baik. Untuk memahami proses ini, kita perlu menyelami struktur virus itu sendiri. Virus terdiri dari materi genetik dalam bentuk DNA atau RNA yang dikelilingi oleh sebuah kapsid protektif. Beberapa virus juga memiliki lapisan pelindung tambahan yang disebut selubung.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang bagasimana virus bereproduksi. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas X kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Bagaimana Virus Bereproduksi? Halaman 37

2.2. Bagaimana Virus Bereproduksi?

Seperti penjelasan pada awal bab ini, Covid-19 pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan, Cina. Dalam beberapa bulan virus ini menyebar hingga ke seluruh dunia. Bagaimanakah cara virus memperbanyak diri dan menyebar ke seluruh dunia? Sebelum belajar lebih lanjut ayo kita lakukan Aktivitas 2.2.

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Bagaimana Virus Bereproduksi?

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Karakteristik Virus

Pada Aktivitas 2.1 Kalian telah mempelajari bahwa virus secara umum hanya terdiri dari asam nukleat dan protein kapsid. Hal ini menunjukkan bahwa tubuh virus bukan merupakan sebuah sel yang memiliki membrane sel, sitoplasma, asam nukleat dan ribosom. Seperti yang Kalian ketahui bahwa unit terkecil dari mahkluk hidup adalah sel, sedangkan virus tidak memiliki komponen sel selain asam nukleat. Dengan demikian dilihat dari strukturnya virus bukanlah mahkluk hidup.

Baca Juga :  Kunci jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 280

Satu-satunya ciri mahkluk hidup yang dimiliki oleh virus adalah mampu bereproduksi. Virus dapat memperbanyak diri hanya jika berada dalam sel inang. Struktur tubuh virus pada bagian luar memiliki protein reseptor. Virus dapat menginfeksi apabila struktur tersebut cocok dengan protein reseptor pada membran sel inang.

Proses memperbanyak diri virus disebut dengan replikasi. Replikasi virus terdiri dari siklus litik dan lisogenik. Virus melakukan siklus litik dan lisogenik tergantung pada virulensi atau ketahanan sel inang terhadap virus penginfeksi. Jika sel inang memiliki ketahanan yang lemah maka virus dapat melakukan siklus litik. Sebaliknya, jika sel inang memiliki ketahanan yang tinggi maka virus melakukan siklus lisogenik.

Pada siklus litik perkembangbiakan virus diawali dengan tahap melekatnya virus pada sel inang, kemudian penetrasi asam nukleat virus ke dalam sel inang. Tahap selanjutnya adalah asam nukleat virus akan memerintah sel inang untuk mensintesis asam nukleat dan bagian tubuh virus untuk dirakit menjadi tubuh virus baru. Akhir siklus ini sel inang pecah dan mengeluarkan banyak virus baru.

Berbeda dengan siklus litik, pada siklus lisogenik sel inang akan tetap membawa asam nukleat virus meskipun sel inang memperbanyak dirinya. Siklus lisogenik ini dapat beralih ke siklus litik. Berikut adalah gambar proses replikasi virus.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Apakah Itu Virus?

Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Bagaimana Virus Bereproduksi?

Jawaban :

Berdasarkan video tersebut virus corona hanya dapat bereproduksi pada sel inang yaitu sel-sel pada sistem pernafasan. Berdasarkan pada video, prosesnya dimulai dari tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan dan lisis.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 5.4 Coba Enkripsi, Proteksi Data dan File Kelas 7

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X Soal Refleksi tentang Pengukuran dalam Kegiatan Kerja Ilmiah

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.