Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7 Kelas 8

gurune.net – Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7 Kelas 8. – Halo Sobat Guru! Kali ini gurune akan membahas soal matematika terkait bangun ruang.

Soal yang akan gurune bahas kali ini bisa sobat guru temukan pada buku matematika kelas 8 kurikulum 2013 halaman 200. Namun sebelum membaca jawaban berikut, alangkah baiknya jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7

1. Perhatikan gambar di bawah. Tentukan luas permukaan dan volumenya!

Pembahasan :

2. Perhatikan gambar rangka bangun di samping. Rangka bangun tersebut terdiri atas dua bagian, yaitu balok dan limas. Tentukan:

a. luas permukaan balok.
b. volume balok.
c. luas alas limas.
d. panjang diagonal alas limas.
e. volume limas.

Pembahasan :

awaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7 Kelas 8

3. Sebuah tenda berbentuk bangun seperti berikut. Berapakah luas kain yang digunakan untuk membuat sebuah tenda seperti itu, bila alasnya berbentuk persegi dengan ukuran (4 × 4) m² , tinggi bagian tenda yang berbentuk prisma 2 m dan tinggi sisi tegak bagian atapnya 3 m?

Pembahasan :

awaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7 Kelas 8
4. Ambillah enam benda-benda nyata yang ada di sekitar kalian, kemudian ukurlah dan perkirakan luas permukaan dan volumenya.

Pembahasan :

awaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7 Kelas 8

5. Perhatikan kubus ABCD.EFGH pada gambar berikut. Titik A, B, C, dan D terletak pada bidang sisi bagian bawah. Titik T merupakan titik perpotongan garis diagonal pada bidang sisi bagian atas. Selanjutnya dibuat limas T.ABCD. Jika limas T.ABCD dipotong oleh bidang PQRS dimana titik P, Q, R, S, berturut terletak di tengah garis AE, BF, CG, dan DH. Jika dengan panjang rusuk kubus tersebut adalah 12 cm, maka tentukan volume limas terpancung bagian bawah.

Pembahasan :

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 188 Semester 2

6. Bangunan Candi Borobudur terdiri atas tiga tingkatan, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Arupadhatu merupakan bagian teratas candi yang denah lantainya berbentuk lingkaran. Di atas lantai ini terdapat sejumlah stupa kecil berbentuk lonceng yang disusun dalam tiga teras lingkaran melingkari stupa induk seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Stupa Kecil Stupa Induk Pikirkan berapa banyak stupa kecil pada bagian Arupadhatu tersebut? Tuliskan strategimu.

Pembahasan

Penutup

Nah sobat guru, demikian Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 8.7 Kelas 8. Nantikan pembahasan soal lain pada postingan berikutnya. Semoga Bermanfaat !

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban atau contoh yang oleh Bapak/Ibu Guru berikan di sekolah.
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Table of Contents

Ummu Ghoni

Menekuni bidang bidang pendidikan dan kepenulisan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.