Jangan Takut pada Hujan, Kelas 3 SD

gurune.net- Kali ini kita akan membahas buku siswa kelas 3 tema 5 sub tema 1 pembelajaran 6 halaman 43-44. Materi yang kita bahas yaitu tentang kata yang terdapat pada bacaan jangan takut pada hujan beserta maknanya.

Ayo Membaca

Jangan Takut pada Hujan

Cuaca mulai berganti menjelang siang. Matahari tertutup awan. Mendungpun datang. Saat mendung, langit berubah menjadi agak gelap. Tidak ada sinar matahari. Mendung adalah awan yang mengandung hujan. Makna ini tertulis pada Kamus Bahasa Indonesia.

Cuaca mendung berlangsung lama dan kelam. Itu menandakan akan turun hujan. Saat hujan, terkadang petir dan kilat menyertai. Pernahkah kalian mendengar bunyi petir saat hujan? Adakah yang pernah melihat kilat saat hujan?

Saat hujan, sebaiknya kita berlindung dalam rumah. Dapat juga berlindung di sekolah dengan aman.

Tidak perlu takut dengan suara petir. Jangan takut juga dengan kilat yang terlihat. Petir dan kilat tidak akan melukai kita. Pastikan berlindung di tempat yang aman. Sebaiknya, lakukan aktivitas di dalam rumah saja. Nikmati makanan atau minuman hangat.

Ayo menulis

Kata yang terdapat pada bacaan ” Jangan Takut pada Hujan” dan Maknanya

  1. Hujan  adalah titik-titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan.
  2. Petir adalah kilatan listrik di udara disertai bunyi gemuruh karena bertemunya awan yang bermuatan listrik positif (+) dan negatif (-).
  3. Mendung adalah awan yang mengandung hujan.
  4. Kilat adalah cahaya yang berkelebat dengan cepat di langit (petir dan sebagainya).
  5. Awan adalah kelompok butiran air, es, atau kedua-duanya yang tampak mengelompok di atmosfer, mega.
  6. Matahari adalah benda angkasa, titik pusat tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas pada bumi pada siang hari.

Penulis: DF_KL3

Satu pemikiran pada “Jangan Takut pada Hujan, Kelas 3 SD”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.