Kunci Jawaban SD Kelas 4 Aktivitas Kelompok Membuat Peta Konsep Tentang Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar PAI Halaman 178 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Kunci Jawaban SD Kelas 4 Aktivitas Kelompok Membuat Peta Konsep Tentang Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar PAI Halaman 178 Kurikulum Merdeka.

Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban Aktivitas Kelompok Membuat Peta Konsep Tentang Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 178 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 10 Kisah Nabi Muhammad Saw Membangun Kota Madinah. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Aktivitas Kelompok

Peta Konsep

1. Buatlah peta konsep tentang Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar bersama kelompok kecilmu! Kalian dapat berkreasi dalam bentuk, warna, tulisan atau gambar. Kalian dapat menggunakan beragam media: kertas bekas, kertas karton, atau paparan menggunakan teknologi informasi.

2. Paparkan hasil belajar kelompokmu!

Peta Konsep Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar

Peta Konsep Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar

1. Mengapa persaudaraan kaum Muhajirin dan Ansor penting?

Jawaban:

Persaudaraan ini menjadi penting agar tersedia kebutuhan pokok bagi pendatang baru, Muhajirin, yang tidak membawa harta kekayaan. Keahlian penduduk Mekah adalah berdagang yang membutuhkan modal.

Padahal, Muhajirin tidak membawa bekal harta kekayaan. Sementara di Madinah, penduduk lebih banyak berkebun dan bertani. Selain itu, Muhajirin hanya datang sendiri atau bersama keluarga kecil ke Madinah.

Mereka mungkin merasa kesepian di daerah baru. Cuaca di Madinah juga berbeda dengan Mekah. Di musim dingin sangat dingin, di musim panas sangat panas.

Baca Juga :  Sumber Energi di Indonesia

Dengan persaudaraan, permasalahan yang dihadapi Muhajirin dapat diselesaikan sementara. Apalagi kaum Ansor membuka hati dan tangan mereka untuk membantu Muhajirin sepenuhnya.

2. Siapa saja yang dipersaudara–kan?

Jawaban:

Ketika itu, Rasulullah saw. mempersaudarakan puluhan orang. Misalnya mempersaudarakan Abu Bakar dengan Kharijah bin Zaid, Umar bin Khattab dengan Usman bin Malik, Usman bin Affan dengan Aus bin Sabit, Talhah bin Abdillah dengan Kaab bin Malik, Hamzah bin Abdul Muttalib dengan Zaid bin Harisah, Ammar bin Yasir dengan Huzaifah bin al-Yaman dan Salman al-Farisy dengan Abu al-Dardara.

Persaudaraan atar kaum Muslim yang dijalin Rasulullah saw. bukan hanya memberi bantuan dari orang kaya kepada yang tidak punya. Persaudaraan ini juga menghapus perbedaan akibat pelecehan terhadap sesama.

Rasulullah saw. misalnya mempersudarakan Zaid bin Harisah, bekas hamba sahaya, dengan Hamzah bin Abdul Muttalib, seorang tokoh utama Quraisy

3. Sikap apa sajakah yang patut diteladani dari Kaum Muhajirin? Berikan contohnya!

Jawaban:

Mereka rela meninggalkan keluarga, harta kekayaan serta kenyamanan di Mekah. Mereka rela hijrah ke Madinah dengan membawa keyakinan kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya.

Contoh: Kisah Suhaib bin Sinan al-Rumi, Persaudaraan yang dijalin dan bantuan kaum Ansor tidak membuat Muhajirin berpangku tangan dan bermalas-malasan. Muhajirin tetap berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka.

Contoh: Kisah Abdurrahman bin Auf, Abdurrahman bin Auf termasuk orang kaya yang menolong kaum muslimin dengan memberikan bantuan finansial. Ia bahkan pernah memberikan setengah dari seluruh hartanya untuk membantu kaum muslimin yang membutuhkan.

4. Sikap apa sajakah yang patut diteladani dari Kaum Ansor? Berikan contohnya

Jawaban:

Kaum Ansor membuka hati dan tangan mereka untuk membantu Muhajirin sepenuhnya.

Baca Juga :  Laporan Kegiatan Percobaan Baterai Kentang

Contoh: Kisah Saad bin Rabi’, Kisah yang terkenal terkait dengan Saad bin Rabi’ adalah ketika dia memberikan bantuan kepada seorang Muhajirin yang membutuhkan tanah untuk membangun rumah.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 178 Kurikulum Merdeka Bab 10 Kisah Nabi Muhammad Saw Membangun Kota Madinah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.