Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Jaringan Dasar pada Tubuh Manusia

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Jaringan Dasar pada Tubuh Manusia – Halo sobat gurune, tubuh manusia adalah komunitas seluler yang luar biasa, dimana sel-sel ini terorganisir menjadi berbagai jaringan yang berbeda. Sebagai organisme multiseluler, kita terdiri dari empat jenis jaringan dasar: epitelial, ikat, otot, dan saraf. Masing-masing jaringan ini memiliki peran penting dalam memelihara fungsi organ, menjaga keseimbangan, dan merespons perubahan eksternal maupun internal.

Jaringan epitelial adalah lapisan sel yang melapisi permukaan tubuh dan organ internal. Fungsinya adalah melindungi tubuh dari kerusakan fisik, mikroorganisme berbahaya, dan dehidrasi. Jaringan ini juga berperan dalam penyerapan zat makanan, pengeluaran limbah, dan memfasilitasi pertukaran gas. Contohnya adalah epitel kulit yang melindungi dari paparan sinar matahari dan epitel paru-paru yang membantu dalam pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Jaringan ikat adalah jaringan pengisi yang berfungsi sebagai pendukung dan penyokong bagi organ-organ tubuh. Komponen utamanya adalah sel-sel fibroblas dan serat kolagen, yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada jaringan. Jaringan ikat membentuk tulang, tulang rawan, ligamen, dan tendon yang memungkinkan gerakan tubuh, menjaga integritas struktural, serta menopang berat tubuh kita.

Jaringan otot adalah jaringan yang bertanggung jawab atas gerakan tubuh. Terdapat tiga jenis utama: otot polos, otot rangka, dan otot jantung. Otot polos ditemukan di dinding organ-organ tubuh, seperti lambung dan usus, berperan dalam peristaltik. Otot rangka melekat pada tulang dan memungkinkan gerakan sadar tubuh. Sementara itu, otot jantung membentuk jantung dan bertugas menggerakkan darah melalui pembuluh darah untuk menyediakan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 3 tentang Proses Pengaturan pada Tumbuhan

Baca Juga :  LOMBA BLOG DALAM RANGKA HUT PGRI KE-71 KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2016

Jaringan saraf adalah jaringan yang memungkinkan komunikasi dan koordinasi antara berbagai bagian tubuh. Jaringan ini terdiri dari sel saraf atau neuron yang membentuk jalur-jalur saraf dan pusat-pusat saraf seperti otak dan sumsum tulang belakang. Sel saraf mengirimkan sinyal listrik yang memfasilitasi persepsi sensorik, pengaturan otot, serta fungsi-fungsi kognitif kompleks seperti berpikir, berbicara, dan berbagai aktivitas lainnya.

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang jaringan dasar pada tubuh manusia. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Jaringan Dasar pada Tubuh Manusia Halaman 97

Latihan 4.1

Kalian telah mengingat kembali tentang jaringan dasar pada tubuh manusia. Berdasarkan topik bahasan pada bab ini, jaringan dasar manakah yang paling berperan dalam pertukaran dan transpor zat pada tubuh? Jelaskan! alasan jawaban Kalian!

Jawaban :

Jaringan yang paling banyak terlibat dalam pengaturan transport zat pada tubuh adalah jaringan epitel. Selain karena letak jaringan yang selalu dipermukaan organ, sejumlah tipe epitel memang secara khusus berfungsi untuk pertukaran zat, seperti epitel selapis pipih pada paru-paru.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Bagian-Bagian Tumbuhan

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.