Kunci Jawaban Simbol Cuaca, Kelas 3 SD.

gurune.net– Kali ini kita akan membahas buku siswa Kelas 3 SD Tema 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 halaman 2-5. Materi yang kita pelajari yaitu tentang keadaan cuaca berdasarkan gambar dan simbol-simbol cuaca.

Baca Juga : Persahabatan Matahari dan Awan

Ayo Membaca

Udin dan Beni bermain bola di lapangan. Udara sore itu terasa sejuk. Angin bertiup sepoi-sepoi. Mereka asyik bermain. Tiba-tiba langit beubah mendung. Awan hitam menutupi matahari. Udin masih tetap ingin melanjutkan bermain bola.

Langit makin gelap. Angin bertiup cukup kencang. Hujan rintik-rintik mulai turun. Udin dan Beni berlari. Mereka mencari tempat untuk berteduh.

Keadaan cuaca memang sering berrubah-ubah.Pagi hari, cuaca terasa dingin. Saat siang hari, cuaca terasa sangat panas. Sore hari, cuaca terasa dingin. Angin bertiup lebih kencang.

Hujan mulai reda. Beni dan Udin bergegas pulang ke rumah. Mereka membersihkan diri dengan mandi air hangat. Badan mereka kembali terasa segar. Cuaca malam hari terasa lebih dingin.

Ayo Mengamati

Udara malam sehabis hujan terasa lebih dingin. Udin melanjutkan aktiitas dengan belajar. Ayo, kita bantu Udin menyelesaikan soal-soal berikut!

Kunci jawaban keadaan cuaca berdasarkan gambar

  1. Cuaca mendung
  2. Cuaca cerah
  3. Cuaca hujan
  4. Cuaca cerah
  5. Cuaca berawan

Ayo menulis

Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu. Terkadang cerah, berawan, mendung, atau hujan.

Tuliskan informasi yang kamu ketahui tentang keadaan cuaca sesuai dengan simbolnya. Gunakan kalimat yang mudah dimengerti!

Cuaca cerah yaitu keadaan cuaca yang ditandai dengan matahari bersinar cerah, langit terang, awaan yang ada di langit jumlahnya hanya sedikit, serta udara terasa hangat.

Cuaca berawan yaitu keadaan cuaca yang ditandai dengan sinar matahari sering tertutup oleh awan. Awan juga terlihat menebal dan menyebabkan langit menjadi agak gelap.

Cuaca hujan yaitu keadaan cuaca yang terjadi disaat butiran air yang tersimpan di awan jatuh ke bumi. Pada waktu cuaca huja terjadi, langit biasanya beubah menjadi gelap dan matahari tertutup oleh awan mendung sehingga suhu udara menjadi dingin.

Penulis : DF_KL3

Materi Terkait


Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.