Pembahasan Materi Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze

Pembahasan Materi Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze – Hai sobat gurune, kali ini kita akan membahas mengenai Materi Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze. Setelah mempelajari materi ini kalian diharapkan mampu memprogram dalam bahasa pemrograman visual kedua yang mirip dengan Scratch, yaitu Blockly, dalam sebuah lingkungan pemrograman blok/ visual yang dikemas dalam bentuk permainan Puzzle dan Maze.

Baca Juga: Kunci Jawaban Aktivitas AP-K8-02 Bermain dengan Custom Block

Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze

Blockly adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok, seperti halnya Scratch. Dengan menggunakan Blockly, proses pengetikan kode program digantikan dengan menggabungkan blok-blok.

Kalian dapat melakukan drag and drop pada blok-blok ini. Blok-blok ini merepresentasikan konsep-konsep dasar pemrograman seperti variabel, ekspresi logika, looping, dan lain-lain. Pada Blockly, blok-blok yang sudah disusun dapat langsung diterjemahkan ke berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, PHP, Python, dan lain-lain.

Hal inilah yang membedakan antara Blockly dengan Scratch yang pernah kalian pelajari sebelumnya. Perhatikan Gambar 7.2 sebagai contoh kode blok pada Blockly dituliskan dalam kode JavaScript.

Terjemahan contoh kode dalam JavaScript

Gambar 7.2 (a) Contoh kode Blockly (b)Terjemahan contoh kode dalam JavaScript

Ada berbagai cara untuk mendapatkan dan menggunakan tools ini, yaitu:

  1. Coding withChrome(https://chrome.google.com/webstore/detail/ coding-with-chrome/becloognjehhioodmnimnehjcibkloed)
  2. Melalui demo yang disediakan pada https://developers.google.com/ Blockly
  3. Melalui https://Blockly-demo.appspot.com/static/demos/code/index.html

Sebelum belajar membuat program dengan Blockly, kalian akan diajak untuk mengenal Blockly dengan permainan-permainan yang menyenangkan.

Dalam permainan-permainan ini, kalian diminta untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan membuat program sederhana. Program dibuat sesuai dengan blok yang disediakan pada setiap game. Blockly Games dapat diakses melalui link https:// blockly.games/?lang=en.

Baca Juga :  9 Strategi Pembelajaran Pada Era Edukasi 4.0

Baca Juga: Latihan Pemahaman Modul Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting?

Tampilan Blockly Games ditunjukkan pada Gambar 7.3. Setiap lingkaran melambangkan sebuah permainan. Untuk mulai bermain, klik di salah satu lingkaran yang kalian pilih.

Setiap lingkaran melambangkan sebuah permainan

Gambar 7.3 Tampilan Utama blockly Games  Sumber: https://blockly.games/?lang=en

Sebelum kalian melanjutkan aktivitas, berikut ini adalah penjelasan singkat untuk setiap permainan yang disediakan di Blockly Games.

No Judul Deskripsi ringkas
 

 

1

 

 

Puzzle

Pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai. Kalian akan belajar mengenali blok yang digunakan pada Blockly.

Melalui permainan ini, kalian juga dapat belajar tentang kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris dan informasi

tentang beberapa hewan.

 

 

2

 

Maze

Pemain diminta untuk menggerakkan sprite agar berjalan sampai tujuan. Dalam permainan ini, kalian akan mengasah kemampuan logika berpikir kalian sehingga dapat menyelesaikan setiap levelnya.
 

 

3

 

 

Bird

Pemain diminta untuk menggerakkan bird agar dapat mengambil cacing dan sampai ke sarangnya. Sama seperti permainan maze, kalian akan mengasah logika berpikir kalian. Selain itu, di permainan ini kalian juga belajar tentang koordinat dan sudut.
 

4

 

Turtle

Pemain diminta untuk menggerakan turtle untuk menggambar sesuai pola yang disediakan. Kalian akan belajar tentang pengenalan pola serta perulangannya.
 

 

5

 

 

Movie

Pemain diminta untuk membuat sprite sederhana dan menggerakkannya sesuai instruksi. Dalam permainan ini, kalian akan belajar tentang cara pembuatan animasi,

yang dimulai dari gambar awal dan gambar akhir serta ada

interval (range) waktu diantaranya.

 

 

6

 

 

Music

Pemain diminta untuk membuat musik sederhana berdasarkan not balok yang diberikan. Permainan ini juga mengenali pola seperti turtle, hanya saja pada turtle adalah pola gambar, sedangkan pada permainan music adalah pola not balok atau suara yang dikeluarkan.
 

 

7

 

 

Pond Tutor

Pemain diminta untuk menggerakan sprite agar menembaki sprite target hingga darah dari sprite target habis. Pada permainan  Pond Tutor ini kalian akan belajar untuk tidak hanya menggunakan blok kode, tetapi juga langsung mengetik jawabannya dalam format kode Javascript.
 

 

8

 

 

Pond

Permainan ini merupakan lanjutan dari permainan

Pond Tutor. Pada permainan ini, sprite pemain memiliki 3 lawan. Kalian dapat memilih untuk menyelesaikan permainan ini menggunakan blok kode atau kode langsung dalam Javascript.

Baca Juga: Jawaban Matematika Halaman 67 Kelas 8 Semester 2 Bagian Esai

Tidak semua permainan akan dikerjakan pada mata pelajaran ini. Pada pertemuan 2, kalian hanya akan bermain permainan Puzzle dan permainan Maze. Pada pertemuan 3, kalian akan bermain permainan Music. Guru kalian mungkin akan meminta kalian bermain permainan lainnya juga. Ikuti instruksi tambahan dari guru kalian selain instruksi yang diberikan di buku ini.

Mari, kita melihat permainan Puzzle sebagai contoh. Jika kalian sudah masuk ke permainan Puzzle, kalian akan mendapat tampilan seperti pada Gambar 7.4.

Tampilan Games Puzzle

Gambar 7.4 Tampilan Games Puzzle Sumber: https://blockly.games/puzzle?lang=en

Bagian 1 merupakan petunjuk permainan tersebut. Tekan “OK” untuk memulai permainan. Sesuai petunjuk yang diberikan, kalian diminta untuk:

  • memasangkan blok gambar hewan (coklat) dan blok sifat-sifat hewan (ungu) ke blok binatang (hijau),
  • memilih banyaknya kaki yang dimiliki oleh setiap hewan dengan menggunakan drop down yang ada pada blok hewan (hijau).

Silakan mencoba memasangkan blok-blok tersebut di tempat yang tepat.

Untuk menguji apakah jawaban kalian sudah tepat, klik button “Check Answers” yang berada di pojok kanan atas. Periksalah reaksi program pada dialogue box. Pesan apa yang keluar pada dialogue box? Sudah benar atau masih ada yang kurang sesuai? Jika masih ada yang belum sesuai, ikutilah petunjuk pada dialogue box.

Jika kalian sudah menyelesaikan permainan Puzzle dengan benar, selamat! Kalian sudah berhasil membuat sebuah program sederhana dengan menggunakan Blockly! Saat kalian menekan tombol “Check Answers”, sebenarnya kalian sedang menjalankan program di mana program kalian menjalankan satu per satu blok yang ada. Sama dengan saat kalian menekan  ikon bendera hijau saat menjalankan program Scratch.

Baca Juga:  Jawaban Modul Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting?

Penutup

Demikianlah Pembahasan Materi Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze. Pada permainan ini, program kalian akan menghasilkan output berupa teks pada dialogue box. Pada permainan-permainan lain, kalian akan melihat output dari program tidak hanya berupa teks.

Ingatkah kalian mengenai output yang pernah kalian pelajari di sistem komputer? Output dari sebuah program dapat berupa teks, display gambar di layar, atau berupa suara. Mari, mengeksplorasi jenis-jenis kode blok lainnya dengan mencoba permainan-permainan berikutnya pada artikel selanjutnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 120
Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.