Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-04 Bermain dengan Suara dan Lebih Natural

Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-04 Bermain dengan Suara dan Lebih Natural – Halo sobat gurune yang cerdas, apa kabar kalian hari ini? Kali ini kita akan membahas mengenai Jawaban Aktivitas AP-K7-04 Bermain dengan Suara dan Lebih Natural.

Materi ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Mata pelajaran informatika . Kemarin kita sudah membahas mengenai cara membuat sprite berjalan tanpa henti. Kali ini kita akan membahas apa ya? Yuk kita simak Bersama.

Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-04 Bermain dengan Suara dan Lebih Natural

Dalam pemrograman visual, penggunaan suara sangatlah penting. Hal ini dapat membuat hasil visualisasi sebuah karya menjadi lebih hidup.

Baca Juga: Buatlah Peta Konsep Tentang Salam Bersama Kelompok Kecilmu! PAI Kelas 4 SD Halaman 136

Apa yang terjadi apabila kode program diubah menjadi seperti ini?

Jawaban:

Yang akan terjadi jika kode tersebut dijalankan adalah ketika menekan tombol space, sprite akan mengeluarkan suara “meow” setiap bergerak. Kemudian maju perlahan secara terus menerus dan saat mencapai ujung, sprite akan kembali ke titik awal, begitu juga seterusnya.

Apa yang terjadi apabila blok play sound ditempatkan sebelum blok forever?

Jawaban

Yang terjadi saat “play sound” ditempatkan sebelum control “forever” adalah suara “meow” hanya akan terdengar sekali saja dan sprite bergerak maju dengan cepat. Kemudian ketika mencapai ujung, akan kembali ke titik awal, dan begitu seterusnya.

Baca Juga: Materi Bagaimana Belajar Programming, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Selain menggunakan blok play sound, untuk menggunakan suara, dapat menggunakan blok start sound. Kira-kira apa bedanya?

Jawaban

Perbedaan play sound dan start sound adalah play sound akan menyelesaikan terlebih dahulu suaranya sampai selesai, baru kemudian menjalankan kode lain. Sedangkan start sound akan menjalankannya tanpa menunggu suara selesai. Efeknya untuk kode yang pertama adalah ketika menggunakan start sound, suara “meow” akan terdengar tumpang tindih

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 134, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kalau diperhatikan, sprite kucing bergerak cepat (ini karena blok move hanya 10 langkah).  Bagaimana caranya agar sprite kucing tetap bergerak setiap 10 langkah, tetapi lebih perlahan jalannya?

*clue: gunakan blok control wait dan carilah berapa waktu yang paling baik untuk membuat sprite kucing seperti berjalan normal.

Jawaban:

Cara agar sprite kucing bergerak lebih pelan adalah dengan menambahkan wait.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-02 Objek Pertama Kalian, Informatika Kelas 7

Apabila waktu wait makin besar, apa yang terjadi?

Jawaban:

Semakin besar nilai wait, maka pergerakan sprite akan semakin lambat

Jika diperhatikan, sprite kucing tersebut bergerak kaku. Setiap sprite default dari Scratch memiliki costumes atau bentuk yang lain disediakan. Kalian dapat memanfaatkan costumes ini agar sprite kucing bergerak dengan lebih natural.

Bagaimana caranya?

Jawaban: Cara untuk memanfaatkan costumes adalah sebagai berikut

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti, Informatika Kelas 7

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-04 Bermain dengan Suara dan Lebih Natural. Setelah ini kamu bisa mencoba Kembali dengan membuat sprite yang menarik. Jangan lupa untuk menunjukkan pada teman kalian ya. Semoga bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.