Kunci Jawaban Pengertian Puisi dari Berbagai Sumber

Kunci Jawaban Pengertian Puisi dari Berbagai Sumber – Halo sobat gurune, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban pengertian puisi dari berbagai sumber. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat sebaiknya menyiapkan sumber pendukung terlebih dahulu seperti internet atau KBBI. Setelah itu carilah informasi tentang pengertian puisi dari berbagai sumber.

Untuk pembahasang selengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini !

Kunci Jawaban Pengertian Puisi dari Berbagai Sumber, Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Halaman 163

Bandingkan pengertian puisi yang telah kalian rumuskan dengan beberapa sumber lainnya. Kalian bisa mencari berbagai definisi/ pengertian puisi dari buku-buku di perpustakaan atau melalui beberapa tautan di bawah ini.

1. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/puisi

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Puisi#cite_note-1

Tuliskan pengertian puisi tersebut dan sumbernya dalam tabel berikut!

Baca Juga : Kunci Jawaban Menemukan Perbedaan Kedua Teks Puisi

Tabel 6.3 Pengertian puisi

No Sumber Pengertian
1 KBBI (Kamus Besar Bahada Indonesia)  
2    
3    

Jawaban :

No Sumber Pengertian
1 KBBI (Kamus Besar Bahada Indonesia) Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

Sajak.

 

2 Wikipedia Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait.
3 Djoko Pradopo Puisi adalah sebuah bentuk pemadatan yang melalui proses penciptaan. Caranya yaitu dengan menangkap sebuah kesan lalu dikondensasi (dipadatkan).
4 Herman J. Waluyo Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi rima dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif).
5 Hudson Puisi adalah suatu cabang dalam sastra yang menggunakan kata-kata dalam penyampaiannya untuk menghasilkan ilusi dan imajinasi. Hal tersebut sama halnya dengan lukisan yang menggambarkan garis serta warna dalam penggambaran gagasan dari sang pelukis.
6 Herbert Spencer Puisi adalah salah satu bentuk pengungkapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan keindahan dan efek estetis lainnya.
7 Tjahjono Puisi adalah pembentuk, pembuat atau pembangun, karena seorang penyair yang telah membuat puisi berarti ia telah membangun, membentuk atau membuat sebuah dunia baru. Baik secara fisik ataupun batin

Baca Juga : Kunci Jawaban Asesmen Halaman 175 Eksplotasi Lanjutan Scratch, Informatika Kelas VIII

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang kunci jawaban pengertian puisi dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan Selamat belajar !

Disclaimer :

1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.

2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga :  Caadara
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.