Pemanfaatan Gaya Otot dalam Kehidupan Sehari-hari

Dari kegiatan sebelumnya, kamu mengetahui bahwa di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa. Setiap suku bangsa kemungkinan memiliki kebiasaan dan cara hidup berbeda. Salah satu contoh perbedaan cara hidup adalah transportasi. Pada zaman dahulu, alat transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar-gambar berikut.

Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedati kerbau. Dapatkah kamu melihat persamaan dari ketiga alat transportasi tradisional tersebut? Ada banyak persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau pedati.

Apa yang terjadi saat kuda menarik bendi?

Saat kuda menarik bendi maka bendi akan bergerak mengikuti arah kemana kaki kuda melangkah

Apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Yang akan terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati adalah pedati tersebut akan bergerak sesuai arah kerbau atau kuda

Ayo Mencoba!

Lakukan kegiatan-kegiatan sederhana berikut.

  1. Dorong meja belajarmu pelan-pelan hingga bergeser sedikit, lalu tarik ke posisi semula.
  2. Angkat tas sekolahmu, lalu letakkan lagi ke posisi semula.
  3. Ambil selembar kertas tak terpakai, lalu lipat atau remaslah kertas tersebut.

Dari kegiatan tersebut, isilah tabel berikut.

Aktivitas yang telah kamu lakukan terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya. Aktivitas yang kamu lakukan terhadap tas sekolah yang kamu angkat disebut gaya. Aktivitas yang kamu lakukan terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya.

Apa yang dimaksud dengan gaya? Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk.

  • Tugas

Tuliskan pada buku catatanmu, gaya apa yang telah kamu lakukan atau kamu lihat dari pagi sampai saat ini. Tulislah dengan menggunakan ejaan yang tepat. Kemudian, bacakan catatanmu di depan teman-teman dan gurumu.

Ayo Mengamati!

Kamu telah mengetahui pengertian gaya. Sekarang, perhatikan gambargambar berikut. Lalu, jawablah pertanyaan pada setiap gambar.

Gaya mempunyai banyak jenis sesuai dengan sumber yang melakukan gaya. Macam-macam gaya antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek.

Ayo Mengamati!

Perhatikan contoh kegiatan menggunakan gaya otot berikut.

Ayo Berdiskusi!

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

  1. Apa yang dimaksud gaya otot?

Gaya otot adalah gaya yang dilakukan oleh otot pada bagian tubuh

  • Perhatikan gambar contoh-contoh gaya otot di depan. Apa pengaruh gaya otot terhadap benda yang dikenai gaya pada setiap gambar?

Gambar 1: pada permainan Tarik tambang, kekuatan tarikan dihasilkan dari adanya gaya otot yang bekerja pada tangan dan kaki. Dalam permainan Tarik tambang gaya otot berupa tarikan sangat berpengaruh terhadap kemenangan tim

Gambar 2: gaya otot yang digunakan pengrajin gerabah terletak pada bagian tangan dan kaki. Gaya otot ini digunakan untuk membuat bentuk gerabah sesuai dengan keinginan

Gambae 3: gaya otot yang digunakan terletak pada bagian tangan dan punggung. Gaya otot yang digunakan saat menggendong anak bertujuan agar kuat dalam mengangkat beban anak yang digendong

Gambar 4: gaya otot yang digunakan terdapat pada bagian tubuh kerbau. Tarikan yang dilakukan kerbau saat menarik pedati mengakibatkan pedati bergerak mengikuti arah kerbau

Tuliskan hasil diskusi kelompokmu, bacakan di depan kelompok lain, lalu serahkan kepada Bapak/Ibu guru.

Kamu telah mengetahui salah satu jenis gaya, yaitu gaya otot. Salah satu contoh penggunaan gaya otot yaitu pada pembuatan gerabah.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar