Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 6.3 Halaman 170 Kurikulum Merdeka

Gurune.net – Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 6.3 Halaman 170 Kurikulum Merdeka. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel kali ini akan membahas Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 6.3 Halaman 170.

Aktivitas 6.3 Halaman 170 ini merupakan kegiatan mengamati pada Bab 6 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia.

Jawaban IPA Kelas 7 SMP Aktivitas 6.3 Halaman 170 Kurikulum Merdeka

 

Aliran Energi

Setiap makhluk hidup memerlukan energi untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Hewan mendapatkan energi dengan cara memakan tumbuhan atau hewan lainnya. Adapun tumbuhan mendapatkan energi dari cahaya Matahari melalui proses fotosintesis. Sesuai hukum kekekalan energi, energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
Energi cahaya dari Matahari diubah oleh tumbuhan menjadi energi kimia melalui proses fotosintesis. Energi tersebut berpindah ke organisme lainnya melalui proses rantai makanan. Rantai makanan adalah proses perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya melalui peristiwa makan dan dimakan seperti pada Gambar 6.4.

Berdasarkan Gambar 6.4 tumbuhan berperan sebagai produsen karena mampu membuat makanan sendiri melalui fotosintesis. Adapun belalang, katak, ular dan elang disebut konsumen karena mendapatkan makanan dari organisme lainnya. Belalang berperan sebagai konsumen I, katak sebagai konsumen II, ular sebagai konsumen III dan elang sebagai konsumen IV (konsumen puncak). Jika semua makhluk hidup tersebut mati, maka akan diuraikan menjadi senyawa anorganik melalui proses penguraian oleh organisme dekomposer. Contoh dekomposer adalah bakteri dan jamur.

Tidak semua energi berpindah dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya. Hanya sekitar 10% energi yang berpindah dari satu trofik ke trofik berikutnya. Lalu kemanakah energi tersebut? Ada energi yang hilang dalam bentuk panas, ada sebagian energi yang masih tersimpan dalam feses, dan tidak semua bagian makhluk hidup di makan oleh trofik di atasnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Aktivitas 4.4 Halaman 127 Kurikulum Merdeka

Faktanya di lapangan, rantai makanan tidak berdiri sendiri. Beberapa rantai makanan di dalam suatu ekosistem saling berhubungan membentuk jaring-jaring makanan seperti pada Gambar 6.5. Semakin kompleks jaring-jaring makanan yang terbentuk, semakin tinggi tingkat kestabilan suatu ekosistem.

 

Ayo Buat Aktivitas 6.3

Membuat Rantai Makanan

Pergilah kalian ke kebun sekolah, kolam sekolah atau taman sekolah. Catat nama ekosistem yang kalian amati. Amati secara teliti makhluk hidup yang terdapat di dalamnya. Lalu jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa nama ekosistem yang diamati?

Jawaban:

Ekosistem yang diamati adalah ekosistem kebun/taman sekolah

 

2. Makhluk hidup apa saja yang dapat ditemukan?

Jawaban:

Makhluk hidup yang ditemukan di kebuj/taman sekolah antara lain: rumput, tanaman, belalang, burung, ulat, cacing, dll

 

3. Buatlah rantai makanan yang mungkin terjadi di ekosistem tersebut.

Jawaban:

Rumput → Belalang atau ulat → Burung pipit → Elang → Pengurai

PRODUSEN: rumput

KONSUMEN T1: belalang atau bisa juga ulat

KONSUMEN T2: burung pipit

KONSUMEN T.atas: elang

PENGURAI: bakteri/mikroba

 

4. Presentasikan temuan kalian dalam bentuk media kreatif

Demikianlah pembahasan soal yang disajikan tentang Jawaban IPA Kelas 7 Aktivitas 6.3 Halaman 170 Kurikulum Merdeka. Kunci jawaban ini dapat kalian jadikan referensi dalam mengerjakan kegiatan Aktivitas 6.3 Halaman 170 tetapi tidak mutlak kebenarannya ya.

Semoga bermanfaat.

 

Disclaimer:

• Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban dan pembahasan dari sumber lain.

• Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.

• Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.