Mempelajari Pengertian Peluang Usaha

Mempelajari Pengertian Peluang Usaha, Sumber dan Juga Contohnya

Pengertian Peluang Usaha

Menurut bahasa, peluang berarti kesempatan dan usaha berarti upaya mencapai apa yang menjadi tujuan atau keinginan. Dengan begitu peluang usaha adalah kesempatan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan atau keinginan Anda dengan cara memanfaatkan sumber daya yang sudah ada.

Peluang usaha atau yang seribg disebut juga peluang bisnis ini memiliki beberapa pengertian menurut para ahli. Berikut ini beberapa contoh pengertian peluang bisnis menurut para ahli.

1. Robbin and Coulter

Peluang usaha adalah proses yang melibatkan individu maupun kelompok, dengan menggunakan sarana tertentu guna menciptakan nilai tambah agar dapat mencapai tujuan

2. Arif F. Hadiparanata

Peluang usaha yaitu risiko yang harus diambil agar dapat mengelola segala hal yang berhubungan dengan keuangan

3. Thomas W. Zimmer

Peluang usaha merupakan sebuah inovasi yang dapat menjadi solusi dan membuka kesempatan

Sumber Peluang Usaha

Ada tiga sumber peluang usaha dan ketiganya sama-sama merupakan faktor internal.

1. Dari Dalam Diri Sendiri

Berawal dari hobi atau hal yang diminati, pada akhirnya Anda bisa melihat peluang usaha baru. Peluang usaha baru adalah kesempatan baru dalam dunia bisnis, dimana peluang tersebut merupakan penyempurnaan dari ide sebelumnya. Namun bisa juga peluang usaha baru muncul karena adanya inovasi atau terobosan baru tang lebih berbeda.

  1. Keahlian

Salah satu faktor internal untuk menciptakan peluang usaha adalah keahlian. Dengan keahlian, Anda bisa berinovasi dan berkreasi membuka peluang usaha baru. Mungkin sebagai sebuah gebrakan baru tidak langsung diterima, tetapi bisa jadi akan memiliki prospek cerah kedepannys. Selama Anda tidak keliru dalam menganalisa situasi dan kondisi.

Baca Juga :  Jenis Usaha Bidang Jasa

 3. Latar Belakang Pendidikan

Dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kreasi juga inovasi baru. Dengan begitu Anda juga akan lebih mudah membuka peluang usaha baru yang bermanfaat.

Contoh Peluang Usaha

Setelah membahas pengertian dan sumber dari Peluang usaha, kini kita akan membahas contoh-contohnya. Berikut ini adalah contoh peluang usaha.

  • Menjadi penyedia jasa menulis artikel
  • Membuka jasa pembuatan website
  • Melayani jada design grafis
  • Menjadi dropshipper dan reseller

Manfaat Peluang Usaha

Dengan berbagai kelebihannya, peluang usaha juga mampu memberi manfaat tersendiri bagi siapapun yang mampu melihatnya. Adapun manfaat dari peluang usaha adalah:

  1. Membentuk mental kemandirian
  2. Memungkinkan Anda untuk memiliki waktu senggang yang lebih banyak
  3. Memperkuat kondisi finansial

Bagaimana Cara Mendapatkan Peluang Usaha?

Selain dari sumber yang merupakan faktor internal yang tadi sudah dibahas, Anda bisa mendapatkan peluang usaha dari teman ataupun partner kerja.

Jika pada faktor internal lebih mengacu pada kemampuan juga minat Anda, sementara kali ini lebih kepada hasil analisa pasar. Dari teman, Anda akan lebih banyak menerima informasi terkait apa yang dibutuhkan dan digemari secara umum. Dengan begitu Anda akan memperoleh ide untuk peluang usaha baru.

Sementara dengan partner atau mitra kerja, Anda akan dituntut lebih kreatif untuk menciptakan peluang usaha baru. Sebagai contoh, Anda punya supplier sepatu polos. Melihat hal tersebut Anda berpikiran membuat custom shoes dengan lukisan. Dari situ sudah muncul peluang usaha baru yang Anda inginkan.

Peluang usaha adalah jalan lain atau alternatif bagi Anda untuk mencapai kesuksesan seperti yang Anda inginkan. Dengan peluang usaha tersebut, Anda juga membantu meningkatkan kesejahteraan orang-orang yang turut Anda libatkan.

Baca Juga :  SEVA Pusat Mobil Murah Layanan Online Jual Beli Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.