Manusia dan Lingkungan

Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia karena manusia tergantung kepada lingkungan. Manusia membutuhkan lingkungan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Artinya, lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan mak luk hidup lainnya. Oleh karena itu, manusia harus senantiasa berbuat baik kepada lingkungan. Manusia harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab.

Hidup yang selaras dengan alam dapat dimulai dari diri sendiri. Kita harus membiasakan pola hidup bersih dan sehat seperti selalu membuang sampah pada tempatnya, rajin berolahraga, dan selalu memeriksa keadaan mesin kendaraan agar tidak menghasilkan banyak asap kotor. Selain itu, kita harus meningkatkan kreativitas dengan mendaur ulang barang-barang sudah tidak terpakai agar tidak mencemari lingkungan. Sudahkah kalian berbuat demikian? Jika sudah, kembangkan dan tingkatkanlah

terus. Namun jika belum, mulailah melakukan dari sekarang. Jika kita cinta dan bersahabat dengan alam, alam akan cinta dan bersahabat dengan kita. Namun sebaliknya, jika kita merusak alam, alam akan marah dengan menumpahkan segala bencana pada kita. Hidup yang selaras dengan alam

dapat membawa dampak positif bagi umat manusia.

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan “Manusia dan Lingkungan”. Temukan informasiinformasi penting pada bacaan tersebut.

Peta pikiran manusia dan lingkungan:

1. Lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Apa maksudnya?

Jawab: Artinya, lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

2. Sikap apa yang seharusnya dilakukan manusia terhadap lingkungan?

Jawab: Manusia harus senantiasa berbuat baik terhadap lingkungan. Selain itu, manusia harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab.

3. Mengapa manusia harus baik terhadap lingkungan?

Jawab: Karena lingkungan adalah tempat tinggal kita yang dapat memberikan kita kehidupan, seandainya kalau lingkungan kita rusak berarti kita juga sudah merusak tempat tinggal kita.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar