Membuat Kolase dari Bahan Daur Ulang

Banyak usaha telah dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk membuat karya seni rupa. Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Kali ini kamu akan membuat karya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas.

Tahukah kamu tentang kolase? Kolase adalah teknik untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai membuat kolase.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.

  1. Selembar kertas, bisa kertas karton atau kertas sketsa/gambar.
  2. Lem.
  3. Gunting.
  4. Koran bekas.
  5. Gambar.

Langkah-langkah membuat kolase sebagai berikut.

  1. Siapkan gambar pola pada selembar kertas.
  2. Buatlah potongan-potongan bahan (koran bekas, kardus, plastik).
  3. Tempelkan potongan-potongan tersebut ke permukaan gambar yang telah disediakan.

Tahukah Kamu

Tahukah kamu, bahwa sampah telah menjadi masalah lingkungan yang semakin sulit diatasi? Sampah plastik telah menutupi beberapa samudra dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang serius. Banyak hewan laut mati karena memakan sampah plastik.

Salah satu cara yang dilakukan masyarakat kini adalah dengan menggalakkan gerakan daur ulang sampah plastik. Tujuan mendaur ulang sampah plastik untuk memperpanjang usia pemakaian barang sehingga tidak perlu membeli untuk sementara waktu. Dengan demikian, jumlah sampah dapat dikurangi jumlahnya. Dengan melakukan penghematan barang dari alam, kita telah melakukan usaha pelestarian makhluk hidup di sekitar kita.

Ayo Membaca!

Keanekaragaman makhluk hidup telah memberikan manfaat bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Sepantasnya manusia berusaha dan bertindak untuk memelihara, mengembangkan dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup sebagai sumber daya alam hayati, agar senantiasa dapat memperoleh manfaatnya.

Masyarakat dunia sekarang harus segera bertindak melestarikan keanekaragaman makhluk hidup. Dampak buruk yang kepunahan makhluk hidup telah merugikan bagi manusia itu sendiri. Di Indonesia, banyak jenis hewan dan tumbuhan asli Indonesia berada di ambang kepunahan. Bahkan, beberapa sudah punah.

Pelestarian makhluk hidup dapat dilakukan melalui cara-cara di antaranya berikut.

  1. Upaya Pelestarian Tumbuh-tumbuhan

Upaya yang dilakukan sebagai berikut.

  1. Kebun koleksi, biasanya hanya untuk mempertahankan tumbuhan bibit unggul. Contoh: kebun kelapa di Bone-Bone, kebun mangga di Pasuruan.
  2. Kebun plasma nutfah, merupakan perkembangan kebun koleksi Contoh: Kebun plasma nutfah di Cibinong LIPI dengan buah-buahan inti, talas, dan suweg.
  3. Kebun botani, didirikan pada tahun 1817 di Bogor, terkenal dengan nama Kebun Raya Bogor.
  4. Upaya Pelestarian Hewan

Upaya yang dilakukan sebagai berikut.

  1. Menangkar hewan langka dengan cara mengisolasi hewan tersebut.
  2. Mengambil telur-telur hewan untuk dibantu menetaskannya.
  3. Memindahkan hewan langka ke tempat yang lebih cocok.
  4. Membuat undang-undang perburuan.
  5. Menindak tegas para pelanggar dengan memberikan sanksi hukum sesuai hukum yang berlaku.

Ayo Berlatih!

Berdasarkan bacaan di atas dan dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah kegiatan berikut!

  1. Bersama dengan teman sekelompokmu carilah informasi sebanyakbanyaknya terhadap usaha-usaha pelestarian makhluk hidup.
  2. Cari informasi apakah ada pelestarian makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitarmu.
  3. Cari tahu kegiatan pelestarian apa sajakah yang telah dilakukan, jenis hewan dan tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikan, dan kapan didirikan.
  4. Presentasikan hasil pekerjaanmu dalam bentuk poster.
  5. Presentasikan hasilnya di depan kelas.

Usaha-usaha pelestarian makhluk hidup antara lain:

  1. Penanaman kembali hutan yang gundul (Reboisasi)
  2. Pemanfaatan bahan organik yang lebih ramah lingkungan
  3. Pengolahan limbah industri yang tepat
  4. Penanganan dan perlingungan terhadap hewan langka
  5. Mencegah pencemaran air
  6. Mencegah pencemaran udara
  7. Pembudidayaan hewan langka
  8. Membuat suaka margasatwa dan cagar alam

PROFAUNA INDONESIA

PROFAUNA Indonesia adalah organisasi independen non-profit yang bergerak dibidang perlindungan hutan dan satwa liar. PROFAUNA Indonesia pada awalnya didirikan pada tahun 1994 di kota Malang, Jawa Timur Indonesia, dengan nama Konservasi Satwa Bagi Kehidupan yang kemudian berkembang di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Isu utama yang ditangani PROFAUNA Indonesia saat ini ada empat yaitu: perburuan satwa liar, perdagangan satwa liar, pengelolaan konservasi penyu dan pengelolaan hutan bersama masyarakat loKal. Kegiatan PROFAUNA bersifat non politis, non-profit dan non kekerasan

PROFAUNA adalah organisasi yang aktif, dinamis dan melakukan aksi langsung di lapangan untuk melindungi satwa liar Indonesia dan habitatnya.

Awalnya PROFAUNA didirikan oleh dua orang aktivis lingkungan yaitu Rosek nursahid dan Made Astuti karena prihatin terhadap maraknya perdagangan satwa langka di Indonesia. Info lebih lanju tentang sejarah PROFAUNA silahkan baca di link berikut: sejarah PROFAUNA.

PROFAUNA percaya setiap jenis satwa liar mempunyai nilai bagi kelestarian alam, untuk itu setiap jenis satwa liar seharusnya dibiarkan hidup bebas di alam, dan manusialah yang bertanggung jawab untuk mewujudkannya.

Prinsip Profauna:

Prinsip PROFAUNA dalam isu hutan adalah kami percaya bahwa pelestarian hutan akan lebih efektif jika melibatkan partisipasi aktif masyarakat lokal. Hutan bukan sekedar kayu, namun ada kehidupan satwa liar dan beragam spesies yang unik. Hutan juga mempunyai fungsi secara ekologi dan sosial.

Prioritas Spesies Profauna Saat Ini:

PROFAUNA hanya bekerja pada isu satwa liar (wildlife), tidak menangani satwa ternak, satwa domestic atau satwa peliharaan seperti anjing atau kucing. Saat ini prioritas spesies yang ditangani PROFAUNA Indonesia adalah primata, penyu dan burung rangkong,

Relawan Profauna

PROFAUNA memberi kesempatan kepada masyarakat luas yang peduli pelestarian satwa liar dan hutan Indonesia untuk bergabung menjadi relawan PROFAUNA. Saat ini relawan PROFAUNA tersebar luas di seluruh Indonesia dan luar negeri. Banyak diantaranya yang aktif melakukan kegiatan pelestarian satwa liar dan habitatnya di masing-masing daerahnya secara mandiri.

Sumber: www.profauna.net/id/

Materi Terkait


Tinggalkan komentar