Kunci Jawaban Pertanyaan Pemantik “Sampaikan Melalui Surat”

Kunci Jawaban Pertanyaan Pemantik Sampaikan Melalui Surat – Halo sobat gurune, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi tentang tentang kunci jawaban pertanyaan pemantik bab VI sampaikan melalui surat. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka.

Pembahasan soal kali ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman sobat terhadap materi pada bab VI tentang surat. Sobat kerjakanlah pertanyaan di bawah sesuai dengan pemahaman dan kemampuan sendiri.

Untuk pembahasan selengkapnya, simak ulasan berikut ini !

Kunci Jawaban Pertanyaan Pemantik Bab VI Sampaikan Melalui Surat Halaman 175

Sampaikan Melalui Surat

Pertanyaan Pemantik:

1. Apa yang dimaksud dengan surat pribadi dan surat resmi?

2.  Apa tujuan seseorang menulis surat?

3. Bagaimana cara menyusun surat yang baik dan santun ?

Baca Juga : Kunci Jawaban Menganalisis Struktur Teks Tanggapan

Pada bab ini kalian akan belajar mengungkapkan gagasan dan berkomunikasi secara tertulis dengan baik dan santun menggunakan ragam pesan. Pada bab ini kalian juga akan mengenal, menyimak, dan mendiskusikan pesan daring, jenis surat, unsur, pilihan kata baku dan tidak baku, serta sapaan yang sesuai untuk jenis-jenis surat tersebut. Setelah mempelajari jenis surat, kalian pun berlatih menulis surat kalian sendiri dengan baik dan santun.

Kata Kunci

Surat pribadi, surat resmi, unsur-unsur surat, fakta, opini, teks transaksional, kata sapaan, pronomina, kata baku dan tidak baku.

Jawaban :

1.

Surat pribadi adalah surat yang ditulis seseorang atau individu kepada orang lain yang bersifat pribadi. Surat pribadi bersifat personal atau tidak resmi, bebas, menggunakan Bahasa sehari-hari, dan berisi masalah-masalah pribadi.

Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk keperluan resmi atau formal oleh pihak tertentu baik itu perorangan, organisasi, Lembaga, Maupin instansi tertentu guna melakukan komunikasi satu sama lain secara resmi.

2.

Tujuan surat pribadi Tujuan surat resmi
Memberikan informasi, kabar, atau mengungkapkan perasaan penulis surat kepada penerima surat. Menyampaikan keperluan berupa pemberitahuan, suatu izin, penugasan, pengumuman, dan lain sebagainya kepada staff Lembaga maupun instansi terkait.

Baca Juga : Kunci Jawaban Mencermati Ragam Teks Tanggapan

3. Cara menyusun surat yang baik dan santun yaitu

·       Disusun dengan baik sesuai dengan peraturan menulis surat.

·       Tidak mengandung kata atau kalimat yang tidak berguna.  Tidak bertele-tele, lugas, dan dipahami oleh penerima surat.

·       Menunjukan budi Bahasa, pertimbangan baik dan bijaksana.

·       Tidak terlalu Panjang.

·       Bersih dan format yang menarik.

Kesimpulan

demikianlah pembahasan soal yang dapat disajikan tentang kunci jawaban pertanyaan pemantik bab VI sampaikan melalui surat. Semoga dapat membantu sobat dalam belajar.  selamat belajar !

Disclaimer :

1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.

2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Menyajikan Tanggapan secara Lisan dengan Efektif dan Santun

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pengimajian/Citraan dalam Puisi
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.