Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 2 tentang Pergerakan Zat melalui Membran Sel

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 2 tentang Pergerakan Zat melalui Membran Sel – Halo sobat gurune, dalam ilmu biologi, memahami bagaimana zat-zat bergerak melintasi membran sel adalah salah satu konsep mendasar yang sangat penting. Proses ini memungkinkan sel untuk berfungsi dengan baik dan mempertahankan keseimbangan lingkungan internalnya. Bab 2 ini merupakan bagian penting dalam memahami mekanisme transportasi zat melalui membran sel

Nah, kali ini kita akan belajar uji kompetensi bab 2 tentang pergerakan zat melalui membran sel. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 2 tentang Pergerakan Zat melalui Membran Sel Halaman 53

Uji Kompetensi

Perhatikan gambar berikut untuk menjawab pertanyaan 1-3!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 2 tentang Pergerakan Zat melalui Membran Sel

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Proses Transpor Aktif Zat Ion Natrium dan Ion Kalium

Perhatikan gambar di atas! Salah satu cara untuk memproduksi air minum dari air laut adalah dengan cara menerapkan prinsip osmosis terbalik. Osmosis terbalik merupakan salah satu tipe filtrasi. Air laut didorong masuk melalui membran semipermeabel dengan pemberian tekanan oleh alat pemompa (pumping station).

1. Berdasarkan analisismu mengenai proses filtrasi yang tertera pada gambar di atas, di bagian mana terdapat garam dengan konsentrasi tertinggi? Jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi!

2. Mengapa proses pembuatan air minum yang berasal dari air laut menggunakan prinsip osmosis terbalik, bukan dengan menggunakan jenis transportasi lainnya (osmosis biasa, difusi, dan transpor aktif)?

3. Bagaimana peran alat pompa pada proses tersebut?

4. Sudah 2 hari suhu tubuh Andi meningkat hingga Suhu tubuhnya mencapai 39oC. Andi juga sering memuntahkan makanan yang ia makan dan buang air besar secara terus-menerus. Hal ini berdampak pada tubuh Andi yang terasa lemas. Oleh karena itu, Ibu Andi membawa Andi ke rumah sakit. Setibanya di rumah sakit, Andi langsung diinfus agar tubuh Andi tidak kekurangan cairan dan zat-zat yang dibutuhkan. Menurutmu, seperti apa kondisi cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh Andi (hipotonis/ isotonis/ hipertonis) terhadap darah Andi? Jelaskan mengapa demikian?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 167

5. Perhatikan gambar di bawah ini!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 2 tentang Pergerakan Zat melalui Membran Sel

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Transpor Aktif dan Difusi

Seorang siswa melakukan penelitian untuk mengukur konsentrasi suatu zat terlarut di bagian intraseluler dan ekstraseluler selama beberapa waktu. Datanya ditampilkan dalam gambar di atas. Menurut siswa tersebut, gmbar itu merupakan hasil aktivitas transpor aktif. Menurut kalian, apakah pendapat siswa tersebut benar? Jelaskan alasannya!

6. Perhatikan gambar di bawah ini!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 2 tentang Pergerakan Zat melalui Membran Sel

Kalian melakukan eksperimen di laboratorium untuk menentukan apakah sel bakteri mengambil laktosa menggunakan transport aktif, difusi terfasilitasi, atau keduanya. Kalian menambahkan penghambat ATP ke dalam kultur dan mengukur rasio laktosa di dalam sel vs di luar sel dari waktu ke waktu. Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini dan tentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah dengan memberi tanda centang (√) pada kolom!

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Difusi Sederhana dan DIfusi Terfasilitasi

Jawaban :

1. Terdapat pada membran bagian atas. Hal tersebut terjadi dikarenakan molekul air dipompa masuk melewati membran semipermeabel, sehingga pada bagian tersebut hanya tersisa garam dengan konsentrasi yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di laut.

2. Penggunaan proses osmosis terbalik dilakukan agar air yang didapatkan dari proses filtrasi merupakan air murni. Penerapan osmosis biasa tidak akan menghasilkan air yang murni, melainkan air yang disertai oleh garam karena tidak ada membran yang memisahkan air dan garam.

3. Peran alat pompa pada proses tersebut adalah untuk mendorong air masuk melewati membrane semipermeabel melawan gradien konsentrasi. Apabila tidak ada pompa yang memaksa air untuk masuk, maka proses filtrasi air tidak akan terjadi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mengenal Kata Sapaan

4. Sifat larutan infus yang dimasukkan ke dalam tubuh Andi adalah isotonis. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya perpindahan cairan dari dalam sel-sel di tubuh Andi ke luar sel-sel atau sebaliknya (menghindari pengerutan atau pecahnya sel).

5. Ya, jawaban siswa tersebut benar. Grafik tersebut menggambarkan aktivitas transport aktif. Hal tersebut terlihat dengan adanya kegiatan perpindahan molekul yang melawan gradien konsentrasi. Gradien konsentrasi ditunjukkan dengan lebih rendahnya konsentrasi molekul di dalam sel dibandingkan konsentrasi molekul di luar sel.

6. Pernyataan

Pernyataan Benar Salah
Jenis transportasi yang digambarkan grafik adalah traspor aktif dan difusi terfasilitasi.   V
Pada awal reaksi, konsentrasi laktosa di dalam sel lebih rendah dibandingkan di luar sel. V  
Inhibitor tidak memberikan pengaruh apapun terhadap laju transpor.   V
Seiring berjalannya waktu, konsentrasi laktosa di dalam sel lebih tinggi dibandingkan di luar sel. V  
Laju transpor lebih cepat saat tidak ada inhibitor. V  

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.14 Difusi Terfasilitasi

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.