Materi Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kelas 7 SMP Kurilkulum Merdeka

Materi Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kelas 7 SMP Kurilkulum Merdeka – Hai sobat gurune yang cerdas dan pintar. Kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan teknologi dan komunikasi yang ada disekitar kita dan di dunia. Setelah mempelajari bab ini, kalian mampu memahami dampak positif dan negatif teknologi informasi, keamanan data pribadi, dan berkolaborasi di dunia maya.

Teknologi terbaru apa yang menarik perhatian kalian? Mobil tanpa sopir? Teknologi Internet of Things? Virtual Reality? Teknologi tersebut selain bermanfaat bagi kehidupan manusia juga memiliki dampak negatif. Apa dampak negatifnya? Pada BAB 7 Informatika SMP Kurikulum Merdeka, kalian nantinya akan mengetahui hal ini. Namun, sebelumnya kita bahas terlebih dahulu Dampak Sosial Informatika. Yuk Disimak

Baca Juga: Kunci jawaban Matematika Uji Kompetensi 6 Kelas 8 Halaman 45

Dampak Sosial Informatika

Apakah kalian pernah mendengar mobil otonom? Kalau mobil bisa berjalan secara otomatis, bagaimana dengan pekerjaan sopir? Apakah kita perlu belajar menyetir mobil? Apakah tidak akan ada lagi kursus mengemudi? Di masa depan, banyak pekerjaan yang akan hilang karena digantikan oleh teknologi informasi dan komunikasi.

Saat ini, teknologi informasi telah memasuki banyak aspek di kehidupan manusia. Kita sebagai manusia sangat terbantu dengan teknologi ini. Pekerjaan kita dapat kita selesaikan dengan efektif dan eisien. Kita menjadi makin produktif. Namun, di sisi lain, ada dampak negatif dari perkembangan teknologi ini. Pada bab ini, kalian akan mempelajari dampak teknologi informasi dan komunikasi.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi. TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu.

Agar dapat berinteraksi dengan perangkat lain, TI dapat ditambah dengan peralatan komunikasi, seperti jaringan komputer, telekomunikasi, dan internet. Dengan tambahan peralatan komunikasi tersebut, penggunanya dapat berkomunikasi dan mentransmisikan informasi tanpa dibatasi ruang dan waktu. TI yang ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Baca Juga: Kunci Jawaban Uji Kompetensi Halaman 213 Mulai Pemrograman

Manusia sebenarnya telah melakukan pekerjaan menyimpan, mengambil, memanipulasi, dan mentransmisikan informasi sejak zaman bangsa Sumeria di Mesopotamia mengembangkan tulisan pada sekitar 3.000 SM. Istilah TI dalam pengertian modern dikenalkan dengan deinisi: teknik pemrosesan, penerapan metode statistik dan matematika untuk pengambilan keputusan, dan simulasi pemikiran tingkat tinggi melalui program komputer. Pengertian tersebut muncul pada tahun 1958 sebagai artikel di Harvard Business Review yang dikarang oleh Harold J Leavitt dan Thomas L. Whistler.

Baca Juga :  Cara membuat Ketupat, Kelas 2

Gambar 8.1 Revolusi Komputer

Gambar 8.1 Revolusi Komputer

Saat ini, masyarakat dapat melihat revolusi TIK yang sangat maju. Segala aspek kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dengan teknologi baru era digital ini yang memberikan manfaat besar. TIK telah memberikan cara baru dalam berkehidupan untuk menggantikan aktivitas di rumah, pekerjaan, pendidikan, perdagangan, kesehatan, perbankan, dan bersosialisasi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-07-U Persiapan Robot Manual

Masyarakat saat ini telah menjadikan TIK sebagai kebutuhan penting dalam bentuk berbagai perangkat seperti Komputer, laptop, smartphone, tablet, internet, dan lainnya yang sering disebut gawai (gadget). Gambar 8.1 menunjukkan revolusi komputer dari perangkat yang besar sampai menjadi sebesar genggaman tangan manusia.

Gambar 8.1 menunjukkan revolusi komputer dari perangkat yang besar sampai menjadi sebesar genggaman tangan manusia

Perkembangan komputer dari awal kemunculannya hingga sekarang menjadi cell phones (ponsel) atau telepon pintar (smartphone) adalah suatu revolusi. Ukuran komputer menjadi makin kecil, tetapi memiliki kemampuan yang makin besar. Dahulu, komputer berukuran sebesar ruangan kelas, tetapi saat ini, komputer hanya sebesar genggaman tangan. Gambar 8.2 menunjukkan perkembangan komputer dan telepon yang merupakan komponen utama TIK.
Gambar 8.2 Perkembangan Komputer dan Telepon

Gambar 8.2 Perkembangan Komputer dan Telepon

Saat ini, smartphone telah dapat menggantikan berbagai macam peralatan. Smartphone dapat digunakan untuk mendengarkan lagu yang berarti telah menggantikan CD player atau radio, menulis surat berarti menggantikan mesin tik, membuat video berarti menggantikan kamera video, membaca berita yang berarti menggantikan koran, dan masih banyak hal yang lain. Gambar 8.3 ialah contoh peralatan yang dapat diganti dengan smartphone.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-05 Bermain dengan Latar Gambar, Informatika kelas 7

Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat

Gambar 8.3 Peralatan yang Diganti dengan Smartphone

Gambar 8.3 Peralatan yang Diganti dengan Smartphone

 Manusia merupakan makhluk sosial yang akan selalu berhubungan dengan orang lain. Dengan menggunakan gawai yang terhubung dengan orang lain, memungkinkan kontak sosial yang makin intensif. Dua puluh tahun yang lalu, orang berkomunikasi dengan saudara yang tinggal di pulau lain mungkin hanya dilakukan sebulan sekali. Namun saat ini, kita bisa berkomunikasi dengan sahabat kita di luar negeri setiap saat.

Aktivitas keseharian kita juga menjadi sangat eisien, sebagai contoh, pekerjaan suatu perusahaan untuk berkorespondensi dengan pelanggan yang dahulu berbiaya mahal saat ini sangat mudah dan murah yang dilakukan menggunakan surel atau aplikasi chat. TIK juga memungkinkan kita membaca informasi terkini dari berbagai media besar dan koran terkemuka dengan hanya sekali klik pada gadget kita. Saat ini, TIK sangat membantu kita dalam melaksanakan aktivitas keseharian kita. Contoh pengaruh TIK dalam kehidupan kita ialah sebagai berikut.

Baca Juga :  Percobaan Membuat "Infused Water"

Baca Juga: Kunci jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 6.4 Kelas 8 Semester 2 Halaman 40-42

Aktivitas keseharian

Saat ini, kita dapat mengerjakan aktivitas keseharian kita dengan mudah. Kita dapat berbelanja seperti berbelanja di mall/pasar dengan online-shopping pada virtual mall seperti: Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya. Pembayaran dapat dilakukan secara elektronik dengan electronic- payment (e-payment) seperti: electronic-banking (e-banking) atau mobile-banking (m-banking), atau electronic-wallet (e-wallet).

Saat ini, kita juga dapat dengan mudah membaca koran secara online, bertemu dengan saudara secara virtual dengan video conference, berkirim surat melalui surel, dan masih banyak yang lain. Dengan teknologi Internet of Things (IoT), kita juga bisa mengatur suhu kulkas, mematikan dan menghidupkan kompor listrik, dan mengatur peralatan lain di rumah dengan smartphone kita dari jauh.

Pendidikan/e-learning:

Saat pandemi Covid-19 tahun 2020, proses pembelajaran di kelas digantikan dengan pembelajaran daring menggunakan media e-learning. E-Learning adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara elektronik baik dalam hal interaksi antara siswa dan guru, materi, dan aktivitasnya. Dalam e-learning, interaksi siswa guru dilakukan dengan video conference, materi  disajikan  dalam  bentuk  video, e-books, dan ile. Kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dalam forum diskusi, kuis daring, dan tugas yang dikumpulkan secara daring. Interaksi antarsiswa dilakukan dengan forum diskusi, sedangkan kolaborasi antarsiswa dilakukan dalam bentuk berbagi dokumen/ papan bersama.

Baca Juga: Kunci Jawaban Mengidentifikasi Permasalahan yang Dialami Tokoh dalam Cerita Garuk-Garuk

Tahukah kalian?

Electronic-payment

(e-payment) adalah sistem pembayaran yang memfasilitasi pembayaran secara elektronik untuk transaksi online. Sistem pembayaran ini makin populer karena meluasnya penggunaan belanja dan perbankan yang dilakukan secara online berbasis internet. Sistem pembayaran pada e-payment saat ini didominasi oleh pembayaran melalui kartu kredit/debet (MasterCard, VISA, GPN) lewat internet banking. Pembayaran juga banyak dilakukan dengan electronic-wallet (e-wallet) atau dompet elektronik yang memungkinkan pembayaran tanpa lewat bank namun lewat aplikasi, seperti Gopay, Ovo, LinkAja, Dana, dan lainnya

Gambar 8.4 Dampak TIK pada Berbagai Bidang

Gambar 8.4 Dampak TIK pada Berbagai Bidang

Kesehatan:

Ketika kita sakit, saat ini, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke dokter. Kita bisa menggunakan tele-medicine dimana kita bisa bertemu dengan dokter secara virtual untuk berkonsultasi tentang sakit yang kita idap. Setelah melakukan diagnosis, dokter akan memberikan resep obat secara online yang langsung terhubung dengan apotek. Apotek selanjutnya akan menyediakan obat dan mengirimkannya ke alamat rumah kita. Pembayaran akan dilaksanakan secara online melalui e-payment lewat kartu debit atau kartu kredit.

Baca Juga :  Gelang Benang Kreatif Mengisi Waktu Luang

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal dari Cerita Garuk-Garuk

Perdagangan

Perdagangan secara online disebut e-commerce. Saat ini, negara kita memiliki situs e-commerce besar, seperti: Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Situs ini seperti mall atau pasar yang dijalankan secara virtual. Seseorang bisa membeli barang yang dijual di situs ini. Para pedagang juga bisa menjual produknya di situs ini.

Proses penjualan dan pembelian dilakukan melalui peramban atau aplikasi yang terpasang di smartphone. Barang dagangan pada e-commerce terdiri atas dua macam, yaitu barang isik dan barang nonisik seperti pulsa, e-book, lagu, dan lainnya. Pengiriman barang isik membutuhkan transportasi, sedangkan pengiriman barang nonisik tidak memerlukan transportasi.

Pembayaran akan dilakukan dengan e-payment lewat kartu kredit/kartu debit atau dengan e-wallet. Untuk suatu daerah yang memiliki akses internet terbatas, bisa dikembangkan penyedia layanan jasa perdagangan dengan bekerja sama dengan penyedia layanan internet setempat.

Tahukah kalian?

Live streaming adalah cara penyajian konten yang dipancarkan (broadcast) secara real time melalui Internet, sedangkan streaming merujuk pada konten yang disajikan dan diputar secara bersamaan tanpa perlu sepenuhnya diunduh. Akses konten dari vlog (video log) atau Youtube secara teknis disebut dengan streaming

Baca Juga: Kunci Jawaban Mencari Arti Kata Baru  Pada Teks Batik Besurek

Pekerjaan

Dengan berkembangnya TIK, ter- buka lapangan pekerjaan yang memerlukan keahlian yang berkaitan dengan TIK. Pekerjaan tersebut bisa dilakukan dari rumah, di antara- nya ialah:pengembang web, pengembang aplikasi, programmer, administrator jaringan TI, analis data, dan lainnya.

Saat ini, banyak pekerjaan non-TI yang juga bisa dikerjakan dari rumah dengan bantuan TI, misalnya sales/penjual yang harus berkoordinasi dengan distributor, pengecer, dan pelanggan dapat dilakukan dengan video conference atau surel, pekerjaan memberikan suguhan musik bisa dilakukan secara live streaming, konsultasi dokter bisa dilakukan secara jarak jauh, dan lainnya. TIK juga telah membuka lapangan kerja wiraswasta yang dapat beroperasi dari berbagai lokasi tanpa batas geograis.

Penutup

Demikianlah pembahasan Materi Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kelas 7 SMP Kurilkulum Merdeka yang dapat gurune berikan. Perkembangan Informasi dan teknologi saat ini memang sangat pesat. Hal ini bisa memepermudah banyak pekerjaan manusia. Namun agar kamu bisa memanfaatkannya dengan baik kamu mungkin perlu melakukan beberapa hal berikut ini

  1. Mencari ilmu sebanyak-banyaknya di bidang teknologi.
  2. Melakukan pemilahan dari apa yang baik dan buruk dari adanya teknologi tersebut.
  3. Mencari mentor untuk mengikuti perkembangan teknologi karena banyak hal baik dan buruk dari teknologi itu sendiri.

Dengan begitu, kalian bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dan infromasi untuk hal hal positif. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.