Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Ragam Kalimat dalam Teks Prosedur

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Ragam Kalimat dalam Teks Prosedur – Halo sobat gurune, dalam kegiatan sehari-hari, kita sering kali berhadapan dengan teks prosedur, entah itu dalam bentuk instruksi penggunaan perangkat elektronik, resep masakan, petunjuk perakitan, atau panduan perawatan. Teks prosedur bertujuan memberikan informasi yang jelas dan terstruktur tentang langkah-langkah yang harus diikuti untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Namun, meskipun tujuan dari teks prosedur ini cukup jelas, tidak semua orang dapat dengan mudah memahami dan mengikuti instruksi yang diberikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemahaman kita terhadap teks prosedur adalah ragam kalimat yang digunakan.

Ragam kalimat dalam teks prosedur merujuk pada pola dan struktur kalimat yang digunakan untuk mengkomunikasikan langkah-langkah dalam suatu proses. Pemahaman dan penggunaan yang tepat terhadap ragam kalimat ini sangat penting agar pembaca dapat mengikuti instruksi dengan benar dan mencapai hasil yang diinginkan.

Nah, kali ini kita akan mengenali ragam kalimat dalam teks prosedur melalui pembahasan soal dari teks berjudul “Membuat  Sorbet Buah  Gampang dan Enak” . Pembahasan soal ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMP kelas VII kurikulum merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Ragam Kalimat dalam Teks Prosedur  Halaman 88

Kegiatan 9a: Mengenali Ragam Kalimat dalam Teks Prosedur

Menyimak

Pernahkah kalian mendengar atau menyaksikan video tutorial? Video tutorial adalah tayangan video yang menunjukkan cara melakukan sesuatu. Kalian dapat menyaksikan banyak sekali tayangan video tutorial di laman rumahbelajar kemendikbud atau laman YouTube.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Kalimat Inversi dalam Teks Prosedur

Salah seorang teman kalian sedang menyiapkan membuat video tutorial. Ia menyiapkan sebuah skrip atau naskah untuk video itu. Dengarlah teman kalian membacakan skrip atau naskah ini. Catatlah informasi menarik selama menyimak paparan teman itu dalam buku catatan kalian. Setelah itu, kalian dapat menyampaikan pendapat kalian tentang naskah ini.

Membuat  Sorbet Buah  Gampang dan Enak

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal dari Cerita Kerjasama yang Baik

Hai, teman-teman, apa kabar? Kuharap kalian sehat-sehat waktu nonton video ini, meski akhir-akhir ini hujan jarang turun. Hmm … di cuaca panas begini, kalian jadi ingin makan yang seger-seger, kan? Nah, hari ini aku mau mengajak kalian membuat kudapan manis segar yang namanya sorbet buah.

Sorbet buah ini sekilas mirip dengan es krim. Namun, pastinya makanan yang satu ini lebih segar dan menyehatkan karena dibuat dari buah asli. Ingin tahu cara membuatnya? Kita lihat dahulu bahan-bahannya, ya?

Di sini aku sudah menyiapkan 2 pak stroberi, 2 bungkus susu kental manis, 3 sendok makan susu bubuk, dan 100 ml air. Buah stroberi bisa kalian ganti dengan 2 mangkuk mangga, pisang, melon, atau buah lain yang ada di rumah kalian. Kalau kalian suka manis, kalian dapat menambahkan 1–3 sendok teh gula putih. Namun, karena kita menggunakan buah asli, kita sudah mendapatkan rasa manis yang alami. Cara membuatnya mudah sekali! Kita mulai sekarang saja, ya?

Pertama-tama, cuci stroberi atau buah-buahan lain yang kalian punya sampai bersih, lalu buang daun dan tangkainya. Kalau kalian menggunakan mangga atau melon, tentu kalian harus mengupasnya dahulu. Setelah itu, potong-potong buah bentuk dadu, kira-kira sebesar ujung kelingking kalian. Sisakan sedikit buah potong ini ke dalam satu mangkuk kecil, lalu sisihkan. Nanti, buah di mangkuk ini akan digunakan sebagai campuran.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Kalimat Ajakan dan Larangan dalam Teks Prosedur

Berikutnya, kita campur dan hancurkan semua bahan, mulai dari buah potong, susu kental manis, susu bubuk, gula putih, dan air sampai halus dengan blender atau mesin penghancur. Kalau tidak ada blender atau mesin penghancur di rumah, kalian bisa menumbuk semua bahan itu dengan sendok atau garpu hingga hancur dan tercampur rata. Selanjutnya, masukkan adonan sorbet ke dalam wadah tertutup. Kalian bisa menggunakan gelas atau kotak makanan. Terakhir, simpanlah dalam freezer atau lemari pembeku minimal selama satu jam. Seandainya kalian tidak punya lemari pembeku, kalian bisa meletakkan mangkok sorbet di atas es batu yang ditaburi garam. Setelah dingin dan beku, sajikan dengan taburan buah cincang yang sudah disisihkan tadi, kismis, atau taburan lain sesuai selera kalian.

Baca Juga :  Gerak Tari Lagu Apuse

Nah, bagaimana? Mudah sekali, kan? Rasanya? Hmm … jangan ditanya, manis dan segar! Tentunya sorbet buah ini sangat pas dinikmati pada siang hari saat cuaca terik seperti sekarang. Ayo kalian coba di rumah, ya!

Sekian resep praktisku untuk episode kali ini. Semoga kalian suka. Kalau kalian suka, klik like-nya, ya. Kalian juga boleh tinggalkan komentar di bawah ini. Tuliskan kesan kalian untuk resep yang satu ini. Kalian juga boleh beri tahu aku setelah kalian mencoba membuatnya. Oh ya, tuliskan juga apabila kalian punya usulan resep mudah praktis enak yang sebaiknya kita coba di episode berikutnya. Aku tunggu, ya!

Ikuti terus saluran videoku untuk resep-resep lainnya. Sampai jumpa lagi, daah!

Periksa catatan yang kalian buat selama menyimak, lalu diskusikan jawaban pertanyaan berikut ini!

1. Apa judul teks yang sudah kalian simak?

2. Menurut kalian, apakah tujuan penutur teks tersebut?

3. Apakah teks tersebut mengajak kalian melakukan sesuatu, memberikan perintah, atau melarang kalian untuk melakukan sesuatu?

4. Dapatkah kalian mengingat dan menyebutkan kembali informasi yang kalian simak dalam bahasa kalian sendiri?

5. Bagian mana yang mudah kalian ingat dalam wacana yang kalian simak? Bagian mana yang sulit kalian ingat?

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Menelaah Kalimat Pelesapan pada Teks Prosedur

Jawaban :

1. Judul teks yang sudah disimak adalah Membuat Sorbet Buah Gampang dan Enak.

2. Menurut saya tujuan penutur teks tersebut :

  • Mengajak teman-teman untuk mencoba membuat sorbet buah yang segar dan menyehatkan.
  • Memberikan informasi tentang bahan-bahan dan langkah-langkah dalam membuat sorbet buah.
  • Mendorong pengguna untuk menggunakan buah asli tanpa tambahan gula.
  • Menyediakan variasi buah yang dapat digunakan sebagai pengganti stroberi.
  • Memberikan opsi alternatif jika tidak memiliki blender atau mesin penghancur.
  • Menjelaskan cara menyimpan sorbet buah dalam freezer atau dengan menggunakan es batu dan garam.
  • Membuat pengguna tertarik untuk mencoba resep tersebut di rumah.
  • Mendorong pengguna untuk memberikan tanggapan, kesan, dan usulan resep lain.
  • Mengajak pengguna untuk mengikuti saluran video untuk resep-resep lainnya.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Uji Kompetensi Bab 8 Soal Pilihan Ganda

3. Ya, teks tersebut mengajak kita untuk mencoba membuat sorbet buah yang segar dan menyehatkan.

4. Informasi yang dapat saya ingat dari teks di atas :

Hai teman-teman! Kalian pengen camilan segar saat cuaca panas? Yuk, bikin sorbet buah! Cuci dan potong buah (stroberi atau yang lainnya), campur dengan susu kental manis, susu bubuk, gula (jika suka), dan air. Blender atau hancurkan bahan sampai halus, lalu simpan dalam wadah tertutup. Bekukan minimal satu jam. Sajikan dengan taburan buah cincang. Mudah, kan? Rasanya pasti manis dan segar! Cobain di rumah, ya! Sampai jumpa di video berikutnya!

5. Bagian yang mudah diingat:

  • Sorbet buah, kudapan manis segar.
  • Buah-buahan segar yang disiapkan.
  • Campur dan hancurkan semua bahan.
  • Simpan dalam freezer selama satu jam.
  • Sajikan dengan taburan buah cincang.

Bagian yang sulit diingat:

  • Detail jumlah dan jenis buah yang digunakan.
  • Detail jumlah dan jenis bahan lain seperti susu kental manis, susu bubuk, dan gula putih.
  • Cara alternatif jika tidak memiliki blender atau mesin penghancur.
  • Alternatif jika tidak memiliki lemari pembeku.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Mengenali Tujuan Teks Prosedur

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.