Jawaban Modul Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?

Jawaban Modul Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD? – Halo Sobat Gurune, kami akan membagikan materi mengenai jawaban post test yang terdapat pada Modul 4: Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?, Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran.

Jawaban Modul Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?

Jawaban yang Gurune bagikan adalah paket lulus untuk setiap post test. Soal yang keluar saat mengerjakan post test sama, namun nomornya berpotensi untuk diacak. Jadi, silahkan Sobat Gurune bisa mengerjakan post test dengan lebih fokus mengamati isi soal. Namun sebelumnya, jika Sobat belum mengerjakan latihan pemahaman dan juga cerita reflektif, Sobat Gurune bisa mengakses soal dan jawabannya secara lengkap dengan mengklik link berikut ini.

1. Link Latihan Pemahaman Pentingnya Kemampuan Fondasi

2. Link Latihan Pemahaman Membangun Fondasi secara Holistik

3. Link Latihan Pemahaman Membangun Fondasi secara Bertahap dan Berkesinambungan

Setelah Sobat mengerjakan soal dan jawaban yang terdapat pada link di atas, selanjutnya Sobat Gurune dapat langsung mengerjakan soal post test modul seperti yang tersaji di bawah ini.

Baca Juga: Jawaban Modul Membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap

Jawaban Modul Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD? (Post Test)

Soal 1 dari 5

Niam merupakan siswa kelas 4 SD yang memiliki prestasi akademik yang cukup baik sejak kelas 1 sampai dengan kelas 3. Meskipun demikian, riwayat ketidakhadiran Niam di sekolah cukup tinggi. Hal ini semakin terlihat di awal kelas 4 SD. Pada bulan pertama tahun ajaran baru, Niam sudah 6 hari tidak masuk sekolah. Informasi yang didapatkan dari orang tua, Niam berpura-pura sakit supaya tidak masuk sekolah, “Aku tidak bisa belajar, aku sakit”. Orang tua juga mengeluhkan, kalau Niam baru mau belajar ketika dijanjikan hadiah. Dari pengamatan guru ketika di sekolah, Niam tidak memiliki masalah dengan teman di kelas. Justru bermain dengan teman merupakan hal yang memotivasi Niam untuk masuk sekolah. “Ma, aku kangen sama teman-teman, aku sudah sembuh”.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 164, Informatika Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka

Kemampuan fondasi apa yang belum terbangun dengan baik pada diri Niam?

a. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

b. Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar

c. Pemaknaan terhadap belajar yang positif

d. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya

Soal 2 dari 5

Nanda merupakan siswa kelas 1 SD. Ketika di sekolah Nanda selalu aktif terlibat dalam kegiatan piket kelas, untuk membersihkan papan tulis dan menyapu lantai. Jika tempat sampah di kelas sudah terisi penuh, ia dengan suka rela membuang sampahnya ke tempat sampah di depan kelas yang lebih besar agar dapat digunakan kembali.

Dari deskripsi di atas, kemampuan fondasi apakah yang terlihat berkembang cukup baik pada diri Nanda?

a. Mengenal nilai agama dan budi pekerti.

b. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya.

c. Pemaknaan terhadap belajar yang positif.

d. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

Baca Juga: Jawaban Latihan Pemahaman Miskonsepsi Literasi dan Numerasi

Soal 3 dari 5

Bu Putri seorang guru PAUD. Saat mengajak anak-anak belajar pada tema profesi, bu Putri terlebih dahulu mencari tahu profesi apa saja yang sudah diketahui anak juga profesi apa sajakah yang diminati anak. Data yang bu Putri dapatkan digunakan untuk menyesuaikan jenis profesi yang akan dipelajari. Pada saat proses belajar anak-anak terlihat antusias, mereka aktif dalam kegiatan yang disediakan juga terlihat ingin mencari tahu lebih dalam mengenai profesi-profesi yang dipelajari. Beberapa diantara mereka menyatakan ingin menjadi profesi tersebut ketika sudah besar.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur Pendukung Penyerapan Zat Makanan

Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan deskripsi di atas?

a. Bu Putri melibatkan anak dalam menentukan tujuan belajar.

b. Anak merasakan manfaat dari proses belajar yang ia lakukan, maka ia akan mengembangkan kecintaannya terhadap belajar.

c. Anak akan semangat belajar jika diberi hadiah.

d. Bu Putri melakukan asesmen diagnostik di awal pembelajaran.

Soal 4 dari 5

Bu Tania adalah seorang guru PAUD. Untuk melatih kemampuan motorik halus anak, bu Tania mengajak anak-anak mewarnai gambar hewan. Gambar yang diberikan bu Tania, disesuaikan dengan hewan kesukaan anak-anak. Dalam setiap pilihan gambar, ada tingkat kesulitan mewarnai yang berbeda berdasarkan ukuran kertas, dan luasnya bidang yang perlu diwarnai. Anak-anak juga diberikan kesempatan untuk memilih tingkat kesulitan gambar yang ingin diwarnai.

Strategi yang dilakukan bu Tania di kelasnya, menggunakan landasan …

a. Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak

b. Pengurutan deduktif

c. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit

d. Pengurutan Hierarki

Soal 5 dari 5

Respon apakah yang dapat diucapkan guru untuk memvalidasi perasan anak ketika ada anak yang terjatuh saat sedang berlari di halaman, untuk menguatkan kemampuan fondasinya?

a. “Berjalan saja ya, tidak usah berlari.”

b. “Tidak apa-apa, tidak sakit kok, kan jatuhnya pelan.”

c. “Apakah kamu baik-baik saja? Apa yang kamu rasakan? Menangis artinya kamu sedang merasakan emosi sedih ya?”

d. “Wah hebat, kamu tidak menangis!”

Selesai sudah Sobat mengerjakan soal dan Jawaban Modul Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD, Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran. Setelah ini Sobat bisa mengerjakan post test pada topik dan juga modul lainnya, juga tak ketinggalan mengerjakan latihan pemahaman beserta cerita reflektifnya. Oke, sekian informasi kali ini yang dapat Gurune bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan Sobat semua. Dan jika terdapat kekurangan, silahkan Sobat dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.