Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 247-251 Kurikulum Merdeka.

Gurune.net – Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 247-251 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan disajikan informasi tentang materi Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat pada halaman 247-251 dan juga kunci jawaban pada Aktivitas 17 dan Aktivitas 18.

Materi ini bisa kalian temukan di Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat halaman 247-251.

Kali ini kita akan membahas tentang Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat dan juga kunci jawaban Aktivitas 17 dan Aktivitas 18 pada halaman 247-251.

 

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 247-251 Kurikulum Merdeka

 

D. Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat

Tidak ada definisi secara pasti terkait komunitas, istilah komunitas dapat digunakan juga untuk menyebutkan sistem sosial yang saling terkait, kesamaan wilayah geografis, maupun hubungan personal. Komunitas memiliki lingkup yang luas mulai dari komunitas hobi seperti bersepeda, komunitas yang saling bertukar kartu pos atau dikenal luas sebagai komunitas Postcrossing, komunitas petani, komunitas fotografi hingga komunitas yang bergerak dalam bidang sosial seperti komunitas kakak asuh yang peduli terhadap isu pendidikan anak.

Komunitas merupakan kesatuan sosial terorganisi dalam suatu kelompok yang memiliki kepentingan bersama dalam suatu wilayah tertentu.
Konsep komunitas dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) akan berbeda dengan konsep komunitas yang sedang kita pelajari. Komunitas di sini dapat pula diartikan sebagai sebagian kecil masyarakat. Komunitas secara umum dapat diartikan sebagai hubungan sosial antarmanusia dalam kelompok guna mendukung tercapainya tujuan maupun keinginan komunitas tersebut secara bersama-sama. Adanya komunitas-komunitas dalam masyarakat dengan latar belakang budaya yang beragam, diharapkan dapat meningkatkan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal Tentang Teks Biografi I Gusti Ngurah Rai

 

 

Bentuk pemberdayaan masyarakat dapat dibagi menjadi dua, yakni pemberdayaan masyarkat dalam komunitas dan pemberdayaan masyarakat desa. Pemberdayaan masyarakat dalam komunitas dapat berupa memberikan pelatihan ketrampilan dalam membuat Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) berupa puding labu siam untuk batita dalam komunitas Ibu-Ibu Posyandu. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan kreatifitas dalam memanfaatkan bahan makanan yang penuh gizi. Kegiatan pemenuhan gizi seimbang penting dilakukan karena anak adalah generasi penerus masa depan.

Pemberdayaan masyarakat desa dapat dilakukan dengan memberikan wawasan mengenai kewirausahaan dari halaman rumah. Tujuannya untuk meningkatkan potensi ekonomi dari pekarangan rumah, kegiatan wirausaha dapat berupa budidaya tanaman hias seperti bunga anggrek.

Hal tersebut mudah dilakukan karena tidak menyita banyak waktu, sekaligus memberikan efek rekreasi bagi pembudidaya saat melihat bunga mulai mengembang. Budidaya tanaman hias dapat dimanfaatkan selain sebagai penghias halaman rumah, tetapi juga cadangan pendapatan tambahan di kala menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian seperti selama masa pandemi COVID-19 misalnya. Bentuk pemberdayaan masyarakat desa lainnya dapat berupa Pos Obat Desa (POD), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Dana Sehat,Pondok BersalinDesa (Polindes), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan Karang Taruna Husada.

 

Lembar Aktivitas 17 Aktivitas Individu

Identifikasi komunitas yang ada di Indonesia, kerjakan di buku tulis kalian seperti LKPD berikut!
Lembar Kerja Peserta Didik

No Nama Komunitas Pemberdayaan Masyarakat Bidang

Lokasi

1

Kampung Bloger Ekonomi Magelang

2

Kampung Inggris Pendidikan Kediri

3

Kampung Warna Warni Wisata Malang

4

Kampung Marketer Sistem Pengetahuan Purbolinggo

5

Sanggar Tari Alang-alang Budaya Surabaya

 

Komunitas dapat terbentuk di antara mereka yang memiliki kesamaan hobi. Komunitas sering berperan dalam melakukan perubahan atau meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu isu atau fenomena. Komunitas juga dapat berperan penting dalam kegiatan pembangunan. Tidak hanya pembangunan secara umum, tetapi juga komunitas cenderung memiliki pengaruh dalam pembangunan berkelanjutan. Manusia dalam memanfaatkan alam harus memiliki kesadaran dan kewajiban untuk menjaga lingkungan tetap lestari.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 226-229 Kurikulum Merdeka

Berikut merupakan peran komunitas dalam pembangunan berkelanjutan:

• Memberikan pengaruh agar individu memiliki pemikiran (mind set) ramah lingkungan dengan menyadari adanya hubungan timbal balik dengan alam.

• Berlaku aktif melalui berbagai dimensi pembangunan yang tercermin dalam tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

• Berperan aktif dalam menjaga alam dan melakukan kegiatan sosial dan ekonomi secara bertanggung jawab.

Komunitas dalam pembangunan berkelanjutan bertujuan untuk membangun manusia dan masyarakat yang berkualitas diri sehat, cerdas, bermental baik, dan mencerminkan sifat gotong royong bangsa Indonesia. Contoh peran komunitas dalam pembangunan berkelanjutan yaitu komunitas peduli sampah yang membuat bank sampah agar masyarakat memiliki kebiasaan memilah sampah untuk didaur ulang.

 

 

Peran komunitas dalam pembangunan berkelanjutan memiliki tantangan tersendiri karena kesadaran dan konsistensi setiap orang terhadap kelestarian lingkungan berbeda. Perilaku manusia, sebagai individu dan masyarakat, merupakan kunci terwujudnya pembangunan berkelanjutan di lingkungan organisasi pemerintah, perusahaan, dan di lembaga-lembaga nonpemerintah. Meski tantangannya tidak mudah, pembangunan manusia berkualitas tetap harus dilakukan untuk mewujudkan rasa tanggungjawab terhadap bumi sebagai tempat tinggal.

 

Lembar Aktivitas 18 Aktivitas Kelompok

1. Amatilah lingkungan tempat tinggal kalian

2. Identifikasilah komunitas apa saja yang turut berperan dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

3. Tuliskan dalam Lembar Kerja berikut!

Lembar Kerja Peserta Didik

Nama Komunitas

Peran Komunitas

Kampung Bloger Mengajarkan masyarakat untuk mengelola blog serta menulis konten-konten yang berkualitas. Mengejarkan kepada masyarakat untuk melakukan pemberdayaan dengan mendapatkan hasil dari Google Adsen, berjualan online, dan lainnya sebaginya.
Kampung Inggris Kampung inggris ini menjadi tempat penunjang masyarakat yang ada di seluruh Nusatara untuk belajar di Pare. Baik masyarakat yang ingin mencari pekerjaan, masyarakat ingin melanjutkan pendidikan, dan lain sebaginya.
Kampung Warna Warni Dengan giat pemerintah daerah bekerjsama dengan Cat Tempak Avitex menciptakan kondisi dan indah, sebagimana dengan membingkai rumah-rumah tersebut.
Kampung Marketer Mendirikan sistem pengetahuan dalam menambah penghasilan masyarakat dengan cara berjualan secara online
Sanggar Tari Alang alang Sekolah alternatif atau pendidikan luar sekolah yang dikhususkan untuk anak keluarga miskin, anak yatim, dan anak terlantar
Baca Juga :  Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 204-207 Kurikulum Merdeka

 

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 247-251 Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemberdayaan Masyarakat tentang Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat dan juga kunci jawaban Aktivitas 17 dan Aktivitas 18.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.