Tekanan Gas pada Proses Pernapasan Manusia. Materi IPA SMP Kelas 8

gurune.net –  Tekanan Gas pada Proses Pernapasan Manusia . Pada IPA kelas 8 Sekolah Menengah Pertama, terdapat materi ajar seputar tekanan Gas pada proses pernapasan manusia. Kali ini gurune akan menjelaskan seputar Sistem pernapasan berupa Ilustrasi proses difusi gas pada proses pernapasan dan Apa yang dimaksud dengan tekanan parsial.

Setiap menit paru – paru dapat menyerap sekitar 250 mL Odan mengeluarkan COsekitar 200 mL. Aliran napas pada manusia, membutuhkan tekanan.

Ilustrasi proses difusi gas pada pernapasan dan peredaran darah

tekanan gas pada pernapasan manusia

 

Dalam paru – paru, terdapat bagian bernama alveolus yang merupakan tempat terjadinya pertukaran gas O2 dan gas COsecara difusi. Terdapat perpindahan zat terlarut dari daerah berkonsentrasi dan bertekanan parsial tinggi ke daerah berkonsentrasi dan bertekanan parsial rendah.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Tekanan Parsial  ?

Tekanan parsial adalah tekanan yang diberikan oleh gas tertentu dalam campuran gas tersebut yaitu tekanan gas Odan gas COyang terlarut dalam darah.

Pada sistem peredaran darah, darah yang masuk ke paru – paru melalui arteri pulmonalis memiliki tekanan parsial gas Oyang lebih rendah dan tekanan parsial gas COlebih tinggi daripada udara dalam alveoli.

Ketika darah memasuki kapiler alveoli, gas COdalam darah berdifusi menuju alveoli dan gas Odalam alveoli berdifusi ke dalam darah. Akibatnya, tekanan parsial gas Odalam darah naik sehingga darah banyak mengandung gas O2 dan  tekanan parsial gas COturun sehingga darah mengandung sedikit gas CO2.

Selanjutnya, darah menuju jantung kemudian dipompa ke seluruh tubuh. Ketika darah di jaringan tubuh, gas Odalam darah berdifusi menuju jaringan tubuh. Kandungan gas COdalam jaringan lebih besar dari kandungan jaringan dalam darah, sehingga gas COdalam jaringan tubuh berdifusi kedalam darah.

Baca Juga :  Induksi Magnet dan Gaya Lorentz. Materi IPA SMP Kelas 9

Setelah melepas gas Odan gas COdari jaringan, darah kembali ke jantung dan dipompa lagi ke paru – paru.

Semoga Bermanfaat.

Penutup :

Demikian pembahasan tentang tekanan Gas pada proses pernapasan manusia. Terimakasih sampai bertemu dimateri berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.