Download Contoh Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler SD

Download Contoh Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler SD – Ekskul atau ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran, namun tetap di lingkup sekolah. Biasanya, kegiatan ini dilaksanakan setelah jam pelajaran berakhir. Siswa-siswi memiliki kebebasan untuk memilih ekskul sesuai dengan minat dan bakat mereka. Contohnya, di tingkat SD, ekskul bisa mencakup pramuka, musik, seni, tari, dan olahraga.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 telah mengatur tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan menengah. Menurut peraturan tersebut, ekstrakurikuler adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter peserta didik dengan memperluas potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian secara optimal. Kegiatan ini dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kurikuler, tetapi tetap berada di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Ekstrakurikuler umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan yang harus diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan diikuti oleh seluruh peserta didik. Sementara itu, ekstrakurikuler pilihan adalah kegiatan yang dapat dikembangkan dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan, namun peserta didik dapat memilih sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

Contoh Kegitana Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar

Ekstrakurikuler tidak hanya bersifat menghibur, tetapi juga memiliki manfaat penting bagi siswa. Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler sebaiknya dirancang untuk mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan sosial pesertanya.

Setiap sekolah umumnya memiliki bidang ekstrakurikuler tertentu yang ditekankan dan dikembangkan. Beberapa contoh program ekstrakurikuler di tingkat SD yang dapat diikuti oleh anak-anak antara lain:

  1. Olahraga: Selain memberikan manfaat untuk kebugaran fisik, kegiatan olahraga juga melatih perkembangan motorik anak. Cabang olahraga kelompok seperti sepak bola, voli, dan basket mengajarkan kerja sama tim dan manajemen ego dalam kelompok. Ada juga olahraga individu seperti bulu tangkis, renang, catur, dan tenis.
  2. Bela Diri: Keterampilan bela diri seperti taekwondo, silat, karate, dan kungfu dapat memberikan pelajaran tentang disiplin, keberanian, dan komitmen kepada anak-anak. Penting bagi sekolah untuk menyediakan pelatih profesional dan perlengkapan latihan yang aman.
  3. Paskibra: Pasukan pengibar bendera adalah ekstrakurikuler yang banyak diminati. Peserta biasanya harus melewati seleksi ketat. Kegiatan ini dapat melatih kedisiplinan dan keberanian anak, terutama saat mereka memiliki tanggung jawab untuk mengibarkan bendera merah putih pada upacara hari Senin.
  4. Kerohanian: Ekstrakurikuler kerohanian membantu memperkaya jiwa siswa dan biasanya terbagi sesuai dengan agama masing-masing.
  5. Pramuka: Kegiatan pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib yang diatur oleh Peraturan Permendikbud RI Nomor 63 tahun 2014. Setiap siswa diwajibkan mengikuti pendidikan kepramukaan sebagai anggota pramuka, meskipun dengan beberapa pengecualian berdasarkan kondisi khusus.
  6. Tari: Untuk siswa yang lebih tertarik pada seni tari, kegiatan ini dapat menjadi pilihan. Sekolah dapat mengadakan latihan seni tari Nusantara sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia di bidang seni tari. Meskipun mungkin jarang diminati, kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah dalam memahami dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia.
Baca Juga :  Download Contoh Modul Projek P5 FASE C Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Download Contoh Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler SD

Kali ini kami akan membagikan Contoh Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler SD yang dapat diunduh dan bisa menjadi acuan dalam membuat Laporan kegiatan Ekstrakurikuler yang sesuai dengan kondisi dan situasi pada Sekolah masing-masing.

Untuk mengunduhnya, bisa melalui tautan yang ada dibawah ini

DOWNLOAD DISINI

Penutup

Dengan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan di tingkat sekolah dasar, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri mereka tidak hanya dari segi akademis, tetapi juga dalam hal keterampilan, minat, dan bakat pribadi. Keberagaman ini mencerminkan komitmen sekolah dalam menyediakan lingkungan pembelajaran yang holistik, di mana siswa dapat mengeksplorasi potensi mereka di luar kelas. Dengan bergabung dalam ekstrakurikuler, siswa tidak hanya memperoleh keterampilan praktis tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian yang kuat melalui interaksi sosial, kerja sama tim, dan tanggung jawab pribadi.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang bagi siswa untuk menemukan passion mereka sejak dini. Melalui berbagai pilihan ekstrakurikuler, siswa dapat mengeksplorasi minat mereka yang mungkin tidak terpenuhi dalam kurikulum reguler. Dengan cara ini, ekstrakurikuler tidak hanya menjadi waktu yang menyenangkan bagi siswa, tetapi juga menjadi platform yang mendorong pertumbuhan pribadi dan pengembangan karakter yang berkelanjutan.

Dengan melibatkan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler, siswa tidak hanya menjadi lebih aktif secara fisik tetapi juga menjadi lebih siap menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Pendidikan bukanlah sekadar memahami teori di buku pelajaran, tetapi juga melibatkan pengalaman langsung dan pembelajaran praktis. Oleh karena itu, ekstrakurikuler menjadi pilar penting dalam membentuk generasi muda yang berdaya, kreatif, dan siap menghadapi dunia dengan kepercayaan diri yang tinggi.

 

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.