Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-03 Kekuatan Sinyal Ponsel

Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-03 Kekuatan Sinyal Ponsel – Sobat gurune, dalam perkembangan teknologi pada saat ini tidak lepas dari pengaruh Ponsel. Hal ini dikarenakan Salah satu fungsi perangkat ponsel adalah memudahkan kita untuk berhubungan dengan orang lain.

Melalui fitur telepon, pesan singkat, hingga aplikasi chat yang menggunakan internet, semuanya memudahkan kita untuk berkomunikasi.  Namun, semua fitur ponsel tidak akan berjalan baik tanpa adanya komunikasi data pada ponsel. Lalu apa sih Komunikasi data ponsel? Yuk kita pelajari Bersama-sama.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-02 Jalur Routing

Komunikasi Data pada Ponsel

Komunikasi data merupakan sebuah mekanisme pengiriman dan penerimaan data dari satu perangkat ke perangkat lain. Ketika kita menggunakan ponsel, baik untuk keperluan mengirim pesan atau SMS (short message system), panggilan suara, koneksi internet, maupun mentransfer dokumen, ada mekanisme komunikasi data yang terjadi antara ponsel pengirim dan ponsel penerima

Untuk dapat digunakan sebagai alat komunikasi, ponsel memerlukan suatu elemen jaringan seluler yang berperan penting sebagai pemancar dan penerima sinyal dari ponsel, yaitu BTS (Base Transceiver Station). BTS adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan komputer.

Dalam satu kota atau wilayah, terdapat banyak BTS. Ponsel akan dilayani oleh BTS yang ada di sekitarnya, terutama yang paling dekat jaraknya. Pelayanan ini akan berpindah secara otomatis, ketika ponsel sedang bergerak dari wilayah layanan BTS yang satu ke wilayah layanan BTS yang lain.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-01 Konfigurasi Jaringan Komputer

Itu sebabnya dalam bahasa Inggris, ponsel disebut “mobile phone”. Sebagai contoh, seperti ditunjukkan pada Gambar 5.6, meskipun ada tiga BTS yang mengelilingi, tetapi ponsel mendapatkan sinyal dari BTS terdekat, yaitu BTS A, karena memiliki jarak yang paling dekat dengan ponsel.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-04-U Meringkas Data Secaia Manual

Gambar 5.5 Ponsel selalu menerima sinyal dari BTS terdekat

Gambar 5.5 Ponsel selalu menerima sinyal dari BTS terdekat.

Selain itu, kekuatan sinyal dari ponsel bergantung pada berbagai hal, yaitu antara lain seperti berikut.

Jarak dari BTS

Jarak antara pemancar sinyal BTS dan penerima ponsel sangat menentukan kualitasnya. Makin dekat, akan  makin kuat. Sebaliknya, jika ponsel dan BTS berada pada jarak yang berjauhan, sinyal akan makin lemah.

Material Bangunan

Material beton, baja, dan sebagian besar bahan bangunan lainnya sangat dapat menghalangi sinyal seluler. Itulah mengapa saat kalian berada di ruang bawah tanah/ basement, ponsel tidak memiliki jalan untuk mencapai menara karena terhalang dinding beton/baja sehingga kekuatan sinyalnya lemah.

Halangan

Meskipun ponsel kalian berada sangat dekat dengan BTS, biasanya, halangan yang berada antara ponsel dan BTS juga akan memengaruhi sinyal pada ponsel. Jika kalian berada pada ruang terbuka tanpa halangan apapun, sinyal ponsel akan kuat. Namun, jika kalian berada di sebuah ruangan yang di dalamnya ada penghalang berupa tembok, besi, bangunan, sinyal akan lemah. Coba kalian bandingkan sinyal ponsel ketika kalian berada di dalam ruangan dan di luar ruangan, meski berada pada jarak yang sama, kekuatan sinyal akan terasa berbeda.

Baca Juga: Materi Jaringan Komputer dan Internet,Informartika Kelas VIII SMP

Cuaca

Gelombang radio berjalan melalui atmosfer. Jadi, saat cuaca sedang buruk, akan dapat menghalangi sinyal. Biasanya, ponsel kalian akan memiliki sinyal yang lebih baik pada hari yang cerah daripada saat hujan atau berkabut.

Pengguna Lain dalam Jaringan yang Sama

Menara seluler hanya dirancang untuk menangani sejumlah koneksi tertentu pada saat bersamaan. Oleh sebab itu, jika dalam sebuah area BTS, ada banyak ponsel yang terhubung dengan BTS tersebut, kekuatan sinyal akan melemah.

Baca Juga :  Persahabatan Matahari dan Awan, Kelas 3 SD

Namun, untuk menyederhanakan, kekuatan sinyal dari ponsel, biasanya bergantung pada jarak ponsel dan BTS terdekat. Makin jauh jaraknya, sinyal akan makin melemah. Kuat atau lemahnya sinyal ditunjukkan oleh indikator sinyal pada ponsel, seperti pada Gambar 5.6.

Gambar 5.6 Indikator kekuatan sinyal HP yang dipengaruhi BTS

Gambar 5.6 Indikator kekuatan sinyal HP yang dipengaruhi BTS.

Baca Juga: Kunci Jawaban Berkomunikasi Melalui Surat Dengan Santun

Amati sebuah ponsel. Lihatlah ada berapa bar sinyal yang muncul di ruang terbuka. Kalau hanya satu, berarti BTS terdekat yang terhubung dengan ponsel memiliki jarak yang jauh. Sebaliknya, jika ada empat bar, jarak BTS-nya sangat dekat.

Adakah BTS di sekitar lingkungan kalian? Jika ada, coba kalian dekati BTS tersebut dan kemudian bandingkan indikator kekuatan sinyal di ponsel, apakah berubah? Jika tidak melihat BTS, cobalah berpindah-pindah lokasi dan amati sinyal ponsel. Apakah berubah-ubah saat kalian berpindah tempat? Tentukan lokasi mana yang sinyalnya paling kuat dan juga paling lemah. Mengapa?

Aktivitas JKI-K8-03: Kekuatan Sinyal Ponsel

Gambar 5.7 Contoh konfigurasi lokasi ponsel dan BTS

Gambar 5.7 Contoh konfigurasi lokasi ponsel dan BTS.

Pada Gambar 5.7, dengan asumsi ponsel berada di ruang terbuka tanpa halangan, apakah kalian dapat mengindentifikasi kira-kira pada BTS mana, HP-HP tersebut akan mendapatkan sinyal? Kemudian, diasumsikan bahwa jika jarak HP dan BTS terdekat lebih kecil dari 3 meter, HP akan mendapatkan sinyal yang kuat. Jika sebaliknya, sinyalnya akan lemah. Coba kalian identifikasi kekuatan sinyal dari setiap HP tersebut.

Baca Juga: Jawaban Matematika Kelas 9 Latihan 5.2 Halaman 293

HP Nomor BTS Kekuatan Sinyal
HP 1    
HP 2    
HP 3    
HP 4    
HP 5    
HP 6    

Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-03 Kekuatan Sinyal Ponsel

Berikut ini adalah contoh jawaban Aktivitas JKI-K8-03 Kekuatan Sinyal Ponsel

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-07 Studi Kasus Meringkas Data dan Visualisasi Data
HP Nomor BTS Kekuatan Sinyal
HP 1 BTS A Lemah
HP 2 BTS B Lemah
HP 3 BTS A Kuat
HP 4 BTS D Kuat
HP 5 BTS C Lemah
HP 6 BTS D Lemah

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K8-03 Kekuatan Sinyal Ponsel yang dapat gurune bagikan. Kalian bisa menemukan materi ini pada Buku Siswa Kelas VIII Informatika SMP Kurikulum Merdeka. Semoga Bermanfaat!

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.