Ayo Mengenal Bulan, Tema 8

gurune.net Ayo Mengenal Bulan. Salah satu materi kelas 6 yang ada di buku tema 8 Sub Tema 2 Pembelajaran 2 yaitu membahas tentang Bulan. Lebih jelasnya tentang materi ini gurune akan bahas lengkap disini. Sekaligus memberikan contoh jawaban dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan di Internet.

Ayo Mengenal Bulan

Pada kegiatan ayo mencoba terdapat beberapa pertanyaan tentang Ayo Mengenal bulan. Diawal bacaan kita sudah disuguhkan beberapa pertanyaan pemancing siswa sebagai bagian dari pretes.

Pada siang hari, suhu udara panas. Akibatnya, kaca jendela memuai. Namun, pada malam hari, suhu menurun. Perubahan suhu membuat kaca jendela menyusut. Karena itulah, ukuran bingkai lebih besar daripada ukuran kaca. Ada cukup ruang tersedia saat kaca memuai sehingga kaca tidak pecah. Saat musim kemarau, malam hari tampak cerah.

Bagaimana bentuk Bulan?

Jawaban:  Bentuk dari bulan adalah bulat

Apakah Bulan bergerak?

Jawaban: Ya, Bulan bergerak memutari bumi

Apakah Bulan memiliki cahaya sendiri?

Jawaban: Bulan Tidak memiliki cahaya sendiri, tetapi bulan memantulkan cahaya matahari

Apakah Bulan berputar?

Jawaban:  Ya, bulan berputar pada porosnya, Namun waktu yang dibutuhkan bulan untuk berotasi sama dengan waktu yang dibutuhkan bulan untuk berputar mengeliling bumi

Apa yang dikelilingi Bulan?

Jawaban:   Bulan mengelilingi bumi

Bulan berputar pada porosnya dan berputar mengelilingu bumi dan mengiringi bumi berevolusi.

Apa yang dapat kamu simpulkan dari gerak Bulan?

Jawaban : Bulan berputar pada porosnya dan berputar mengelilingu bumi dan mengiringi bumi berevolusi.

Fakta Sains

Bulan berotasi pada porosnya. Bulan berevolusi mengelilingi Bumi. Bulan selalu bersama Bumi sehingga disebut sebagai satelit Bumi. Bulan bersama Bumi mengelilingi Matahari. Bulan tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya Bulan berasal dari pantulan Matahari.

Menguji Kenampakan Bulan Purnama

Menguji Kenampakan Bulan Purnama
Menguji Kenampakan Bulan Purnama

Alat dan Bahan

  1. Kotak sepatu besar
  2. Kertas hitam
  3. Bola plastik busa/styrofoam dengan ukuran diameter 5 cm.
  4. Lampu senter kecil dengan cahaya yang kuat, isolasi kertas, dan benang hitam.

Langkah Percobaan

  1. Lapisi permukaan kotak sepatu bagian dalam dengan kertas hitam.
  2. Gantungkan bola  styrofoam pada seutas benang hitam sepanjang 5 cm dan tempelkan ujung benang tepat di pertengahan penutup kotak.
  3. Buatlah 1 lubang yang sama besarnya dengan diameter lampu senter pada ujung kotak dan tutup rapat celah di antara lampu senter dan kotak dengan menggunakan isolasi kertas.
  4. Buatlah 5 lubang intip pada sisi-sisi kotak. 4 lubang pada tiap sisi memanjang dan 1 lubang pada posisi miring yang lebih rendah dari lampu senter.
  5. Pasang penutup kotak bersama bola yang tergantung padanya di atas kotak dan rapatkan tepi-tepinya dengan menggunakan selotip kertas.
  6. Nyalakan senter lalu amati bola dengan mengintip melalui lubang-lubang intip dengan urutan seperti gambar.

Pertanyaan dan Contoh Jawaban Hasil Percobaan Menguji Kenampakan Bulan Purnama

1. Apa yang kamu lihat ketika mengintip melalui lubang-lubang tersebut?

Jawaban : Yang saya lihat ketika melihat melalui lubang tersebut adalahfase-fase bulan.

2. Matikan lampu senter, apa yang terjadi?

Jawaban : Ketika lampu senter dimatikan ruangan di dalam kotak menjadi gelap dan tidak apa-apa

3. Melalui lubang mana kamu dapat melihat bentuk yang sama dengan bentuk Bulan baru?

Jawaban :  Saya dapat melihat fase bulan baru ketika mengintip di lubang yang lebih rendah dari posisi senter

4. Ada berapa banyak fase Bulan? Apa saja bentuknya? Jelaskan.

Jawaban : 

Fase bulan ada 8

Fase bulan ada 8 yaitu :

  1. Bulan baru ( ada tetapi tak terlihat)  yaitu dimana sisi bulan yang berhadapan dengan bumi tetapi tidak memperoleh sinar dari matahari. Akibatnya bulan ini ada tetapi cenderung sulit terlihat dari bumi.
  2. Waxing crescent atau bulan sabit muda yaitu bulan yang memiliki  bentuk  seperti sabit, melengkung kearah kiri daan akhirnya lama kelamaan berubah menjadi setengah lingkaran bulan. 
  3. Third quartel 3 ( bulan separuh) adalah posisi bulan hanya terlihat setengah bagian saja jika dilihat dari permukaan bumi
  4. Waxing Gibbous  (bulan bungkuk) yaitu Bentuk bulan yang mempunyai kecenderungan seperti setengah bulan berubah menjadi terlihat lebih besar pada permukaannya yang datar.
  5. Bulan purnama atau bulan penuh adalah bulan yang terlihat secara keseluruhan, dimana sisi bulan yang tepat berhadapan dengan bumi dan mendapatkan sinar matahari secara keseluruhan.
  6. Wanning Gibbous atau bulan bungkuk yang mengecil yaitu bulan purnama yang terlihat dari bumi adalah setengah bulan terapi hanya terlihat setengahnya saja yaitu dari sisi kanan yang makin lama makin mengecil.
  7. First Quartel (bulan paruh)  yaitu bulan hanya terlihat setengah dan perlahan memghilang lalu muncul kembali dengan bentuk dan ukuran yang sama.
  8. Wanning Crescent atau bulan sabit tua yang mengecil – Dari bumi kita dapat melihat dengan jelas posisi bulan sabit dan sabit,  yang mendapat sinar matahari akan nampak .

Baca Juga Materi Kelas 6 Lainya di :

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.