Kunci Jawaban Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block

Kunci Jawaban Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block – Pada aktivitas ini kalian akan diminta untuk memuat sebuah proyek Scratch baru dan pada kode program si Meong, peserta didik perlu membuat 2 buah Custom Block, yang satu tanpa parameter input dan yang satunya lagi menggunakan parameter input. Kedua Custom Block ini fungsinya mirip, yaitu melakukan pergerakan supaya sprite dapat “melompat”. Apa itu melompat? Naik, lalu turun kembali ke posisi semula.

Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block ini bisa kalian temukan pada Buku Siswa Informatika Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka. Yuk kita simak bersama-sama pembahasannya. Namun, sebelumnya kita cari tahu dulu yuk apa itu custom block.

Baca Juga: Jawaban Matematika Halaman 67 Kelas 8 Semester 2 Bagian Esai

Kode Custom Block

Kadang kala, kalian membutuhkan kode yang sama untuk dapat digunakan beberapa kali, kalian dapat menggunakan Custom Block pada Scratch. Dengan Custom Block, kalian dapat membuat blok sendiri, yang nantinya dapat berisi blok lainnya juga. Custom Block juga dapat menerima “input” sehingga instruksi di dalamnya dapat dijalankan dengan nilai yang berbeda.

Misalnya, jika di dalamnya ada move x steps ( lihat gambar), dan X diberi nilai 5, sprite akan bergerak sejumlah 5 langkah. Jika diisi dengan 50, sprite akan bergerak sebanyak 50 langkah. Inilah yang disebut parameter. Parameter itu seperti parameter a dan b dalam persamaan misalnya f(x) = ax + b di mana a dan b dapat diganti-ganti untuk mendapatkan persamaan  linier yang berbeda, misalnya f(x) = x + 10 atau f(x) = 9x + 25.

Parameter itu seperti parameter a dan b

Setelah mendefinisikan Custom Block sebagai blok yang kalian tentukan, kalian dapat melakukan beberapa instruksi yang disimpan dalam blok khusus tersebut, dan saat nama blok tersebut “dipanggil” (disebutkan) pada blok lain, semua instruksi di dalamnya akan dijalankan. Custom Block ini juga dapat menerima input yang akan dianggap sebagai parameter sehingga hasil dari Custom Block ini dapat lebih dinamis.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AP-K8-01 Bermain dengan Control, Input dan Variable

Custom Block ini dapat lebih dinamis

Bayangkan, jika kode dalam Custom Block tidak hanya satu baris, tetapi panjang, kode di blok pemanggil akan lebih jelas dan lebih mudah dibaca. Custom Block dipakai seperti menulis “Lampiran” sehingga teks utama lebih mudah dibaca karena tidak perlu memuat hal detail.

Ingat BK? Custom Block merupakan sebuah “abstraksi” dari sekumpulan instruksi! Oleh karena itu, nama Custom Block harus mencerminkan isinya.

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 SD/MI

Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block

Pada aktivitas ini, kalian akan membuat sebuah Custom  Block dengan dan tanpa parameter input serta dapat menggunakan Custom Block ini pada sprite yang ada.

Tujuan

Dengan melakukan aktivitas ini, kalian akan mampu membuat sebuah program yang dapat menggunakan Custom Block.

Apa itu Custom Block?

Custom Block adalah sebuah block pada Scratch yang dapat kalian buat sendiri dan dapat disesuaikan fungsinya. Dalam konsep pemrograman pada umumnya, Custom Block dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur.

Kalian akan memperlajari lebih lanjut tentang fungsi/prosedur pada tahap selanjutnya. Untuk saat ini, kalian akan mencoba penggunaan Custom Block pada Scratch lebih dulu.

Baca Juga: Jawaban Lengkap IPAS Halaman 105 Kelas 4 SD/MI

Skenario Aktivitas

Buat sebuah project Scratch baru dimana sprite Cat si Meong sudah aktif untuk dapat digunakan. Pada kode program si Meong, kalian akan membuat 2 buah Custom Block, yang satu tanpa parameter input dan yang satunya lagi menggunakan parameter input. Kedua Custom Block ini fungsinya mirip, yaitu melakukan pergerakan supaya sprite dapat “melompat”. Apa itu melompat? Naik, lalu turun kembali ke posisi semula.

Langkah

  1. Buat project Scratch baru.
  2. Pada sprite Cat si Meong, buat sebuah blok baru menggunakan Make a Block, bernama [jump].
  3. Blok [jump] ini akan memiliki beberapa fungsi, yaitu:
    mengeluarkan suara “Meow”
    melakukan animasi melompat: posisi y bertambah 50; kemudian kembali ke titik awal.
  4. Panggil blok [jump] ketika “spasi” pada keyboard ditekan.
  5. Buat Custom Blockbaru, bernama [jumpWithHeight].
  6. Pilih “Add an input number or text” dan beri nama height.
  7. Duplikasi fungsi pada  langkah  2  untuk  ditempatkan  pada  blok
  8. [jumpWithHeight].
  9. Ubah nilai 50 dengan variabel height dari parameter Custom Block.
  10. Panggil blok [jumpWithHeight] ketika tanda panah atas pada keyboard ditekan.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AD-K7-04-U Board Game dan Uji Kompetensi Halaman 188

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Aktivitas 4.4 Halaman 127 Kurikulum Merdeka

Lembar Kerja Peserta Didik

Isi jawaban yang berbentuk kotak dengan hasil capture kode program Scratch kalian menggunakan snipping tools seperti yang kalian telah pelajari di Bab TIK.

Custom Block tanpa Parameter

Custom Block ini fungsinya mirip

Buat sebuah blok baru bernama [jump]. Pada blok [jump], tambahkan instruksi pada blok kode agar sprite Cat:

  • Mengeluarkan suara “Meow”
  • Posisi y akan bertambah 50
  • Posisi y kembali lagi ke titik awal

Amati hasilnya: kalian akan mendapatkan animasi sprite Cat melakukan lompatan.

Panggil blok [jump] setiap kali tanda “spasi” pada keyboard ditekan

Note: gunakan blok event.

Custom Block dengan Parameter

Setelah peserta didik berhasil membuat program

Buat Custom Block baru, dengan nama [jumpWithHeight] dan beri nama height untuk parameternya

Lakukan:

  1. Duplikasi kode dari blok [jump] sebelumnya.
  2. Ganti angka 50 menjadi variable height yang dapat ditarik dari bagian define blok [jumpWithHeight].

Jika event ketika tanda panah atas  pada keyboard ditekan, program akan memanggil blok [jumpWithHeight] dengan nilai parameter 100.

Baca Juga: Kunci Jawaban Makna Kata Konkret pada Puisi

Asesmen

Setelah program kalian berjalan dengan baik sesuai skenario, mari, jawab pertanyaan berikut ini agar kalian dapat lebih memahami dengan baik.

Amatilah kode program pada langkah 4. Apabila nilai 100 pada blok [jumpWithHeight] diubah menjadi 70, apa yang terjadi?

jawaban:

Efek melompat tidak akan terlalu tinggi, karena berubah dari 100 menjadi 70

Masih amati kode program pada langkah 4. Apabila nilai parameter pada blok [jumpWithHeight] dikosongkan, lalu kalian mencoba menekan tanda panah atas 🡑 pada keyboard, apa yang terjadi?

Jawaban:

SpriteCat tidak akan bergerak karena variabel height-nya dianggap 0 sehingga posisi sumbu y akan tetap

Baca Juga :  10 Kota Kabupaten Pada peta Jawa Tengah

Refleksi

  1. Apakah kalian senang belajar materi ini?
  2. Apakah kalian dapat mengerjakan semua langkah dengan baik dan memahami maknanya?
  3. Apakah kalian dapat menjelaskan kegunaan Custom Block?
  4. Apakah kalian dapat menjelaskan kegunaan Custom Block untuk kasus lain?
  5. Apakah materi ini dirasa sulit? Bagian yang mana yang sulit?
  6. Apakah kalian dapat menyelesaikan tugas praktik dari guru secara tepat waktu?

Penutup

Demikianlah pembahasan materi Kunci Jawaban Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block yang terdapat pada Buku Siswa Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka. Jika sarana komputer/smartphone tidak dimiliki, diskusi dapat dilaksanakan dengan mencetak bahan diskusi terlebih dahulu.

Fungsi yang ada dapat dicetak sebagai kartu-kartu untuk memudahkan kalian memahami materi. Kalian juga dapat secara mandiri mencari
inspirasi melalui Scratch Unplugged.

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.