cara share lokasi lewat wa
cara share lokasi lewat wa

Ternyata Mudah, Begini Cara Share Lokasi Lewat WA

Cara Share Lokasi Lewat WA – Seperti yang banyak kita tahu, Aplikasi whatsapp sudah sangat populer digunakan sejak September 2015.

Aplikasi chatting instan terbaik ini telah digunakan lebih dari 900 juta orang. Kalian, termasuk bagian dari pengguna aplikasi ini kan?

Barangkali ada sahabat yang belum begitu paham tentang kegunaan dan fitur-fitur Whatsapp dan tips keren hanya di website Tedas

Apa Itu Whatsapp?

Whatsapp apa sih? Yaitu merupakan salah satu aplikasi fitur mengirim pesan instan untuk smartphone Anda. Fungsi dari whatsapp ini sebenarnya sama dengan aplikasi SMS yang biasanya kita gunakan pada ponsel kita.

Tetapi, Whatsapp ini tidak menggunakan pulsa melainkan menggunakan data internet untuk pengiriman pesannya, hebatnya aplikasi ini tak ada batasan dalam pengiriman pesan selama data internet kita memadai.

Meskipun termasuk aplikasi pengiriman pesan instan, yang unik pada aplikasi Whatsapp ini adalah tentang pengenalan kontak, verifikasi dan pengiriman pesan hanya kepada kontak yang sudah sama-sama terdaftar pada aplikasi whatsapp, dan cara ini berbeda dengan aplikasi chatting sebelumnya yaitu BBM dimana aplikasi ini menggunakan pin untuk proses verifikasinya.

Fitur-fitur Unggulan Whatsapp

Fitur-fitur yang dimiliki whatsapp antara lain adalah:

  • Bisa mengirim pesan teks
  • Bisa mengirim video, dan foto secara langsung dari kamera atau galeri
  • Bisa mengirimkan berkas lan seperti audio, dan dokumen
  • Menelpon dengan suara, termasuk Anda bisa mengirimkan rekaman pesan suara.
  • Berbagi lokasi terkini dengan memanfaatkan GPS
  • Mengirimkan kartu kontak

Aplikasi whatsapp ini juga mendukung beberapa emoticon lucu atau emoji, dan saat ini sudah ada fitur stiker yang bisa Anda gunakan untuk selingan saat mengirimkan pesan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Aplikasi Whatsapp

Aplikasi whatsapp ini bisa Anda dapatkan pada play store atau google play pada smartphone Anda. Namun, pada beberapa smartphone tertentu, aplikasi ini sudah otomatis terinstal dan tersedia pada ponsel bawaan Android tersebut. Whatsapp ini juga tersedia untuk pengguna iOS dan juga windows iphone, saat ini whatsapp juga sudah bisa digunakan pada browser dengan whatsapp web.

Baca Juga :  Beda Budaya, Tetap Saudara

Aplikasi Whatsapp kini telah menjadi salah satu aplikasi chatting yang populer dikalangan masyarakat. Tak hanya aplikasinya yang sudah memuat banyak fitur, saat ini Whatsapp dengan fiturnya Share location atau share lokasi yang merupakan salah satu fitur whatsapp yang dapat digunakan untuk berbagi lokasi yang memanfaatkan teknologi Global Position System (GPS).

Fitur ini menjadi kebutuhan bagi pengguna smartphone yang menggunakan aplikasi Whatsapp. Dengan fitur share lokasi, pengguna dapat berbagi lokasi kepada pengguna lain tanpa harus mencari tahu atau menuliskan alamat lokasi dimana berada.

Lantas, bagaimana cara share lokasi dari whatsapp untuk pengguna whatsapp yang lain? Silahkan baca langkah-langkahnya dibawah ini ya

Cara Share Lokasi Lewat WA Ke Pengguna Whatsapp Lainnya

Dengan fitur berbagi lokasi, Anda akan mungkin bisa mengirimkan data lokasi saat ini secara  akurat kepada siapapun para pengguna Whatsapp. Meskipun ini bukan termasuk fitur terbaru, tapi nyatanya banyak pengguna whatsapp yang belum mengetahui dan belum paham tentang bagaimana menggunakan fitur share lokasi ini. Bagaimana caranya? silahkan baca ulasannya di sini ya:

  1. Share Live Location

Untuk opsi share live atau cara share lokasi secara langsung ini, Yang pertama harus Anda lakukan adalah

  • Buka Aplikasi WA Anda
  • Silahkan ketuk obrolan atau pilih kontak yang akan Anda kirimi lokasi secara live atau Live Location
Cara Share Lokasi Lewat WA
  • Pada jendela obrolan, silahkan ketuk icon berbentuk peniti pada kolom sebelah area mengetik pesan
  • Silahkan klik dan pilih share lokasi
Cara Share Lokasi Lewat WA
  • Akan ada dua opsi, disini silahkan Anda ketuk dan pilih opsi Kirim  lokasi saat ini
Cara Share Lokasi Lewat WA
  • Sebelum lokasi terkirim, silahkan pilih opsi untuk berapa lama lokasi tersebut bisa dibaca oleh pengguna yang Anda kirimi lokasi. Anda bisa memilih dari 15 menit, 1 jam, hingga 8 jam. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan komentar atau catatan dan silahkan ketuk icon panah untuk mengirimkan lokasi tersebut.
Baca Juga :  Pembelajaran Kelas V SD/MI - Tema 1, Sub Tema 1, Pembelajaran 1 ( K-13 Revisi Terbaru )
Cara Share Lokasi Lewat WA
Cara Share Lokasi Lewat WA
  • Selesai, Anda sudah berhasil mengirim lokasi Terkini Anda lewat Whatsapp. Jika Anda menginginkan untuk berhenti mengirimkan lokasi terkini Anda, silahkan mengetuk “Berhenti berbagi” pada lokasi yang sudah Anda kirimi lokasi tadi.
Cara Share Lokasi Lewat WA
  1. Share Lokasi Dengan Share Your Current Location

Opsi ini terbilang cukup singkat, Anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut

  • Buka Aplikasi whatsapp Anda
  • Silahkan ketuk obrolan atau bisa juga dengan memilih kontak yang akan Anda kirimi lokasi secara live atau Live Location
  • Pada jendela obrolan, silahkan ketuk icon berbentuk peniti pada kolom sebelah area mengetik pesan
  • Silahkan klik dan pilih share lokasi
  • Kemudian silahkan ketuk pilihan “Kirim lokasi saat ini” yang ada pada bawah opsi “Berbagi lokasi terkini”
Cara Share Lokasi Lewat WA
Cara Share Lokasi Lewat WA
  • Selesai, sekarang Anda bisa melihat setelah lokasi dengan current location ini Anda tidak bisa menambahkan catatan atau keterangan dan juga durasi waktunya. Opsi ini bisa Anda gunakan jika posisi Anda tak ingin dipantau secara langsung oleh kontak yang sudah dikirimi lokasi tadi.

Dengan Whatsapp, selain Anda bisa menjadi pengirim, di lain waktu Anda juga bisa berlaku sebagai penerima lokasi dari teman yang ada di kontak Whatsapp Anda. Seperti jika suatu saat Anda ada janjian bertemu dengan teman dan kemudian teman Anda mengirimi lokasinya lewat Whatsapp, silahkan Anda mengikuti langkah berikut untuk bisa melihat dan mengikuti peta lokasi yang dikirimkannya sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi whatsapp Anda
  • Silahkan buka pesan berisi peta lokasi yang dikirimkan oleh teman Anda di Whatsapp
  • Selanjutnya akan terbuka aplikasi Google maps
  • Silahkan klik “Petunjuk arah” atau “Direction”
  • Kemudian silahkan pilih tombol mulai pada jendela berikutnya
  • Sekarang, Anda akan dipandu dengan Google Maps untuk sampai di lokasi tujuan

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Untuk mengikuti share lokasi yang dikirimkan lewat whatsapp, akan sangat mudah sekali untuk dipahami jika Anda sangat familiar dengan aplikasi penunjuk arah seperti google maps, dan Anda tidak akan kesulitan untuk mengikuti langkah-langkahnya.

Baca Juga :  ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat

Meskipun caranya cukup mudah, Terkadang untuk beberapa pengguna yang mengalami masalah ketika share location terkirim atau berhasil diterima namun ternyata lokasi tersebut tidak bisa dibuka atau error. Jika Anda mengalami masalah ini, silahkan ikuti langkah berikut untuk mengalami masalah tersebut:

Bagaimana Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Share Location?

Ada beberapa kondisi kenapa Whatsapp tidak bisa digunakan untuk mengirim lokasi dan mengakibatkan gagal untuk menjalankan fitur tersebut. Cara mengatasi Error Location ini adalah

  • Silahkan Update Aplikasi WA

Terkadang, saat fitur lokasi tidak bisa digunakan itu disebabkan karena aplikasi whatsapp yang sudah harus diperbaharui, jadi jika yang Anda alami karena masalah ini, silahkan Anda perbarui atau update aplikasi whatsapp anda ke versi terbaru

  • Silahkan Mengaktifkan GPS Pada Ponsel Anda

Pastikan Anda mengaktifkan fitur GPS Pada ponsel Anda sebelum berbagi lokasi ya, Karena fitur Share Loc ini berjalan dengan dukungan GPS yang ada pada ponsel Anda

  • Cek Koneksi Internet

Silahkan cek koneksi internet Anda sebelum Anda berbagi lokasi, selain ponsel harus terhubung dengan internet, pastikan kembali koneksi agar selalu stabil dan kencang. Hal ini penting karena koneksi Internet sangat berpengaruh pada tingkat ketepatan posisi yang dikirimkan.

  • Cobalah Untuk Keluar Ruangan

Dengan menggunakan fitur GPS Sebagaimana mestinya, dan GPS tersebut menggunakan data satelit untuk menentukan posisi suatu objek pada bumi. Jika share lokasi error, bisa jadi sinyal satelit pada GPS terhalang sesuatu. Solusinya adalah coba jalankan ulang fitur share lokasi ini dengan keluar ruangan atau di luar ruangan, dan kembali pastikan di sekitar Anda tidak ada sesuatu yang menghalangi.

Nah, sekarang Anda sudah paham kan, bagaimana menggunakan fitur yang ada pada aplikasi whatsapp ini? Semoga langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas bisa bermanfaat dan bisa untuk Anda gunakan jika suatu saat Anda mengalami kesulitan saat membuka atau menggunakan fitur berbagi lokasi yang ada pada aplikasi Whatsapp ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.