Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan

Sumber daya alam yang kita miliki, baik hayati maupun nonhayati menjadi modal utama pembangunan. Selain dari pajak, modal utama pembangunan juga berasal dari penjualan sumber daya alam. Misalnya bahan-bahan tambang dan hasil pertanian yang dijual atau diekspor ke negara lain. Dari situlah kita mendapatkan uang untuk membiayai pembangunan.

Banyak sekali sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Beberapa yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, misalnya hasil per tanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan per tambangan.

Salah satu sumber daya alam yang kita miliki berupa kelapa sawit. Kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng, margarin, dan bahan baku sabun. 

Pemanfaatan kelapa sawit menjadi beberapa produk tersebut merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi. Masih banyak contoh lain tentang pemanfaatan sumber daya alam

dalam kegiatan ekonomi.

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan ”Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan”. Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lengkapilah gambar peta pikiran berikut.

Jawaban:

Sumber Daya Alam

– Apa saja sumber daya alam itu?

Jawaban: Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia.

– Mengapa sumber daya alam bisa menjadi modal utama pembangunan?

Jawaban: Karena SDA hayati dan non hayati yang kita miliki dapat kita jual/ ekspor ke negara lain, contohnya bahan tambang dan uang yang didapat dari hasil penjualan SDA tersebut digunakan untuk modal pembangunan/ membiayai pembangunan.

– Berikan contoh pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi!

Jawaban:

Contoh pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi:

1. Pembuatan mebel dari kayu.

2. Pembuatan gerabah dari tanah liat.

3. Air untuk usaha penjualan air minum.

4. Usaha gas elpiji.

5. Batu untuk kerajinan.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar