Jawaban Post Tes Modul 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila Topik 5

Jawaban Post Tes Modul 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila Topik 5

gurune.net – Jawaban Post Tes Modul 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila Topik 5 . Halo guru hebat Indonesia! Kali ini gurune berkesempatan membahas soal post test pelatihan mandiri pada platform merdeka belajar.

Sebelum membaca jawaban berikut, alangkah baiknya jika sobat guru mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Kemudian cocokan jawaban yang sudah sobat guru tulis dengan jawaban dari gurune.

Selamat Mengerjakan!

Jawaban Post Tes Modul 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila Topik 5

1. Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang kontekstual kepada murid.
Pernyataan di atas adalah…

Jawaban : Benar

 

2. Terdapat 4 prinsip dalam projek penguatan profil pelajar pancasila. Prinsip manakah yang berfokus pada upaya mendorong murid agar aktif dalam pengelolaan pembelajarannya?

Jawaban : Berpusat pada murid

3. Setelah mendapatkan tema dan topik projek yang akan diampu pada semester ini, kemudian tim fasilitator projek akan menetapkan kriteria pencapaian kemampuan murid yang akan kita lihat dalam projek ini. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan?

Jawaban : Menetapkan dimensi, elemen dan sub-elemen sesuai dengan tema dan topik

 

4. Untuk membantu murid mengaplikasikan kemampuannya di dunia nyata, maka murid dapat kita berikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif sebagai bagian dari masyarakat. Sebagai tim fasiilitator projek, hal yang dapat kita lakukan adalah melibatkan mitra terkait yang berhubungan dengan tema projek.
Pernyataan di atas adalah…

Jawaban : Benar

5. Sebagai fasilitator projek, kita dapat memberikan keterampilan proses inkuiri kepada murid-murid untuk mendukung kegiatan projeknya. Berikut adalah tahapan yang tidak termasuk dalam tahapan proses inkuiri, yaitu…

Jawaban : Bermain

 

Jawaban Post Tes Modul 1 Projek dan Profil Pelajar Pancasila Topik 5

 

6. Kegiatan belajar projek sudah hampir selesai. Kini, saatnya murid-murid melakukan perayaan hasil belajar projeknya. Mereka tidak kita libatkan untuk menentukan jenis perayaan dan juga tidak tahu siapa saja aktor yang dilibatkan. Tim fasilitas projek memberikan apresiasi dan melakukan evaluasi kepada murid sesuai dengan hasil akhir projeknya. Dari pernyataan di atas, apa yang bisa kita perbaiki terkait peryaan hasil belajar projek murid?

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan Topik 2 Kurikulum Merdeka

Jawaban : Murid dilibatkan dalam penentuan jenis perayaan

7. Untuk melibatkan murid SD dalam proses pembelajaran projeknya, tidak diperlukan upaya untuk membangun ikatan dengan murid, karena murid hanya akan melakukan projek sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh gurunya. Pernyatan di atas adalah…

Jawaban : Salah

 

8. Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk melibatkan murid SD dalam proses belajarnya. Berikut adalah beberapa langkah yang tepat untuk melibatkan murid…

Jawaban : Semua Benar

9. Bagaimanakah contoh pelibatan murid yang tepat dalam kegiatan projek?

Jawaban : Melibatkan murid dalam mengolah data dan umpan balik dari teman dan gurunya.

10. Pelibatan murid merupakan peran yang penting untuk kita dapat membantu mereka mengalami pengetahuannya sendiri. Berikut adalah beberapa contoh pelibatan murid yang dapat kita lakukan:

Jawaban : Semua benar

 

11. Bu Margaret mengajukan pertanyaan pemantik untuk memantik rasa keingintahuan murid sehingga murid semakin terlibat dalam proses pembelajarannya. Jika tema yang kita ambil adalah terkait kearifan lokal, bentuk pertanyaan pemantik yang tidak tepat adalah…

Jawaban : Menurutmu, sejauh mana peran generasi muda dalam melestarikan kearifan lokal daerah?

 

Penutup

Nah sobat guru, demikian jawaban Jawaban Post Tes Pelatihan Mandiri platform merdeka mengajar yang bisa gurune bagikan. Semoga Bermanfaat.

 

Disclaimer:
1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain
2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya
3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.