Bacaan Jadi Aktivis Peduli Lingkungan

Gurune.net – pada artikel sebelumnya kalian sudah berdiskusi tentang poster untuk mengsisi puberitas dengan kegiatan positif. Tahukah kalian, Sobat gurune bisa melakukan kegiatan rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan, kamu bisa melakukan kegiatan rutin membaca buku untuk menambah pengetahuan, dan masih banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan. Pada masa purbetas hendaknya juga isi hari-harimu dengan sikap-sikap positif, sebagai contoh, peduli lingkungan. Peduli lingkungan tidak tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa atau orang tua. Peduli lingkungan bisa dan harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Bacalah bacaan jadi aktivis peduli lingkungan berikut, semoga mengispirasi dirimu sob.

Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas

Bacaan Jadi Aktivis Peduli Lingkungan

Peduli dengan lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di Abu Dhabi yang telah mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan 60 telepon genggam tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga lingkungan. Sebuah perbuatan kecil bisa berdampak besar,” ujar bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar itu.

Apa yang dilakukan Sam itu sebagai bagian dari gerakan daur ulang yang diprakarsai Kelompok Lingkungan Emirat (EEG) dalam kampanye ‘Recycle, Reforest, Repeat’. Sam yang tercatat sebagai siswa di Sekolah Dasar Al Wathba di Abu Dhabi, memulai keikutsertaannya dalam gerakan itu dengan menyumbang 450 kg koran bekas. Kemudian kembali lagi dengan 200 kg koran bekas lainnya.

Sam, dikutip dari Gulfnews, mulai tertarik pada gerakan lingkungan di usia enam tahun saat dirinya mengikuti kegiatan serupa di sekolah. Setelahnya, Sam mulai kerap mengikuti kampanye lingkungan seperti mengumpulkan kertas dan kaleng bekas, serta penghijauan. Sam bahkan mendatangi sejumlah toko elektronik untuk mengumpulkan telepon genggam tak terpakai. ”Aku pernah membaca tentang telepon genggam bekas yang harus dibuang secara khusus karena mengandung racun,” ujarnya.

Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2017/11/02/18590781/jadi-aktivis-pedulilingkungan-bocah-ini-kumpulkan-650-kg-koran-bekas

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Tuliskan pada kolom yang telah tersedia!

Apa judul bacaan di atas?

Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas

Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Sebutkan dua kata kunci pada judul bacaan di atas!

Menjaga Lingkungan dan barang bekas

Apa informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci?

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan dalam menjaga ingkungan

gerakan daur ulang barang bekas adalah hal kecil yang ebrdampak besar pada kegiatan menjaga lingkungan

Apakah isi bacaan dalam teks sama dengan isi informasi sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?

Ya, bacaan dalam teks bacaan sesuai dengan informasi pada kata kunci

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan bacaan Jadi aktivis peduli lingkungan. Kalian dapat mencari bacaan mengenai kepedulian masyarakat terhadap lingkungan bersama orang tua kalian. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkaan bacaan yang kamu temukan bersama orang tuamu.

1. Apa judul bacaan yang kamu temukan bersama orang tuamu?
2. Apa kata kunci pada judul bacaan? Sebutkan dua kata kunci pada bacaan!
3. Apa informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci?
4. Apakah isi bacaan setelah kamu membaca semua teks sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu? Tuliskan jawabanmu pada buku catatan kalian ya sob. Selamat belajar.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar