Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K7-03, Proteksi Data dengan Enkripsi Informatika Kelas 7

Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K7-03, Proteksi Data dengan Enkripsi Informatika Kelas 7 – Hai sobat cerdas gurune, Apakah kalian sudah memahami mengenai Caesar Chippers? Seperti yang kita bahas pada aktvitas sebelumnya. Kali ini kita akan membahas mengenai Jawaban Aktivitas JKI-K7-03, Proteksi Data dengan Enkripsi. Aktivitas ini bisa kaliam temukan pada Buku Siswa Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 129 – 131.

Kita sudah memperlajari sebelumnya, Caesar cipher merupakan salah satu jenis cipher substitusi yang membentuk cipher dengan cara melakukan penukaran karakter pada plainteks menjadi tepat satu karakter pada chiperteks. Teknik seperti ini disebut juga sebagai chiper abjad tunggal.Algoritma kriptografi Caesar Cipher sangat mudah untuk digunakan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas 5.4 Coba Enkripsi, Proteksi Data dan File Kelas 7

Kali ini kita akan mencoba memproteksi data dengan enkripsi sederhana tersbut. Bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama

Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K7-03, Proteksi Data dengan Enkripsi

Aktivitas ini ialah aktivitas untuk berlatih memproteksi data teks dengan enkripsi menggunakan perkakas yang tersedia di internet.

Apa yang Kalian Perlukan?

  1. Komputer yang telah terpasang sistem operasi dan peramban.
  2. Perkakas yang bisa diakses di https://studio.code.org/s/hoc-encryption/stage/1/puzzle/1.

Apa yang Kalian Lakukan?

Untuk melakukan enkripsi data teks dengan Caesar’s Cipher, lakukan perintah berikut:

Load teks berikut ke situs dengan memilih create your own:

Ini adalah pesan teks biasa yang belum dienkripsi sama sekali. kamu dapat mengklik tombol di bawah untuk menggeser alfabet ke kiri atau kanan untuk mengenkripsi pesan ini dengan sandi Caesar pilihan kamu. kamu juga dapat memuat pesan terenkripsi lainnya dan menggunakan alat tersebut untuk melihat apakah kamu dapat memecahkan pesan tersebut.

Selanjutnya, kalian bisa melakukan enkripsi dengan Caesar’s Cipher

Caranya adalah dengan menggeser alfabet sejauh berapa angka, seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga :  Pembahasan Materi Media Sosial, Informatika Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Aktivitas dapat dilanjutkan dengan cipher yang menggunakan pengesetan huruf per huruf, di situs berikut ini: https://studio.code.org/s/hoc-encryption/ stage/1/puzzle/1.

Klik assign untuk melakukan enkripsi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 124 Kurikulum Merdeka

Aktivitas 2. Coba Enkripsi dengan Tools

Enkripsikan data teks asli menjadi ciphertext menggunakan tools di atas

Teks AsliChiperHasil
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkatsingkatnja. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia.Geser alfabet dari A ke K, B ke L, C ke M, dst…. (geser sepuluh langkah ke kiri)Ukws lkxqck Sxnyxocsk noxqkx sxs woxtkdkukx uowobnoukkx Sxnyxocsk. Rkv-rkv tkxq woxqoxks zowsxnkrkx uouyokckkx n.v.v., nscovoxqqkbkukx noxqkx dtkbk ckuckwk nkx nkvkw dowzy tkxq cocsxqukdcsxqukdxtk. Ntkukbdk, rkbs 17 lyovkx 8 dkryox 05 Kdkc xkwk lkxqck Sxnyxocsk
Berikut isi Sumpah Pemuda: “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.” “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.” “Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”Geser alfabet dari A ke K, B ke L, C ke M, dst…. (geser sepuluh langkah ke kiri)Lobsued scs Cewzkr Zowenk: “Ukws Zedbk nkx Zedbs Sxnyxocsk, woxqkue lobdewzkr nkbkr ikxq ckde, dkxkr ksb Sxnyxocsk.” “Ukws Zedbk nkx Zedbs Sxnyxocsk, woxqkue loblkxqck ikxq ckde, lkxqck Sxnyxocsk.” “Ukws Zedbk nkx Zedbs Sxnyxocsk, woxtextexq lkrkck zobckdekx, lkrkck Sxnyxocsk.”
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkatsingkatnja. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia.Memetakan satu huruf ke huruf lainnya dengan acak.

 

VAZGYPOQCUFWX >> BDEHIJKLMNRST

Oacy vaugwa Yuaouzwya azugau yuy czupaxaoau ozczfazoaau Yuaouzwya. Gaq-gaq paug czugzuay pzcyuaagau ozoozawaau a.q.q., aywzqzuggafaoau azugau xpafa wzowaca aau aaqac xzcpo paug wzwyugoaxwyugoaxupa. Apaoafxa, gafy 17 vozqau 8 xagozu 05 Axaw uaca vaugwa Yuaouzwya.
Berikut isi Sumpah Pemuda: “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.” “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.” “Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”Memetakan satu huruf ke huruf lainnya dengan acak.

 

VAZGYPOQCUFWX >> BDEHIJKLMNRST

Vzfyoux ywy Wucpag Pzcuaa: “Oacy Puxfa aau Puxfy Yuaouzwya, czugaou vzfxucpag aafag yaug waxu, xauag ayf Yuaouzwya.” “Oacy Puxfa aau Puxfy Yuaouzwya, czugaou vzfvaugwa yaug waxu, vaugwa Yuaouzwya.” “Oacy Puxfa aau Puxfy Yuaouzwya, czupuupuug vagawa pzfwaxuau, vagawa Yuaouzwya.”

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K7-02, Tethering Materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Baca Juga :  Download RPP Kelas 2 SD/MI Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Aktivitas JKI-K7-03, Proteksi Data dengan Enkripsi. Dengan memahami hal tersebut kamu bisa menggunakan enkripsi sederhana untuk keamanan data yang kamu miliki.

Enkripsi sendiri adalah proses teknis yang mengonversikan informasi menjadi kode rahasia, sehingga mengaburkan data yang kamu kirim, terima, atau simpan. Pada dasarnya, sebuah algoritme digunakan untuk mengacak data, sebelum pihak penerima memulihkan kembali data yang diacak tersebut menggunakan kunci dekripsi.

Pertanyaan yang Sering diajukan

Apa yang dimaksud enkripsi untuk memproteksi data?

Enkripsi adalah proses teknis yang mengonversikan informasi menjadi kode rahasia, sehingga mengaburkan data yang kamu kirim, terima, atau simpan. Pada dasarnya, sebuah algoritme digunakan untuk mengacak data, sebelum pihak penerima memulihkan kembali data yang diacak tersebut menggunakan kunci dekripsi.

Bagaimana cara enkripsi data?

Enkripsi menggunakan algoritma yang kompleks yang disebut cipher dalam rangka untuk mengubah data normal (plaintext) menjadi serangkaian karakter acak (ciphertext) yang tidak dapat dibaca oleh orang-orang tanpa kunci khusus yang membuat data tersebut terdekripsi

Apa kelebihan dari enkripsi?

Dapat mencegah pihak ketiga yang tidak berwenang atau pelaku dalam mengakses data kamu. Dapat menjaga keamanan data kamu baik itu yang bersifat pribadi atau data mengenai perusahaan kamu.

Apa fungsi utama tujuan dan manfaat dari enkripsi?

Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan. Namun, teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi sebuah pesan, misal kode autentikasi pesan (MAC) atau tanda tangan digital.

Manfaat utama enkripsi adalah untuk memberikan keamanan ekstra pada informasi penting yang kamu simpan dalam perangkat. Enkripsi akan menjaga data dan informasi perusahaan kamu terhindar dari peretasan dan kejahatan cyber.

Baca Juga :  Materi Jaringan Komputer dan Internet,Informartika Kelas VIII SMP
Pencarian Populer : koonsep mol,logo png corel,perbedaan titran dan titrat

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.