Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 5.1

gurune.net – Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 5.1 . Halo sobat guru! Kesempatan ini gurune akan membahas kunci jawaban matematika bab bangun ruang. Pertanyaan ini bisa sobat guru temukan pada buku matematika kelas 9 kurikulum 2013 halaman 280.

Kali ini gurune berkesempatan untuk membahas soal-soal berkaitan dengan bangun ruang tabung. Soal-soal ini bisa sobat guru temukan pada buku matematika kelas 9 halaman 280.

Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah baiknya jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 5.1

Pembahasan nomor 1 dan 2 bisa sobat guru lihat di sini

Pembahasan nomor 3-5 silahkan lihat di sini

6. Tandon Bocor. Terdapat suatu tandon yang berbentuk tabung dengan jari-jari 50 cm tinggi 2 m. Tandon tersebut berisi air sebanyak ¾ dari volume total. Terdapat lubang kecil di dasar tandon tersebut yang menyebabkan air mengalir keluar dengan kecepatan 50 cm³/detik. Air pada tandon tersebut akan habis setelah … detik?

Jawaban :

7. Pondasi rumah. Alas dari pondasi rumah pak Ahmad berbentuk seperti gambar di samping. Jika tinggi pondasi adalah 2 m maka:

a. tentukan luas permukaan pondasi,
b. tentukan volume pondasi

Jawaban :

 

8. Analisis Kesalahan. Rudi menghitung volume tabung dengan diameter 5 cm dan tinggi 12 cm. Rudi menghitung V = (12)² (5) = 720 . Sehingga diperoleh volume tabung adalah 720 cm³. Tentukan kesalahan yang dilakukan Budi.

Jawaban :

Kesalahan Budi adalah keliru dalam menggunakan rumus, seharusnya Volume = πr²t. Selain itu Budi juga tertukar ketika menempatkan nilai jari-jari dan tinggi.

 

9. Tabung miring. Pada gambar di bawah terdapat dua buah bangun sisi lengkung. Sebelah kiri merupakan tabung dengan jari-jari r dan tinggi t. Sebelah kanan merupakan bangun ruang sisi lengkung yang diperoleh dari tabung sebelah kiri dengan menggeser tutup ke sebelah kanan, selanjutnya disebut dengan tabung miring. Tabung miring tersebut memiliki jari-jari r dan tinggi t.

Baca Juga :  Ketrampilan Berbahasa Indonesia di SD

a. Tentukan suatu metode untuk mendapatkan rumus dari volume tabung miring tersebut.
b. Apakah volume rumus tabung miring sama dengan volume tabung? Jelaskan analisismu

Jawaban :

10. Kaleng susu. Suatu perusahaan susu memiliki kotak susu ukuran 40 cm × 60 cm × 20 cm. Kapasitas maksimal kotak tersebut adalah 48 kaleng susu. Jarijari kaleng susu adalah r cm dan tingginya t cm. Perusahaan tersebut membuat peraturan:

i. Nilai r dan t harus bilangan bulat.
ii. Luas permukaan kaleng tersebut harus seminimal mungkin.

Tentukan nilai r dan t.

Jawaban :

Penutup

Nah sobat guru, demikian jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 5.1. Semoga Bermanfaat dan dapat membantu sobat guru dalam memahami materi bangun ruang.

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Ummu Ghoni

Menekuni bidang bidang pendidikan dan kepenulisan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.