Pengantar Jaringan Komputer dan Internet, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Pengantar Jaringan Komputer dan Internet, Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka – Hai sobat gurune, siapa sih yang tidak mengenal internet saat ini? Perkembangan Teknologi dan Informasi yang terjadi saat ini tidak lepas dari perkembangan Jarringan Komputer dan Internet.

Pada BAB V Informatika kelas 7, akan mendalami mengenai Jaringan Komputer dan Internet. Pada materi ini, kalian akan memperlajari beragam hal mengenai dunia jaringan komputer dan internet secara lengkap.

Sebelum kita mempelajari lebih jauh, yuk kita kenalan terlebih dahulu dengan jaringan komputer dan internet. Sehingga kalian nantinya akan bisa memahami dan bisa memanfaatkannya di kehidupan kalian sehari-hari dengan lebih baik lagi. Lalu apa sih jaringan komputer dan internet?

Baca Juga: Jawaban Post Tes Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka Topik 13 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman

Pengantar Jaringan Komputer dan Internet

Pengertian Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan. Jaringan komputer memungkinkan komputer saling berbagi sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi.

Komputer pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, fiber optik, atau media tanpa kabel (wireless). Jaringan komputer memiliki berbagai tipe sesuai dengan cakupan luas areanya seperti:

  • Local Area Network (LAN)
  • Corporate Area Network (CAN),
  • Metropolitan Area Network (MAN),
  • Wide Area Network (WAN),
  • dan internet.

Tipe Jaringan Internet

LAN (Local Area Network) ialah jaringan komputer lokal pada ruangan terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya. CAN (Corporate Area Network) ialah jaringan komputer yang terbatas pada perusahaan tertentu, yang bisa terdiri atas beberapa LAN. MAN (Metropolitan Area Network) ialah jaringan komputer pada area kota metropolitan. WAN (Wide Area Network) ialah jaringan komputer yang lebih luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal.

Baca Juga: Jawaban Post Tes Modul 1 Membaca Bersama Topik 14 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Membaca Bersama dan Membaca Terbimbing

Pengertian Internet

Internet dikenal pada tahun 1849 dengan istilah internetted yang berarti interconnected. Namun, saat ini, istilah internet mengacu pada sistem jaringan komputer global yang digunakan untuk berkomunikasi antar perangkat komputer maupun antarjaringan komputer menggunakan protokol TCP/ IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia. Jaringan ini tersusun dan terorganisir melalui telepon atau satelit.

Jaringan yang terhubung dapat berupa jaringan pribadi, publik, akademik, bisnis, dan pemerintah dari lingkup lokal hingga global. Internet saat ini telah dapat menghubungkan komputer, perangkat telepon, CCTV, printer, dan bahkan perangkat lain yang dikenal dengan IoT (Internet of Things).

Pada bulan November 2006, internet dimasukkan dalam tujuh keajaiban dunia. Internet membawa berbagai macam sumber daya dan layanan informasi di dalamnya, seperti dokumen hypertext yang saling terkait dan aplikasi World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon, dan berbagi file.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menganalisis Isi dan Tujuan dalam Surat Pribadi

TCP/IP merupakan protokol pertukaran paket data yang digunakan di internet. Istilah “protokol” ini mengacu pada sekumpulan aturan yang mengatur bagaimana sebuah peranti berkomunikasi dalam suatu jaringan internet.

Baca Juga: Jawaban Post Tes Modul 1 Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi adaptasi Pratham-TaRL Topik 15 Asesmen Awal Pembelajaran Numerasi

Sejarah Internet

Asal mula internet berasal dari penelitian dan pengembangan teknik pemaketan dan pengiriman data (packet switching) yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada 1960-an.

Penelitian ini diharapkan dapat membuat komputer berinteraksi dengan komputer lain untuk berbagi sumber daya komputer (seperti prosesor, memori, eksternal disk) secara bersamaan. Pendanaan yang kuat dari pemerintah dan swasta dari seluruh dunia membuat internet terus berkembang.

Pada tahun 1990-an, internet berkembang menjadi internet modern yang mampu menghubungkan secara luas jaringan bisnis, perusahaan, institusi, komputer pribadi, dan telepon seluler. Saat ini, makin banyak jaringan komputer yang bergabung di internet yang menyebabkan internet makin besar dan makin banyak penggunanya.

Saat ini, media komunikasi tradisional seperti telepon, radio, televisi, surat, dan surat kabar memiliki bentuk lain di internet. Internet telah melahirkan layanan baru seperti surel, telepon internet, televisi internet, musik online, surat kabar digital, dan situs web streaming video. Koran, buku, dan penerbitan cetak juga beradaptasi dengan teknologi web, yang menjadi blog, web feeds, dan agregator berita online.

Baca Juga: Jawaban Post Tes Modul 2 Mendidik dan Mengajar Topik 1 Merdeka Belajar

Jaringan Internet

Internet telah memunculkan bentuk baru interaksi pribadi melalui berbagai cara, seperti: pesan instan, forum internet, dan layanan jejaring sosial. Belanja online tumbuh subur di internet, yang digunakan oleh usaha kecil dan menengah, pengecer besar, dan pengusaha besar untuk memperluas pasar penjualan barang dan jasa mereka. 

Jaringan internet digambarkan secara ringkas pada Gambar 5.1 yang menghubungkan perangkat komputer secara luas dan bahkan mendunia. Internet biasanya digambarkan dengan gambar awan (cloud).

Gambar 5.1 jaringan Internet

Kalian perlu menyadari bahwa kalian akan memasuki dunia internet saat ponsel atau laptop kalian terhubung melalui jaringan milik Internet Service Provider (ISP) atau penyedia jasa layanan internet. Di Indonesia, contoh ISP adalah PT Telkom Indonesia (Indihome), Biznet, FirstMedia, dan lainnya. Sedangkan untuk mob File internet operator adalah Telkomsel, XL Axiata, Tri, Smartfren, dan IM3 Ooredoo.

Jika kalian ingin terhubung dengan internet dan menggunakan semua sumber daya yang ada di internet, kalian harus berlangganan koneksi internet atau dengan membeli pulsa data. Ukuran kecepatan internet selanjutnya disebut lebar pita (bandwidth).

Baca Juga: Jawaban Post Tes Modul 3 Refleksi dalam Pembelajaran SD Topik 3 Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

Hal Hal yang harus kamu ketahui dalam materi Jaringan Komputer dan Internet

World Wide Web (WWW )

World Wide Web yang sering disebut sebagai “web” atau situs web adalah sistem informasi/aplikasi yang dapat diakses menggunakan internet. Web diakses oleh pengguna menggunakan perangkat lunak yang disebut peramban web dengan menuliskan alamat web yang disebut Uniform Resource Locators (URL, seperti: https://www.informatika.org/).

Web atau situs web memiliki halaman-halaman web (web page) yang berisi data dan informasi yang tersimpan di web server dalam bentuk hyper text markup language (html) File.

Halaman web berisi data dan informasi yang dapat memiliki hyperlinks/ links yang merujuk ke halaman web lainnya sehingga halaman web bisa menjadi saling terhubung. Contoh hyperlink adalah sebagai berikut: https://www.example.org/index.html

Ketika mengakses situs web, sebuah peramban web akan membaca halaman-halaman web melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol) atau aturan pentransferan hypertext. Peramban web akan membaca html, menerjemahkannya, dan menampilkannya di peramban web.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-01 Bermain-main dengan Sirkuit dan Makey Makey dalam Kelompok

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Mengapa Software Inventory itu Penting!

Melalui hyperlinks yang ada dalam sebuah halaman web, kita dapat meminta menelusuri halaman-halaman web untuk mencari informasi dan menampilkannya. Dengan hyperlinks inilah, seakan-akan pengguna ‘meloncat’ dari suatu halaman situs web ke halaman situs web yang lain. Proses meloncat dari satu tempat ke tempat lain melalui web ini sering disebut ‘sufring on the web‘ atau berselancar di web.

Interaksi dan transaksi secara elektronik dalam Jaringan Komputer dan Internet

Internet telah melahirkan interaksi dan transaksi secara elektronik. Interaksi dan transaksi itu di antaranya seperti berikut.

1. Surel

Electronic Mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim surat/pesan melalui internet. Para pengguna surel memiliki sebuah kotak surat (mailbox) elektronik yang tersimpan dalam suatu mail server.

Kotak surat itu sendiri memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan kotak surat lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan surel.

2. e-Banking.

Electronic Banking atau e-banking dapat diartikan sebagai aktivitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui internet.

Baca Juga: Cerita Bergambar ( cergam ) dan Intisari Cerita Kisah Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah

Bank menyediakan situs web untuk bertransaksi dimulai dari pengecekan rekening, transfer dana antarrekening, hingga pembayaran tagihan bulanan (seperti: listrik, telepon, dsb.). Pada e-banking, biasanya diterapkan sistem keamanan yang ketat pada situs webnya agar tidak terjadi kejahatan perbankan.

3. e-Learning.

Istilah Electronic Learning (e-Learning) merupakan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah secara virtual (maya). Dalam teknologi e-Learning, semua proses belajar-mengajar yang biasa ditemui dalam sebuah ruang kelas atau tatap muka secara langsung, dilakukan secara live atau online namun virtual.

Artinya, dalam saat yang sama, seorang guru mengajar di depan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda. Dalam hal ini, guru dan siswa tidak saling berkomunikasi secara langsung, tetapi secara tidak langsung mereka saling berinteraksi satu sama lain pada waktu yang sama.

4. e-Commerce

e-Commerce adalah aktivitas penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. e-Commerce dapat menjadi aktivitas transaksi jual-beli barang dan jasa baik dalam bentuk barang isik maupun nonisik.

Baca Juga: Hikmah Hijrah Nabi Muhammad SAW

Jika barang isik, proses jual beli membutuhkan transportasi barang, sedangkan jika barangnya berupa barang nonisik seperti lagu, software, desain gambar, dan lainnya, barang dapat dikirimkan melalui internet. Pada e-Commerce pembayaran juga dapat dilakukan dengan uang elektronik.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas PLB-K7-03 Membuat Alat Musikku Sendiri

5. e-Government

e-government atau e-govt ada lah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik. Penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah (eksekutif) yang dioptimalkan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

e-Government dapat juga diimplementasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan pelayanan publik sehingga proses pemerintahan yang lebih terbuka dan transparan.

Tahukah kalian?
Peramban web (biasanya disebut peramban) adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengakses informasi di World Wide Web. Saat pengguna meminta halaman web dari situs web tertentu, peramban mengambil konten yang diperlukan dari server web, menerjemahkannya, dan kemudian menampilkan halaman tersebut pada perangkat pengguna.

Baca Juga: Apa yang dimaksud dengan hijrah? Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 93

Penutup

Demikianlah Pengantar Jaringan Komputer dan Internet yang bisa gurune bagikan. Dalam perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, Segala aktivitas manusia kini hampir tak luput dari peran dan fungsi komputer.

Dalam mempelajari Komputer sendiri bukan hanya mempelajari tentang perangkat yang ada seperti monitor, keyboard, dan CPU. Namun, ada banyak hal dalam perangkat komputer yang fungsinya kian berkembang pesat. Salah satunya adalah perkembangan jaringan komputer dan Internet.

Dengan memahami seluk beluk Jaringan Komputer dan Internet, kita bisa memanfaatkannya dengan baik dalam berbagai segi kehidupan seperti pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer dan internet?

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan.

Sedangkan internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia. Jaringan ini tersusun dan terorganisir melalui telepon atau satelit.

Apakah jaringan internet dan jaringan komputer sama?

Berbeda, Jaringan komputer bisa saja menggunakan internet dan juga bisa digunakan tanpa internet. Jaringan komputer terbatas luas cakupannya karena itu bisa disebut LAN ( local area network)

Sedangkan jaringan internet itu biasa disebut WAN ( wide area network atau wireless area network), ini kumpulan titik atau node yang dapat menggunakan internet.

Kebanyakan orang awam menyebut jaringan komputer untuk Local Area Network atau LAN atau jaringan komputer lokal.

Jadi, jaringan komputer adalah suatu istilah umum, sedangkan internet malah istilah khusus. Inter-network atau antar jaringan, itulah internet.

Apa saja yang termasuk jaringan komputer?

Yang termasuk jaringan komputer adalah Local Area Network (LAN), Corporate Area Network (CAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), dan Internet.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan internet?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia. Jaringan ini tersusun dan terorganisir melalui telepon atau satelit.

Apa saja fungsi dari jaringan komputer?

Fungsi jaringan komputer secara lebih jelas terbagi menjadi tiga. yaitu untuk membagikan sumber daya dalam satu perangkat tertentu. Kedua, sebagai sarana komunikasi sehingga memungkinkan penggunanya dapat bertukar informasi Dan terakhir, Sebagai akses informasi yang memungkinkan penggunanya mengetahui berbagai data dalam jaringan komputer tersebut sesuai kebutuhan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.