Jawaban Perkembangan Hutan dari Tahun ke Tahun

Tahukah kamu, dalam bercerita, pendongeng sering menggunakan wayang yang terbuat dari kayu. Wayang tersebut dibuat oleh pengrajin kayu.

Ayo, kita cari tahu lebih lanjut tentang pekerjaan pengrajin kayu.

 

Ayo Berdiskusi!

Dayu mempunyai teman yang bernama Beni. Pekerjaan ayah adalah pengrajin kayu. Mau tahu apa saja yang dilakukannya? Ini cerita Beni.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi. Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih 1 minggu. Ayahku menjual meja dan kursi buatannya ke toko mebel. Di toko mebel itulah orang- orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.

 

Jawablah pertanyaan berikut!

  1. Produk apa yang dihasilkan oleh ayah Beni?

Meja dan kursi

  1. Apakah pekerjaan ayah Beni termasuk menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan alasanmu?

Pekerjaan yang dilakukan ayan Beni menghasilkan barang berupa meja dan kursi

  1. Apa saja yang harus dikerjakan oleh pengrajin kayu?

Seorang pengrajin kayu memulai pekerjaannya dengan membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya

 

Sumber daya alam yang digunakan oleh ayahku adalah kayu. Dari manakah kayu berasal? Apakah kayu tersebut dapat diperbarui? Berikut adalah proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi.

perkembangan hutan
perkembangan hutan

 

Bersama dengan kelompokmu diskusikan pertanyaan berikut!

  1. Jelaskan proses yang terjadi sehingga meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!

Pohon di hutan dipilih sesuai dengan kebutuhan kan kemudian pohon ditebang. Pohon yang telah dipotong diangkut dengan angkutan dan dijual kepada pengrajin kayu. Pohon-pohon yang telah sampai pada pengrajin kayu kemudian diolah menjadi barang-barang mebel seperti kursi dan meja. Kursi dan meja serta mebel lain kemudian dijual oleh pengrajin kayu ke toko mebel. Dari toko mebel tersebut kita dapat membeli meja, kursi, atau mebel lain sesuai dengan kebutuhan kita.

  1. Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu?

Profesi yang terlibat adalah penebang kayu, pengangkut barang, pengrajin kayu, dan pedagang mebel

  1. Ternyata perjalanan meja dan kursi hingga bisa ada di rumahmu cukup panjang, ya. Bagaimana sebaiknya kamu merawat meja dan kursi di rumahmu?

Sebaiknya meja dan kursi serta perabotan lain yang ada dirumah kita rawat dengan baik agar keberadaannya bisa tahan lama. Karena barang-barang yang ada dirumah kita dibuat dari sumber daya alam yang jumlahnya akan terus berkurang jika terus-menerus diambil

Ayahku mendapatkan kayu untuk bahan baku mebel dari hutan. Salah satu hutan di Indonesia yang sering diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan. Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan merupakan paru-paru dunia (penghasil oksigen). Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin berkurang. Sering sekali karena kebakaran hutan.

 

Ayo Mengamati!

Perhatikan kenampakan hutan di Kalimantan pada gambar di bawah ini! Warna hijau menunjukkan adanya pohon dan warna putih menunjukkan hutan yang gundul.

Menurutmu bagaimana perkembangan pohon yang ada di hutan Kalimantan dari tahun ke tahun? Diskusikan hasilnya dengan teman kamu.

  1. Bandingkan kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010.

Kenampakan hutan di Kalimantan pada tahun 1950 hampir menutupi seluruh wilayah Kalimantan, sedangkan pada tahun 2010 hutan di Kalimantan sudah semakin berkurang karena digunakan untuk pemukiman penduduk

  1. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010 sangat berbeda?

Karena manusia mulai memanfaatkan hutan untuk permukinan, lahan pertanian, dan lainnya sehingga hutan semakin berkurang

  1. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?

Penebangan pohon yang terus menerus akan membuat hutan menjadi gundul

  1. Apa yang akan terjadi jika pohon di hutan semakin berkurang?

Apabila pohon dihutan semakin berkurang makan akan berdampak pada hewan-hewan yang tinggal di hutan, mereka akan kehilangan tempat tinggal dan makanannya. Hewan yang kehilangan tempat tinggal dan makanannya dapat mencari makanan ke permukiman warga. Selain itu pohon yang terus berkurang di hutan dapat menyebabkan abrasi, pemanasan global, dan bencana alam seperti longsor

  1. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?
  • Menerapkan sistem tebang pilih dan tebang tanam ketika akan memanfaatkan pohon di hutan
  • Melakukan reboisasi
  • Tidak membuang sampas embarangan di hutan
  • Memberikan sangsi kepada masyarakat yang melakukan penebangan ilegal
  • Melakukan semnar pelestarian hutan
  1. Sikap apa yang sebaiknya dimiliki oleh pengrajin kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga?

Sebaiknya pengrajin kayu melakukan tebang pilih yaitu memilih kayu yang sudah tua dan melakukan tebang tanam yaitu setelah menebang pohon kemudian bibit menanam pohoh kembali

Keberadaan hutan sangat berpengaruh pada pekerjaan seorang tukang kayu. Untuk itu, hutan perlu dijaga kelestariannya.

 

Materi Terkait


Tinggalkan komentar