Manfaat Kencur yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat Kencur yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat Kencur yang Jarang Orang Ketahui–  Halo sob, Sebagai orang Indonesia, sobat gurune pasti sudah tidak asing lagi dengan kencur dan berbagai manfaatnya. Orang Indonesia berhasil melawan banyak penyakit dengan resep obat tradisional jauh sebelum obat modern muncul.

Kencur sebagai bumbu masakan dan obat herbal ternyata bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman herbal ini tumbuh subur di Asia dengan iklim tropis dan subtropis, seperti Myanmar, China, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Tanaman kencur biasanya tumbuh di daerah dataran rendah atau pegunungan. Untuk menanam kencur, Anda membutuhkan struktur tanah yang gembur yang tidak terlalu banyak mengandung air.

Seperti tanaman pada umumnya, kencur tumbuh dengan daun dan bunga. Meskipun umbi kencur merupakan bagian yang paling banyak dimanfaatkan, daun kencur juga bermanfaat sebagai lalapan dan urap.

Sedangkan rimpang dari kencur sering digunakan sebagai bahan kosmetik. Kencur dengan aroma yang khas memiliki berbagai komposisi zat yaitu mineral, sineol, pati, asam sinamat, alkaloid, etil ester, kaempferol, borneol dan sebagainya.

Kandungan borneol dan kaempferol dalam kencur berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk Anda. Kemudian kandungan asam sinamat dan cineole masuk dalam golongan kandungan minyak minyak atsiri.

Manfaat Kencur yang Jarang Orang Ketahui

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat kencur sebagai tanaman obat sangat membantu dalam meningkatkan energi Anda. Orang Tibet dan Jepang sering menggunakan kencur sebagai bahan dalam formula dupa untuk memerangi kelelahan, meningkatkan energi, meningkatkan kesadaran, dan menciptakan lingkungan yang damai.

Baca Juga :  Cara Memilih Modem WiFi 4G

Saat tubuh terasa lemas dan lelah, kencur bisa di gunakan sebagai penambah energi. Mengapa? Karena dicerna di dalam usus dan di campur dengan hormon tubuh, kemudian kandungan kencur bisa di ubah menjadi energi.

Jadi bagaimana? Anda bisa merebus kencur 2 cm dengan segelas air putih untuk diminum setiap malam sebelum tidur. Cara ini dipercaya akan membuat Anda merasa segar dan energik keesokan paginya.

2. Mengurangi Kolesterol Jahat

Berbagai kombinasi dalam kencur dipercaya dapat meningkatkan kinerja empedu. Jumlah kolesterol dalam tubuh sangat erat kaitannya dengan kandungan atau komposisinya.

Kencur sebagai salah satu bahan pembuatan jamu bermanfaat untuk memproduksi empedu di dalam tubuh. Penyerapan nutrisi, pembuangan racun dan kolesterol jahat adalah tanggung jawab empedu.

Empedu akan bekerja untuk menyerap racun dalam tubuh. Kemudian empedu akan menekan dan juga mengontrol jumlah kolesterol jahat dalam darah.

3. Menambah Nafsu Makan

Sudah pernah mencoba jamu beras kencur? Di Indonesia sendiri, umumnya anak anak di berikan minuman jamu beras kencur untuk menambah nafsu makannya.

Kandungan sifat karminatif pada kencur di percaya dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Selain itu, kencur juga dapat menambah cita rasa dan aroma khas pada masakan, minuman, dan makanan ringan.

Anda bisa menambahkan kencur ke masakan anak-anak. Anda dapat menambahkannya dengan memotongnya menjadi potongan memanjang, menghancurkannya atau menumbuknya.

4. Sebagai Obat Batuk

Tahukah Anda bahwa kencur dapat menyembuhkan batuk? Ya, obat herbal ini bermanfaat sebagai obat batuk. Gejala awal batuk bisa di sembuhkan dengan menggunakan Kencur.

Caranya bagaimana? Cuci bersih akar kencur, lalu kupas dan parut. Lalu letakkan parutan kencur di atas serbet dan peras untuk diambil sarinya.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22

Kemudian Anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu sebagai penyedap rasa. Cukup minum sirup kencur tiga kali sehari untuk meredakan gejala batuk.

5. Mengurangi Kembung

Salah satu keunggulan kencur sebagai tanaman herbal adalah dapat mengobati perut kembung. Anda bisa mencuci kencur dengan sedikit garam dan air hangat untuk membersihkannya.

Kemudian makan kencur yang sudah di cuci untuk mengurangi perut kembung. Atau, dengan cara merebus akar kencur 3 cm dengan segelas air. Campuran tersebut dapat di minum dua kali sehari untuk mencegah perut kembung.

6. Sebagai Antioksidan

Untuk mengusir radikal bebas dan virus berbahaya, di perlukan antioksidan di dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam kencur dapat di gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, kencur juga bermanfaat untuk memperkuat imunitas tubuh.

7. MengobatiOtot yang Bengkak atau Terkilir

Orang Indonesia umumnya menggunakan ramuan kencur untuk menyembuhkan otot yang terkilir. Kencur merupakan tanaman obat yang dapat di gunakan sebagai pertolongan pertama pada luka.

Bagaimana caranya? Anda bisa mencampurkan rimpang kencur ke dalam nasi mentah yang sudah di tumbuk. Lalu oleskan campuran tersebut pada area tubuh yang bengkak.

8. Meredakan Sakit Perut

Apakah orang Anda sering mengalami sakit maag saat sedang melakukan aktivitas? Manfaat kencur selanjutnya adalah meredakan sakit maag yang kambuh.

Kencur sebagai tanaman obat memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung pada perut. Asam lambung yang normal di butuhkan untuk meredakan sakit maag yang kambuh. Kandungan kencur dapat membantu Anda mengurangi asam lambung yang naik.

9. Sebagai Obat Sakit Kepala

Selain itu, kencur sebagai obat herbal bermanfaat untuk kesehatan kepala. Kencur bisa menjadi obat alternatif untuk meredakan sakit kepala atau migrain. Jika Anda ingin mengurangi penggunaan obat generik, kencur mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi kecanduan obat atau ketergantungan pada obat.

Baca Juga :  Inilah yang Terjadi Jika Mengkonsumsi Jeruk Secara Teratur

10. Mencegah Jerawat

Manfaat selanjunya dari kencur sebagai tanaman obat adalah sebagai penghambatjerawat pada tubuh dan wajah. Hormon penyebab tumbuhnya jerawat akan di tekan dan dicegah dengan menggunakan kencur secara teratur. Hal ini menyebabkan jerawat baru tampak cepat sembuh sehingga tidak menimbulkan noda.

Ternyata manfaat kencur sangat banyak. Semoga ulasan tentang Manfaat Kencur yang Jarang Orang Ketahui dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.